Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Cara Mengatasi Kode Instagram Tidak Masuk ke SMS Kita


Seminggu lalu saya merasa harap-harap cemas karena akun Instagram saya terkunci. Kok bisa? Apa ada yang coba meretas akunnya? Alhamdulillah bukan karena itu. Tapi ya tetap saja saya pusing karena jadi tidak bisa masuk ke Instagram sendiri. 

Semua berawal dari saya yang ingin masuk ke Instagram melalui browser di laptop. Seperti biasa kalau masuk lewat perangkat lain, Instagram akan meminta kita memasukkan kode keamanan yang dikirim ke SMS kita. Tapi saat saya ingin kembali mengakses Instagram di handphone, lho kok diminta kode keamanan lagi ya? Setelah ditunggu beberapa saat, tidak ada kode yang masuk ke nomer saya.


Diminta memasukkan kode yang dikirim ke SMS.


Akhirnya sayapun menunggu beberapa saat kemudian mencoba kembali. Hasilnya tetap sama. Instagram meminta saya memasukkan kode keamanan, tapi SMS tidak kunjung datang. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya saya meminta bantuan dari tim Instagram. Saat itu saya memilih opsi akun yang sesuai, yaitu akun pribadi dan ada foto diri di feed Instagramnya.

Kemudian masuklah email dari Facebook, karena Instagram dan Facebook kan satu tim ya he he. Saya diminta membuktikan kalau akun itu benar-benar milik saya. Bagaimana caranya? Di email itu tertera 5 angka yang harus ditulis tangan di selembar kertas. Diikuti dengan nama lengkap dan nama akun atau username. Selanjutnya saya harus mengirimkan foto sedang memegang kertas tersebut. Wajah dan tulisan di kertas harus terlihat jelas. 

Baca juga: Tips Membuat Konten Instagram Menggunakan Canva

Permintaan mengirim foto diri.


Awalnya saya mengirimkan foto dengan hijab yang bebas saja. Tapi ternyata berdasarkan foto yang saya kirim, tim Facebook tidak bisa memastikan kalau itu benar-benar saya ha ha. Akhirnya saya coba mengirimkan foto dengan baju dan hijab yang sama persis. Namun ternyata balasan yang saya terima adalah tim Facebook masuk belum bisa memverifikasi bahwa saya adalah pemilik akun tersebut.


Diminta mengirim ulang fotonya.


Nah bingung deh saya. Padahal baju dan hijab juga sama. Wajahnya ya sama juga. Saya sampai mengirimkan lagi foto dengan baju dan hijab lain yang sesuai dengan yang ada di foto lain. Plus saya kirimkan linknya juga. Tapi masih juga ditolak hi hi. 

Baca juga: Tips Membuat Konten Video Instagram Menggunakan Canva


Email yang saya kirimkan ke Facebook.


Ternyata masih belum bisa diverifikasi hu hu.

Akhirnya ada email yang meminta saya menyebutkan email dan nomer telepon, serta perangkat yang saya gunakan untuk membuat akun Instagram tersebut. Untunglah saya masih ingat dulu membuat akunnya pakai gadget apa 😂 Tapi setelah mengirim email tersebut, hingga esoknya juga belum ada jawaban. 

Saya sempat pasrah sih kalau akunnya benar-benar terkunci. Bahkan saya sempat ngobrol dengan teman blogger yang mengalami nasib serupa. Sudah mengirim foto tapi belum ada balasan juga. Sudahlah akhirnya saya lupakan sejenak urusan login ke Instagram ini dan jalan-jalan ke Bogor mumpung akhir pekan hi hi. 

Permintaan berikutnya dari tim Facebook.


Senin, 27 Juni kemarin saya iseng mengirim email kembali. Kira-kira jam 5 sore saya menanyakan apakah ada perkembangan terbaru soal masalah yang saya hadapi. Malam harinya suami saya bertanya "Sudah dapat kabar dari Facebook, Ma?". "Ya tadi sore Mama sudah kirim email lagi sih, tapi belum dicek apa sudah ada balasan atau belum." "Ya coba dong dicek."

