Ngobrol Seputar Tips Meningkatkan Follower Instagram Bersama Kak Alejenes Kuliner Lampung di Acara Milad 2 Tapis Blogger


Wah nggak kerasa deh Tapis Blogger sudah berusia 2 tahun. Rasanya baru kemarin deh saya dengan Mbak Naqiyyah Syam, Mbak Izzah Anisa, dan Mbak Fitri Restiana janjian di Mall Boemi Kedaton (MBK). Kopdaran yang sekaligus menjadi cikal bakal terbentuknya Komunitas Tapis Blogger. 

Kalau tahun lalu acara syukuran ulang tahunnya Tapis Blogger yang pertama diadakan di Graha Pena Radar Lampung dan Wira Garden, tahun ini acara diadakan di Papa Tom's Cafe. Supaya lebih seru, ada bintang tamunya juga dong. Tahun lalu bintang tamunya adalah Bang Sandi Prayoga (Bloggerpreneur) dan Bang Yopie Pangkey (Fotografer dan Travel Blogger). Tahun ini Tapis Blogger mengundang foodies asal Lampung yang punya ratusan ribu follower di instagram. 



Pernah denger akun IG @kuliner_lampung? Warganet Lampung pasti tau dong. Atau malah sudah follow akunnya yang kalau posting foto itu selalu sukses bikin ngiler? Kenalan yuk sama sosok di balik akun ini. Beliau adalah Kak Ale, mungkin ada yang sudah follow akun pribadinya juga ya di IG @alejenes.


Tapis Blogger bertemu lagi dengan Kak Ale di acara Kanikan Festival. Alhamdulillah saat diundang menjadi bintang tamu di acara milad ke dua Tapis Blogger, Kak Ale bersedia. Pas banget di tanggal dan jam yang direncanakan untuk acara milad, Kak Ale jadwalnya kosong. Rezeki banget ya. Karena tiap hari biasanya ada aja undangan untuk mereview usaha kuliner.

Baca: Aneka Kuliner Kekinian dan Komunitas Lampung Meriahkan Festival Kanikan dalam Rangkaian Festival Krakatau 2018.

Trus Tapis Blogger ngobrolin apa nih dengan Kak Ale di acara milad? Nggak jauh-jauh dari dunia instagram deh. Sekarang ini kan blogger nggak hanya ngeblog tentang hobi atau keseharian ya. Tak jarang ada juga tawaran kerjasama, misalnya untuk mereview sebuah produk. Nggak hanya harus menulis di blog, tapi juga ada permintaan untuk menulis review di medsos lain termasuk instagram.

Otomatis perlu dong nambah follower di instagram. Gimana caranya meningkatkan follower instagram? Yuk tanya sama Kak Ale. Gimana perjalanannya mengelola akun @kuliner_lampung dan apa aja tips menambah follower. Mau tau nggak berapa followenya Kak Ale di akun @kuliner_lampung? 220K lebih, Gaes!!!


Obrolan peserta acara milad ke dua Tapis Blogger dengan Kak Ale dipandu oleh Kak Novi (ala ala Sarah Sechan gitu deh katanya, iya deh he he). Ternyata akun @kuliner_lampung ini pertama kali dibuat Kak Ale sekitar pertengahan tahun 2014. Itupun sempat vakum selama beberapa bulan.

Apa motivasinya membuat akun dengan niche kuliner? "Karena saya hobi kulineran." Wah betul juga sih, memang lebih semangat menekuni sesuatu yang disukai. Kak Ale membuat akun tersebut untuk kesenangan pribadi aja. Yang sering diposting tuh bukan makanan di cafe-cafe, tapi lebih banyak makanan kaki lima dan gerobakan. Ternyata postingan semacam ini banyak banget peminatnya. Iyalah, siapa coba yang nggak pengen info makanan yang murah meriah tapi enak he he.


Seiring berjalannya waktu, makin banyak deh followernya. Makin banyak follower, tawaran kerjasama untuk endorse pun berdatangan. Tapi tetep, Kak Ale setia juga dengan posting jajanan gerobakan. "Kebahagiaan pribadi buat saya kalau penjual kaki lima yang foto dagangannya saya posting di IG jadi laris dan rezekinya bertambah. Dari jualan gerobakan bisa nyewa ruko. Mungkin dari doa pakde budhe penjual gerobakan itu juga saya bisa dapat berbagai tawaran kerjasama." Wah jadi terharu deh dengar ceritanya.


