Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Gusi Sehat dan Nafas Segar dengan Betadine Mouthwash and Gargle



Kalau ada yang bilang lebih daripada sakit hati lebih baik sakit gigi, saya nggak setuju deh he he. Ya itukan cuma di lirik lagu ya. Aslinya sakit apapun ya nggak enak rasanya, termasuk sakit gigi. Seperti pengalaman saya saat kuliah. Gigi dan gusi saya sering sakit. Bahkan sampai pernah ditegur dosen. Kok bisa?

Ya karena saat di dalam kelas saya terus-terusan memegangi pipi yang agak bengkak. Jadi dianggap sedang melamun. Spontan ya saya jawab saja. "Maaf Pak, saya bukan sedang melamun. Tapi memang sakit gigi." hu hu. Teman saya bahkan menyarankan untuk meminum obat sakit gigi yang biasa diminum kakaknya. Kebetulan rumahnya dekat dengan kampus. Tapi kenapa ya kok sakitnya terus-terusan begitu?


Ternyata karena gigi geraham bungsu saya sedang tumbuh. Gigi bungsu merupakan gigi geraham terakhir yang tumbuh. Biasanya di ujung usia belasan tahun atau awal usia dua puluh tahunan. Saat gigi ini tumbuh biasanya memang disertai rasa nyeri yang luar biasa. Apalagi kalau ruang yang tersisa di rahang kita sempit atau bahkan tidak ada. 

Akhirnya sayapun pergi ke dokter gigi. Oleh dokter gigi saya diberi obat untuk menyembuhkan bengkak di gusi. Setelah sembuh, saya kembali ke tempat praktiknya. Gusi di bagian belakang sedikit dibelah supaya giginya bisa lebih muncul ke permukaan. Alhamdulillah akhirnya gigi dan gusi sayapun tidak sakit lagi.

Satu masalah sudah tertangani, tapi saya tetap harus ekstra menjaga kebersihan gigi dan gusi. Karena gusi di bagian ujung yang sudah dibelah tadi kan jadi rentan kalau ada sisa makanan yang terselip. Pernah saya lupa menyikat gigi sebelum tidur, esoknya gusi bagian belakangpun bengkak.

Karena itu selain lebih rutin menyikat gigi, saya juga harus menjaga kesehatan mulut dengan mouthwash. Produk yang saya gunakan di rumah adalah Betadine Mouthwash and Gargle. Obat kumur antiseptik ini mengandung Povidone Iodine 1%.




Povidone Iodine adalah agen antiseptik yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi. Cara kerjanya adalah dengan merusak sel kuman. Manfaat Betadine Mouthwash and Gargle ini yaitu untuk mengatasi:
  1. Bau mulut.
  2. Sariawan.
  3. Sakit tenggorokan.
  4. Gusi bengkak.
  5. Nafas tak segar.



Cara menggunakannya juga mudah. Cukup tuang ke dalam tutup botol sebanyak 15 ml. Berkumurlah selama 30 detik, kemudian dibuang. Kita juga bisa melakukan gargle. Gargle kurang lebih artinya mengocok cairan di pangkal tenggorokan dengan menengadahkan kepala 45 derajat ke atas. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini ya. 



Berkumur dan bergargle dengan Betadine Mouthwash dan Gargle tidak hanya bisa mengatasi bau mulut dan menyegarkan nafas. Tapi juga bisa meringankan sakit gigi, mencegah kerusakan gigi, mengurangi plak, serta mencegah sakit gusi dan gigi. Selain itu obat kumur ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Kalau kita sudah merasa tenggorokan nyeri atau sakit. buru-buru deh berkumur dengan Betadine sebelum sakitnya makin menjadi.




Oh iya, meski obat kumur ini warnanya merah tua. Tapi tidak perlu takut warnanya akan menodai gigi ya. Warna Betadone Mouthwash and Gargle merupakan warna cokelat alami dari Povidone Iodine. Tidak akan menodai kulit, jari, kuku, gigi, atau bahan lain. Bahkan pernah tidak sengaja Betadinenya terkena dinding rumah, tapi langsung hilang asal segera disiram air. 