Sebelum membuka email saya sih nggak terlalu banyak berharap. Kalau belum ada balasan ya sudahlah Eh ternyata jam 6 petang ada balasan dari Facebook. Emailnya berisi 8 digit kode pemulihan untuk menyelesaikan proses login. Bismillah saya coba masukkan kodenya dan alhamdulillah berhasil. Yay!


Coba-coba menanyakan perkembangan tentang Instagram saya.


Mungkin kemarin Facebook masih memantau apakah ada hal-hal aneh atau ada yang berubah dari akun Instagram saya. Ya sebagai antisipasi kalau-kalau ada yang mau meretas akunnya dan menyamar menjadi saya. Atau memang butuh waktu untuk memverifikasi akun-akun yang sedang bermasalah. Artinya fitur keamanannya ya alhamdulillah berjalan. 


Alhamdulillah ada balasan yang ditunggu-tunggu.


Sebagai antisipasi di kemudian hari, sebaiknya memang kita tidak hanya mengaktifkan Autentifikasi Dua Faktor tidak hanya yang melalui SMS saja. Tapi juga metode lain seperti Whatsapp dan juga Metode Tambahan. Saat memilih Metode Tambahan, kita akan diberikan 5 kode cadangan. Masing-masing berupa kode 8 digit. Tapi jangan lupa simpan kodenya di tempat yang aman juga ya alias jangan sampai diketahui orang lain.

Tips Supaya Instagram Tidak Terkunci

Autentifikasi dua faktor penting sekali ya dinyalakan. Tujuannya untuk menghindari ada orang yang ingin meretas akun kita. Tapi bagaimana supaya jangan sampai kita sendiri yang tidak bisa masuk ke akunnya?

1. Catat email, nomer telepon, dan perangkat apa yang kita gunakan untuk membuat akun tersebut. Catat juga sistem operasi dari perangkat tersebut.

2. Sesekali unggah foto diri. Tapi bagi yang memilih tidak mengunggah foto ke Instagram atau akunnya digunakan untuk berjualan misalnya, ada kok opsi untuk dua jenis akun itu. Tapi soal bagaimana pemulihan akunnya memang saya belum tau. Jadi kalau ada yang mengalami, silakan dikonsultasikan ke Facebook ya.

3. Selain autentifikasi lewat SMS, gunakan juga autentifikasi jenis lain misalnya Whatsapp.

4. Gunakan juga Metode Tambahan seperti yang ada di gambar di bawah ini. Jika menggunakan metode ini, kita akan mendapatkan kode pemulihan cadangan yang bisa digunakan untuk saat-saat darurat. 


Gunakan 'Metode Tambahan'.


Kode Pemulihan yang bisa kita gunakan.


Mudah-mudahan pengalaman ini bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah serupa ya. Kalau ada yang sudah mencoba namun belum berhasil, coba ditanyakan kembali ke pihak Facebook mengenai perkembangan masalah yang kita hadapi dan apa solusinya. 

Comments

  1. Setelah saya baca posting ini, saya jadi ngaktifin autentifikasi Instagram pakai Authenticator.

    ReplyDelete
  2. baruu aja nih ada yg mencoba bobol akun igku juga mba huhu jadi aku harus buat password lagi. untung aku udah aktifkan autentifikasi 2 faktor. biasanya sejauh ini masih bisa masuk ke henpon sih kode smsnya

    ReplyDelete
  3. Duh ikut degdegan saya bacanya. Alhamdulillah kalau sekarang udah bisa akses lagi ya
    Saya pun ini akun Instagram lagi kena peringatan blokir likom, gara gara ngebut ngejar likom di job minimarket hahaha..
    Tapi di awal email bahasa Inggris kok kesininya jadi bahasa Indonesia?

