5 Tips Hidup Sehat Versi Mama 2R


Kalau membahas tentang tips hidup sehat kok saya merasa seperti bukan orang yang tepat untuk berbagi ya? Ha ha. Karena pola hidup, pola makan, dan (terutama) pola berpikirnya masih perlu banyak dibenahi. 

Sakit parah sih alhamdulillah jarang ya. Nggak pernah sampai harus dirawat di RS juga kecuali saat melahirkan. Hanya saja saya ini orangnya mudah lelah plus nggak punya ART. Jadi kalau sedang banyak kerjaan, harus cari cara gimana ya supaya bisa tetap fit?

1. Saat anak tidur siang, ikutlah tidur siang.


Ada yang bilang, kalau nggak pu.ya ART tuh pas anak tidur ya kita harus beberes, dsb dsb. Ya pada kenyataannya sih, seringnya ikut ketiduran pas meluk si kecil biar mau tidur hi hi. 

Jangan disesali, Mah. Disyukuri aja! 


Saya sih mikirnya, ya itu rezeki karena nggak dipungkiri siang hari itu kadang lelah dan ngantuk. Terutama setelah menghadapi kerepotan di pagi hari plus antar jemput anak sekolah.

Pic: Pixabay

Apalagi saya akui sejak punya anak, malam hari itu harus siap kalau terbangun ntah karena harus ganti popok, ada yang minta minum, minta nenen, minta temani pipis. Belum lagi kalau ada deadline kerjaan ngeblog, iya kan? He he.

2. Makan buah dan minum jus sayur setiap hari


Ini yang sedang saya rutinkan untuk menyiasati agar tubuh tetap dapat asupan buah dan sayuran segar. Butuh waktu agak lama untuk makan/mengunyah buah atau sayuran, apalagi kalau makan sayur mentah tuh kok maunya pakai sambel ha ha. 

Jadi kalau nggak ada sambel atau lagi nggak bisa santai nyunyah sayur, at least sudah minum jusnya.

Pic: Pixabay

Tapi sayuran yang saya pilih masih sebatas bayam, sawi (caisim), atau wortel. Kalau bikin jus macam jus pare gitu ngg... Nggak dulu deh hi hi.

Jus bayam atau sawi tuh langu nggak sih? Kalau dikasi nanas madu, enak lho. Seger banget. Wortel juga kalau dicampur apel dan tomat, rasanya yummy. Tambahkan satu atau dua sendok madu sebagai pengganti gula pasir dan jangan pakai SKM! He he...

3. Hindari baper negatif melihat apa yang dimiliki orang lain


Nggak dipungkiri ya sebagai manusia kita kadang merasa rumput tetangga lebih hijau. Lihat orang punya ini dan itu, baper. 

Saya ogah ah baper untuk hal hal begini. Maksudnya baper dalam bentuk sirik, iri, dengki, nggak mau kalah, kejang-kejang melihat pencapaian orang lain, susah melihat orang senang dan senang melihat orang susah. Yah yang negatiflah yaaa.

Pic: Pixabay

Kalau bapernya terkondisikan dengan baik (apalah ini ha ha) dan memotivasi kita untuk berubah jadi lebih baik mah ya silakanlah... Tapi kalau negatif dan sampai merugikan orang lain, ogah ah. 

Menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran kita yang berharga. Nggak bagus juga buat kesehatan. 

4. Punya hobi yang positif


Poin yang ini sebenarnya berhubungan dengan poin sebelumnya. Daripada menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran untuk hal-hal yang percuma seperti baper negatif terhadap orang lain, lebih baik cari hobi yang positif.

Pic: Pixabay

Apa contohnya? Ya banyaklah ya, membaca, memasak, bikin kue, menggambar, atau ngeblog he he. 

5. Punya waktu untuk me time


Ini yang sering dianggap sepele dan remeh oleh orang-orang di sekeliling seorang ibu. Seolah kalau sudah jadi ibu itu ya nggak layak or nggak patut punya waktu untuk diri sendiri. Padahal berpengaruh lho ke kesehatan pikiran ibu.

Me time itu nggak mesti dalam bentuk seharian nyalon lho. Kadang duduk tenang sendirian sambil minum es tehpun cukup. Disambi membaca buku atau menulis postingan di blog atau menggambar. Bahkan bisa mengaji dengan tenang selama 30 menit aja bagi saya sudah termasuk me time.

Pic: Pixabay

Kalau dilist sebenarnya masih banyak ya tipsnya seperti berolahraga dengan teratur dan makan menu gizi seimbang. Tapi untuk dua hal ini sayapun masih perlu suntikan semangat dan konsistensi hi hi.

Niat ikut aerobik rutin di dekat rumah gagal sudah. Sepertinya saya kurang enjoy gerak badan dengan iringan house music atau lagu dangdut hi hi. Mau les berenang atau yogapun terbentur waktu karena di hari kerja, ya siapa yang jagain anak-anak?

Di akhir pekan biasanya waktunya kumpul keluarga. Jadi perlu mutar otak lagi nih olahraga yang bisa dilakukan rutin tapi di sekitar rumah saja. And soal makananpun begituh, suka urung makan sayur segar karena sibuk ngurus ini dan itu that's why saya akali dengan membuat jus sayur dan jus buah. 

So PRnya untuk tahun depan supaya hidup lebih sehat adalah olahraga ya he he.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9