Ternyata Kak Ale juga nggak nyangka kalau apa 'main instagram' itu bisa menghasilkan karena awalnya murni karena kesenangan pribadi aja. Foto-fotopun sebelumnya pakai smartphone, baru punya kamera tahun 2017. Saat awal-awal dapat tawaran kerjasama, bahkan Kak Ale selalu mengajak temannya yang punya iPhone biar fotonya lebih kece he he.


Baca: Motret Makanan itu Gampang? Simak Yuk 6 Fakta di Balik Sebuah Foto Makanan.


Oh iya, tadi saya sudah menyebutkan kalau followernya Kak Ale sekarang sudah 220K lebih! Akun @kuliner_lampung ini yang followernya nomor dua tertinggi di Sumatera lho untuk kategori akun kuliner. Kak, rahasianya apa dong bisa sakses punya follower banyak begituh?!

Yang pasti harus fokus!!! Sejak tahun 2014 Kak Ale fokus dengan niche kuliner. Jadi yang dipost ya cuma foto makanan dan only makanan. Nggak ada ngepost tentang produk jenis lain. Klo tentang hotel and penginapan? Kan kulineran juga identik dengan jalan-jalan? Nggak, Gaesss! Walau lagi main ke daerah lain or bahkan ke negara lain, tetep aja yang diupload cuma foto makanan!


Di awal-awal, Kak Ale juga ngajak teman-temannya untuk follow akun kulinernya. Ada satu rahasia instagraman nih, kalau kita ngetag teman di caption, trus teman kita ngeLOVE foto tersebut, postingan kita bisa muncul menu search and explore followernya teman kita ituh. Contohnya gini, kalau kita mensyen seorang artis di caption, trus nggak sengaja artisnya baca dan klik LOVE, postingan kita bakal diliat jutaan followernya si artis.


Oooh... gitu ya, pantes aja di menu explore saya tuh kok suka ada postingan yang temanya tuh bukan kesukaan saya, berarti itu karena ada temen yang ngelike postingan itu ya ha ha. Jadi, siapa yang mau saya mensyen di IG? He he...

Trus apalagi rahasianya? Karena Kak Ale juga tetep rajin menjelajahi kuliner yang kaki lima. Ibaratnya nih, makin susah dicari tempatnya malah makin semangat buat datenginnya. Yang paling banyak dikomenin juga nggak melulu foto makanan di cafe-cafe, tapi juga jajanan kaki lima.


Nah buat yang pengen follower instagramnya nambah, jangan lupa ubah akunnya jadi akun bisnis ya. Caranya gimana? Ini sih lebih ke teknis. Pertama buat facebook fan page dulu, trus lewat menu pengaturan di instagram, ubah akun kita jadi akun bisnis. Apa bedanya dengan akun pribadi? Di akun bisnis kita bisa melihat insight atau wawasan dari postingan kita. Intinya sih, kita bisa tau data or statistik, berapa orang yang lihat foto kita. 

Sekarang bahkan kita bisa tau hari dan jam berapa orang paling banyak mampir ke postingan kita, bahkan instagram bisa ngasi tau yang lebih banyak pengunjung laki-laki atau perempuan. Dari data-data itu kita bisa memanfaatkan dengan posting di jam-jam ramai pengujung. Dan yang pasti jangan pernah berhenti posting ya. Jangan sampai akun instagram kita berdebu. Sudah blognya debuan, masa instagramnya debuan juga hi hi.

Oh iya, kalau diajak nyicipin makanan, Kak Ale ternyata nggak sendirian. Selain @kuliner_lampung memang ada beberapa akun foodies lain di Lampung. Jadi Kak Ale juga suka ngajakin teman-temannya sesama foodies buat nyicip makanan sama-sama.


Eh saya pernah sekali ketemu waktu diundang d'Junjungans buat nyicipin makanan. Mudah-mudahan sih Kak Ale masih inget. Padahal saya agak grogi sih harus ngereview makanan bareng Kak Ale dan temen-temennya hi hi. Nah singkat kata, Kak Ale and teman-temannya ini jadi sebuah tim dan sering menghandle festival kuliner di Bandar Lampung termasuk Festival Kanikan dan Transpark Foodies Night Market yang rame buanget dan transaksi jual belinya pakai GO-PAY itu lho.

Baca: 7 Hal yang Bisa Kita Lakukan Bersama Keluarga dan Sahabat di d'Junjungans, Negeri Sakti, Lampung.