Jadi bagi teman-teman yang giginya sering sakit atau gusinya sedang bengkak, coba deh berkumur dengan Betadine Mouthwash dan Gargle. Gigi ekstra bersih, gusi serta tenggorokan sehat, dan nafas lebih segar. Untuk FAQ lebih lanjut tentang produk ini serta produk Betadine lainnya bisa juga dibaca di situs resmi https://betadine.co.id/.



Comments

  1. Jadi andalan banget nih pas suami dan adikku kena covid. Betadine emang udah terpercaya sejak aku masih anak-anak

    ReplyDelete
  2. aku pakai ini juga mba, waktu aku kena covid, sama dokternya juga di sarankan pake ini biar bakteri nggak masuk ke tenggorokan, jadi keterusan sampe sekarang heheee

    ReplyDelete
  3. Aku perlu menggunakan Betadine Mouthwash and gargle ini juga nih, secara gusi sedang bermasalah plus bibir bagian dalam juga sariawan. Mudahan cocok juga.

    ReplyDelete
  4. Hm, pengalaman yang sulit dilupakan ya Mbak,sakit gigi pas ada kelas. Gigi bungsu katanya kalau mengganggu juga baiknya operasi kecil sj ya Mbak katanya. Btw jadi pengen coba Beatiden Mouthwas dan Garglenya untuk mengatasi gigi sakit dan bisa buat nafas lebih segar ya Mbak.

    ReplyDelete
  5. Bener-bener bikin uring-uringan mbak kalau gigi sakit atau gusi bengkak apalagi ditambah sariawan...karena tidak bisa makan enak, cuma mengerang kesakitan aja hehehe.....tapi bersyukur ya ada betadine ini, selain masalah gusi berdarah, gigi sakit dan sariawan, nafas pun juga terasa segar. Harus punya persediaan betadine di rumah deh.

    ReplyDelete
  6. Aku dulu gak bisa gargle trus lama2 belajar haha, apalagi sejak covid aku tuh mesti kumur2 gitu buat mastiin mulut bersih.
    Wah ternyata selain bikin nafas enakan ternyata bagus juga buat yang punya masalah gigi ya?
    anak 9 tahun dah boleh pakai gak ya?

    ReplyDelete
  7. aku pun sempat pakai ini dengan teratur saat di Indonesia mba.. memang benar - benar membantu yaa

    ReplyDelete
  8. aku juga suka bgt kumur dan gargle pakai betadine mouthwash karena emang iya jadi nyaman tenggorokan. cuma kdg suka takut ketelen >.< hahah

    ReplyDelete
  9. Lagi pengen cari buat kumur yang bikin muluit fresh dan gigi awet sehatnya, belum coba yang betadine nih. Boleh juga kapan aku cari di mini market ah

    ReplyDelete
  10. Mau pakai Betadine juga ah, gigiku suka bengkak, dan kalau habis sikat gigi suka berdarah. Gak berani ngapa-ngapain takut malah jadi sakit

    ReplyDelete
  11. Gusiku udah ada 1 nih yang kosong gara-gara kapan hari terpaksa dicabut. Akar giginya udah tinggal dikiiitt... Nah, ga boleh lengah menjaga kebersihan mulut nih biar gusi yang terbuka tadi enggak jadi sarang bakteri.

    ReplyDelete
  12. Sebelum hamil dan menyusui kemarin aku pakai ini karena benar benar ampuh mengatasi bau mulut
    Sekarang stop dulu karena harus menggunakan obat kumur dari dokter

    ReplyDelete
  13. Waktu sakit gigi dan sakit tenggorokan beberapa waktu lalu saya juga pakai Betadine Mouthwash and Gargle ini. Cuma agak tricky pas berkumurnya, harus hati-hati biar nggak tertelan hehehe.

