Pemanfaatan Buah Lerak Sebagai Pembersih Alami di Rumah

Pernah mendengar tentang buah lerak atau klerak? Sebelumnya saya hanya sebatas tahu buah ini sering dipakai untuk mencuci kain batik. Padahal ternyata fungsinya nggak hanya untuk mencuci batik saja lho. Di akun-akun Instagram yang sudah menerapkan zero waste saya banyak melihat penggunaan buah ini untuk pekerjaan rumah tangga. Karena penasaran akhirnya saya juga nyobain deh.

1. Buah Lerak Sebagai Pengganti Deterjen Pencuci Pakaian

Kalau mencuci baju itu saya sering dihinggapi pikiran ini air bekas cuciannya berbahaya nggak ya untuk lingkungan? Karena waktu kecil saya pernah main ke sungai di dekat rumah, lha kok banyak banget buihnya seperti ada raksasa habis mencuci baju di sungai. Sampai sekarang masih suka terbayang. 

Karena itulah saya khawatir air bekas cucian baju mencemari sungai. Itulah salah satu hal yang membuat saya mencoba menggunakan buah lerak untuk mencuci baju baik dengan menggunakan sabun cair lerak yang saya buat sendiri atau langsung menggunakan buah lerak yang sudah diiris-iris. 

Lebih oke lagi kalau saat mencuci kita tambahkan kulit jeruk, selain aroma jadi lebih wangi, kulit jeruk juga merupakan bahan pembersih alami. 

2. Buah Lerak Sebagai Pengganti Cairan Pencuci Piring

Mencuci piring adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang saya sukai. Tapi saya sering terganggu dengan aroma cairan pencuci piring yang menempel pada peralatan masak meski sudah dibilas bersih. Terciumnya justru saat wajan atau pancinya sedang dipakai memasak. Kan mengganggu banget. Saya jadi kepikiran tentang residu cairan pencuci piring yang menempel di peralatan masak.

Karena itu saya juga mencoba menggunakan buah lerak untuk mencuci piring. Satu hal yang harus selalu saya ingat adalah, menggunakan buah lerak untuk mencuci piring bisa kok mendapatkan hasil yang bersih. Tapiiii, buang mindset kalau yang bersih itu harus yang berbusa-busa melimpah ruah ala cairan pencuci piring pabrikan. Karena busa melimpah yang biasa kita lihat adalah produk sampingan dari zat tambahan, bukan indikator kebersihan.

3. Buah Lerak Sebagai Cairan Pembersih Lantai

Selain mencuci baju dan piring, saya juga juga suka mengepel lantai. Supaya apa? Ya biar lantai licin tanpa debu dong, supaya anak-anak lebih aman dan nyaman bermain. Asyiknya nih, saya juga bisa menggunakan buah lerak yang aman sebagai cairan pembersih lantai. 

Untuk yang terbiasa dengan cairan pembersih lantai pabrikan yang wangi, nggak usah khawatir. Buah lerak ini wanginya enak kok. Ada yang bilang aromanya mirip nanas tapi bagi saya mirip aroma karamel hi hi. As usual, tambahkan kulit jeruk supaya lebih harum. Asyik kan, jadi kulit jerukpun bisa kita manfaatkan untuk pembersih alami. 

Kelebihan Buah Lerak Sebagai Cairan Pembersih Alami di Rumah

Menggunakan buah lerak alias soapberries alias soapnuts ini nggak merepotkan kok. Yang harus kita ubah adalah mindset banyak busa bukan indikator kebersihan, malah banyak sekali kelebihannya jika dibandingkan dengan pembersih pabrikan:

1. Mudah didapat di Indonesia

Tanaman ini cocok ditanam di Indonesia, bahkan terbukti sejak dulu dimanfaatkan untuk mencuci kain batik. Jadi sebenarnya kita beruntung banget lho. Zero waste warrior di negara lain mungkin harus mengimpor dulu buah lerak ini baru bisa memanfaatkannya, sementara di Indonesia masih mudah ditemukan. Jangan sampai malah kita nggak memanfaatkannya.

2. 100% alami dan biodegradable

Menggunakan buah lerak sebagai cairan pembersih alami artinya hilang kecemasan saya bahwa air bekas cucian baju atau piring akan mencemari lingkungan. Selain itu buah ini juga cukup aman digunakan untuk kulit sensitif dan bisa digunakan untuk mencuci pakaian bayi. 

Menggunakan buah ini untuk mencuci otomatis tidak ada penambahan zat lain seperti parfum yang bisa menimbulkan iritasi. Saya sudah mencobanya untuk mencuci clodinya Razqa yang bau pesing ha ha. Alhamdulillah hasil akhirnya aroma pesingnya hilang.

3. Hemat Energi dan Minim Sampah Plastik

Pembersih pabrikan kan pasti harus diolah dulu ya, dan dikemas dengan plastik. Sudah pasti butuh energi listrik dan lain-lain untuk membuatnya. Selain itu nggak semua orang memilah atau mendaur ulang sampah bekas pengemasnya. Menggunakan buah ini justru praktis banget, hanya perlu diiris, direndam, dan bisa langsung digunakan untuk mencuci.

Nah itu dia beberapa pemanfaatan dan kelebihan buah lerak sebagai cairan pembersih alami. Ada yang pernah mencoba menggunakan buah lerak juga?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9