Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Taman Piknik Museum Satria Mandala, Sensasi Piknik di Tengah Kota Jakarta


Saat mendengar kata piknik, apa yang pertama terlintas dalam pikiran? Menggelar tikar piknik di tepi pantai, sungai, atau di taman dan duduk bercengkrama bersama keluarga? Bagaimana kalau piknik di antara gedung-gedung tinggi di ibukota sambil melihat aneka kendaraan militer? Lho memangnya bisa?

Beberapa waktu lalu kami berkunjung ke Museum Satria Mandala. Ini kali kedua kami pergi ke tempat ini. Saat itu tepatnya Sabtu, 21 Mei 2022 sedang ada Kudus Festival yang diselenggarakan di halaman depan museum. Sambil menunggu si papa yang berkeliling melihat-lihat Kudus Festival, saya dan anak-anak piknik di outdoor cafe yang juga terletak di sini yang bernama Taman Sedjarah Satriamandala atau Taman Piknik.


Harga Menu Taman Piknik Museum Satria Mandala


Sesuai namanya, di sini pengunjung bisa duduk di tikar piknik yang disediakan. Selain tikar ada juga meja dari kotak peti kemas, keranjang piknik, dan bean bag. Kita tidak perlu menyewa perlengkapan pikniknya kok. Kecuali kalau kita mau piknik beramai-ramai. Kita bisa langsung duduk saja di tempat yang tersedia asal belum tempatnya belum dipesan.

Tapi jangan lupa memesan menu dulu ya di area pemesanan. Untuk melihat ada menu apa saja, kita bisa memindai kode yang disediakan. Baik jenis dan harganya bervariasi mulai dari Rp 15.000 untuk makanan dan Rp 10.000 untuk minuman. Sebagian harga menunya bisa dilihat pada gambar ini.





Setelah membayar kita akan diberi semacam alat penanda yang akan memberitahu kita apabila pesanan sudah siap. Di sini kita harus mengambil sendiri makanan dan minuman yang kita pesan. Tapi kalau kita selesai makan, ada staf yang membantu mengambil alat makan yang sudah kosong kok. Menu yang kami pesan saat itu adalah es teh, kentang goreng, sate taichan, serta nasi goreng. Rasanya cukup enak dan porsinya juga cukup untuk mengenyangkan perut.



Meski pikniknya di antara gedung-gedung tinggi dan aneka kendaraan militer di tengah kota, tapi suasananya nyaman kok. Apalagi di museum ini juga ada pepohonan dan rumputnya juga hijau dan terpelihara. Kalau mau lebih asyik kita bisa membawa bunga kering atau bunga tiruan untuk diletakkan di keranjang pikniknya. 

Kita juga bisa membawa topi jerami. Asal jangan membawa makanan dan minuman luar ya. Mau foto-foto juga boleh kok yang penting tetap sopan dan tidak menganggu pengunjung lain. Anak-anak juga pasti suka bermain di area piknik atau berkeliling melihat pesawat dan kapal yang ada di halaman museum ini.




Kalau kita tidak kebagian tikar piknik, kita masih bisa duduk di kursi yang ada di luar ada di dalam bangunan indoornya. Sebelum atau sesudah piknik jangan lupa masuk ke area museum untuk melihat sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI). Untuk mengakses semua fasilitas ini kita hanya perlu membayar HTM ke area museum sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa. Saat itu Rayyaan dikenakan tiket dewasa namun Razqa tidak dikenakan tarif. Tentu saja masih ada biaya parkir ya yang besarnya tergantung lamanya kita berada di sini. 




Lokasi Taman Piknik Museum Satria Mandala


Taman Piknik Museum Satria Mandala ini terletak di Jalan Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710. Dari tempat tinggal kami lokasi museum ini masih cukup dekat yaitu sekitar 14 km atau 25 menit berkendara dengan mobil. Untuk mengetahui jarak dari tempat tinggal masing-masing dan cara pergi ke museum ini dengan kendaraan umum, teman-teman bisa mengecek informasinya di Google Map.



Jam Buka Taman Piknik Museum Satria Mandala 


Bagi teman-teman yang ingin berkunjung, simak juga informasi jam bukanya ya. Setiap hari Senin - Jumat (weekday) taman ini beroperasi dari pukul 09.00 - 21.00 WIB. Setiap hari Sabtu dan Minggu (weekend) taman ini beroperasi dari pukul 07.00 - 21.00 WIB.


Di postingan selanjutnya insyaa Allah saya akan menulis khusus tentang Museum TNI Satria Mandalanya, ditunggu ya! 

Comments

  1. Asyik ya pikniknya! Cocok buat keluarga..menu makannya juga ada tipe paket...
    Makasih infonya yaaa

    ReplyDelete
  2. Eh aku baru tahu lho kalau Museum Satria Mandala ada tamannya. Pengen ngajakin anakku kesini nih dia pasti senang lihat pesawat dan kendaraan TNI lainnya. Kalau hari libur buka ngga mba? Dari jam berapa sampai berapa?

    ReplyDelete
  3. Waaaah, keren bangeeeed ya. Aku baru tau ternyata sekarang kita bisa piknik sewa tikar, pesan menu makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan museum dan kota. Harganya terjangkau juga. Jadi kepengen ajak anak2 nih kapan2. Relaksasi sambil wisata sejarah pasti senang mereka nih. TFS.

    ReplyDelete
  4. Mbak aku pernah sekali kesini pas zaman sekolah dulu... Ya Ampuun lamanya... Baca blog ini rasanya aku jadi bernostalgia. Thanks ya mbak

    ReplyDelete
  5. asyik banget ya Mbak ada taman yang konsep pelayanannya seperti ini, gak perlu bawa tikar dan bekal segala dong ya, semua bisa kita pesan disana ya, menunya juga ala pikinik banget yaa :)

    ReplyDelete
  6. Wah, seru banget mbak. Baru tahu ada museum yang ada fasilitas tempat makan semacam piknik gini. Asik ya, dan tempatnya lumayan bersih banget

    ReplyDelete
  7. Daerah Mampang masih ada lahan asik untuk piknik begini.. Seru banget.
    Konsepnya oke banget yaa..
    Rekomendasi tempat makan ala piknik cantik, bisa pakai OOTD baju bunga-bunga yang manis terus pepotoan di Taman Piknik Museum Satria Mandala.

    ReplyDelete
  8. Piknik tapi makananya harus pesan di situ ya. Kaget juga liat harga makanan dan minumannya sama kayak di restoran yang agak mahal gitu hehe. Tapi cakep foto-fotonya nih.

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah enak banget ini sih bareng keluarga anak anak bisa belajar dengan perut yang kenyang karena menunya enak enak. Belum pernah ke sini smeoga ada rejeki bisa main ke sini.

    ReplyDelete
  10. Lucu banget sih view-nya, anak-anak seneng pasti ada pesawatnya...sayangnya masuknya bayar ya? Kalau hujan bubar deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. HTM masuknya itu sekaligus HTM masuk ke museum Mbak ^_^

      Delete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top