    ReplyDelete
  14. Sakit gigi memang jangan dianggap enteng, sakitnya itu kemana2... 😊 Menjaga kebersihan mulut, gigi dan gusi supaya tidak sakit gigi, salah satunya berkumur dengan obat kumur seperti betadine ini

    ReplyDelete
  15. Tadinya takut warnanya si Betadine ini bakalan menodai gigi ya

    eh ternyata warna Povidone-Iodine zat aktif dari BETADINE® Mouthwash & Gargle merupakan warna cokelat alami jadi gak menodai kulit, jari kuku, rambut atau bahan kain!

    ReplyDelete
  16. udah lama gak pake ini, biasnaya selalu sedia di kamar mandi, brasa banget bedanya klo udah berkumur pake ini, suasana mult jadi lebih fresh

    ReplyDelete
  17. Betadine produk andalanku di rumah juga, obat kumurnya, sabun cairnya, pembersih kewanitaan, obat luka, semuanya pakai betadine karena beneran ampuh banget buat basmi kuman dan hasilnya cepet banget kelihatannya

    ReplyDelete
  18. waaa pas banget nih obat kumur di rumah abis, dan aku belum cobain ini, auto pengen cobain juga deh nanti pas ke supermarket hihihi, kayanya manjuur

    ReplyDelete
  19. Refrensi yg pas bagi yg sedang cari produk obat kumur yang tepat. Obat kumur atau mouthwash sebagai salah satu benda yang wajib untuk menjaga agar tidak bau mulut, atau membantu mengatasi berbagai keluhan gigi dan mulut, seperti plak dan sariawan, hingga mencegah gigi berlubang.

    ReplyDelete
  20. Pertolongan pertamaku kala sariawan borongan atau sakit tenggorokan nih. Emang nyaman banget di tenggorokan, pas di gargle nggak bikin perih sariawan tapi jadi lekas sembuh juga.

    ReplyDelete
  21. wah, ini jadi andalan aku juga nih. Kayanya selalu ada di kamar mandi deh, walaupun gak setiap saat dipakai, tapi kalau sedikit aja ada tanda2 sariawan, langsung rutinin kumur pakai betadine, sehari atau 2 hari gak jadi deh itu sariawannya.

    ReplyDelete
  22. Ini produk andalan aku kalau tenggorokan mulai berasa nggak enak. Tapi si Betadine mouthwash ini apakah bisa dipakai setiap hari ya? Soalnya selama ini aku pakai betadine mouthwash cuma kalau ada masalah mulut aja

    ReplyDelete
  23. Pernah banget nyobain ini jadi gigi yang sakit atau pun juga gusiku yang nyeri kita cepat sembuh apalagi nafas jadi semakin segar

    ReplyDelete
  24. Aku suka pas pakai Betadine Mouthwash dan Gargle ini aku campurkan sedikit merk lain, hehe.. soalnya supaya ada rasa mint-mint nya..
    Seneng banget kalau sudah gargling, rasanya menyegarkan mulut.

    ReplyDelete
  25. Aku selaku nyetok ini di rumah mba Heni. Dari dulu kalo buat kumur2, pasti Betadine. Dibanding Ama merk lain, pertama aku LBH suka aroma Betadine yg kesannya steril. Kayak bau RS 🤣. Ntah kenapa aku suka bgt aroma RS.

    Kedua ini ga pedih di mulut. Obat kumur lainkan ada yg pedih bgt tuh. Udah kayak kebakar mulutku 😄. Apalagi Betadine bisa dipake Ama anak2 yg udah 6 THN ke atas, tanpa takut mulut mereka pedih. Ketiga, buat nyembuhinbsariawan cepet bangetttt. Makanya aku suka.

    Sejak pandemi, tiap selesai mandi, kami JD kumur2 selalu Ama Betadine. Makanya stok Betadine di rumah selalu banyak 😁.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top