    ReplyDelete
  4. Kalau kasus saya lebih apes mba, FB akun saya kena hack karena sering login via laptop dan kena attack virus ransomware, terlebih juga belum pasang autentifikasi 2 faktor, baik di ig dan fb, karena keduanya tetap harus dipasang agar tidak diutak atik oleh tangan iseng

    ReplyDelete
  5. Aduh, yang begini nih pernah kejadian juga ke aku. Waktu itu aku nyoba pake aplikasi unfollower gitu. Kepengen tahu siapa aja yang gak folbek aku. Eh ternyata malah akun Ig aku keblokir. Logout sendiri. Mana lupa password pula. Aku minta ganti password, eh gak mauk notifnya. Aku coba terus, akhirnya bisa. Sejak itu gak pernah lagi pake aplikasi begitu. Dan gak peduli lagi siapa yang gak folback. heheheh daripada pusing akunnya gak bisa dibuka. ☺

    ReplyDelete
  6. Kalu saya memang menghubungkam instagram ke medsos lain seperti FB dan nomor hp jadi kalau ada masalah proses autentikasinya jadi lebih cepat. Makasih sharingnya ya Mba

    ReplyDelete
  7. aduuuh memang benar - benar yaaa mba .. bikin pusing kepala kalau ditanya banyak hal yang sudah kita lupa terkait akses ke akun instagram kita sendiri. Alhamdulillah akunnya sudah kembali ya mba

    ReplyDelete
  8. Syukurlah akhirnya bisa login lagi ke akun Instagramnya ya Mba Heni. Mudah-mudahan akunnya selalu aman. Aku jadi ingat nih dengan kode cadangan kemarin aku catat di mana yaaa?

    ReplyDelete
  9. Catat email, nomer telepon, dan perangkat apa yang kita gunakan untuk membuat akun tersebut. Catat juga sistem operasi dari perangkat tersebut.

    Poin 1 ini ... saya sudah lupa, dulu bikin IG-nya pakai apa. Mana HP sudah berganti-ganti pula .... semoga tidak ada masalah dengan IG.

    Btw, alhamdulillah ya, Mbak, akhirnya selesai juga urusan akun IGnya ini.

    ReplyDelete
  10. Ya ampun deg-degan banget kalo sampek akun ke-lock begitu yaaah, jadi ribet deh urusannyaaa. Udah kirim foto berkali2 kenapa masih belom dipercaya dah.

    Untung sekarang udah beres yaaah

    ReplyDelete
  11. Belum pernah kaya gini. Serem jg ya mba karena instagram itu tempat utama buat pajang hasil karya. Alhamdulillah kalau sudah teratasi masalahnya.

    ReplyDelete
  12. Tips berguna pake banget, buat yg kelola banyak akun instagram. Pastinya juga akun personal yg mungkin sampai terkunci.
    Tapi, semoga jangan sampai kejadian juga si.. Hehehe

    ReplyDelete
  13. aku pernah nih mba, kayaknya dari jaringannya yang error soalnya besokannya muncul smsnya berkali2 hahaaa

    ReplyDelete
  14. Kalau saya belum pernah mengalami autentifikasi diminta IG yang penah tuh FB, tapi mereka saudaraan sih ya, sama2 ribetnya hehe.
    Ternyata sekarang ada verifikasi dengan kirim2 foto gtu ya mbak?
    Makin ribet keliatannya tapi kyknya emang demi keamanan pengguna apa ya?
    Tapi alhamdulillah sih ya akunnya dah balik, moga gak kejadian lagi :D

    ReplyDelete
  15. Aku bulan lalu akun ku bermasalau juga mba tapi karena salah memasukkan tanggal lahir. Sampai lebih dari 15x ku kirim tanda pengenal tapi ditolak. Namun akhirnya bisa juga

    ReplyDelete
  16. Kode darurat itu aku emmang selalu simpen mba, di kertas terpisah, dan aku bawa dlm dompet 😄. Belajar dari pengalaman sebelumnya, Krn dulu sebelum pandemi aku rutin traveling kan, pernah pas sedang di Jepang , buka IG dari PC hotel, langsung dimintain juga. Awalnya sempet bingung, tapi kemudian inget ini pasti kode darurat yg harus diisi kalo kita buka medsos dr gadget lain, apalagi aku bukanya dr negara lain waktu itu.

    Sejak itu memang ga pernah ketinggalan. Takut ada kejadian gitu lagi. Ntr malah kekunci 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top