Tapi jadi kepo juga nih. Pernah nggak sih Kak Ale dapat komentar-komentar miring di IG? Ternyata pernah juga. Tapi ngapain deh fokus sama yang miring. Mending balesin komen yang bagus-bagus aja. Iya juga sih he he. Lebih baik konsisten mengerjakan hal-hal yang disukai dan positif, ya kan? Kan asyik, mengerjakan hobi dan bisa dapat penghasilan. Pekerjaan impian semua orang deh.


Karena Kak Ale masih punya jadwal untuk icip-icip lagi, so ngobrolnya disudahi sampai kira-kira jam setengah satu siang. Tapi sebelum pulang, kita potong tumpeng dulu ya. Ada tumpeng kece dari Papa Tom's Cafe untuk Milad 2 Tapis Blogger. Selanjutnya sesi foto-foto bareng peserta dan para sponsor acara plus makan siang bersama. Ngobrol santai tapi seru selama satu setengah jam tapi insyaa Allah banyak ilmu yang bisa didapat dan pastinya jangan lupa diterapkan. Yang punya akun instagram, yuk difollow akun instagram saya di @henipuspita29 he he.

25 comments on "Ngobrol Seputar Tips Meningkatkan Follower Instagram Bersama Kak Alejenes Kuliner Lampung di Acara Milad 2 Tapis Blogger"
  1. aaah tambah banyaaak lagi ilmunya. Memang harus konsisten dan niche yang jelas ya Mba, jadi followers juga nambah teruuus.

    ReplyDelete
  2. Waaaahhh, kuncinya bisa sampai sebanyak itu followernya adalah konsisten upload foto sesuai niche yaa.... terimakasih insightnya mbaaa, kepoin akun Kak Ale aaah....

    ReplyDelete
  3. Inspiratif ceritanya kak ale. Baek bener, niatnya buat ngebantu penjual makanan gerobokan biar makin laris manis. Alhamdulillah kak ale juga memetik buah manis dr kebaikannya. Makasih share kecenya mbk hen dan selamat ulang tahun buat tapis blogger

    ReplyDelete
  4. asyik ya Mbak, ketemu seleb blogger lokal dan bisa berbagi tips gini.
    jadi share knowledge juga ya jadinnya, kita pun yang baca postingan ini jadi tau tipsnya, makasih ya Mbak, makasih juga Kak Ale :)

    ReplyDelete
  5. Beneran baru tau ilmu tag teman supaya muncul di explore. Waah untung tadi mampir ke sini, dapat ilmu baru deh. Thx yaa mba Heni :*

    ReplyDelete
  6. Walah saya malah jarang sekali mention deh. Kalau gitu jadi pingin bikin agenda mention artis artia gitu yak, hehehee. Makasih infonya ya, bermanfaat banget buatku yang masih belajar ilmu perinstagraman

    ReplyDelete
  7. Wah, met ultah yang ke-2 buat Tapis Bloger. Moga tambah solid, dan sukses yaa

    ReplyDelete
  8. Aku senang banget nih kalau ngikutin acara seperti ini mba. Jadi semakin semangat untuk meningkatkan follower mba :)

    ReplyDelete
  9. Wah saya baru tau tips yang tag itu. Terima kasih banyak, Mbak. Mau saya praktekin, ah. Syukur-syukur bisa nambah folower akun IG saya :)

    ReplyDelete
  10. Wah sayang banget ya pas milad Tapis Blogger aku pulang pagi2 karena anakku pingin nyobain naik kapal. Padahal kalo pulang sore naik pesawat aku bisa mampir dulu ya

    ReplyDelete
  11. Wah menarik tipsnya. Unik, fokus, interaktif dan analisis insight ya say

    ReplyDelete
  12. Selamat milad tapis blogger. Iya ternyata menjaga niche itu penting ya. Ayok kita saling follow ig hahah folbek ig aku ya mba di @umi.journey

    ReplyDelete
  13. Waah...ini turut membantu para pedagang kaki lima. saluuut. Btw, selamat ulang tahun buat Tapis Blogger, ya. Kangen Lampung aku tuuuhh. Hahahaa

    ReplyDelete
  14. Iya jarang nih mba yang kulineran pinggir jalan gitu,,, kebanyakan kuliner restoran mevvah hehehe boleh juga tips nya kak ale

    ReplyDelete
  15. Followers IG tuh memang kayak ingus wkwkkw, naik turunnya cepat deh. Cuma suka heran sama blogger yang difollow ga folback atau folback lalu unfol. Tapi ga usah fokus sama itu sih. Bagusin aja ya ig kita dengan kualitas foto, konten dan niche yang konsist

    ReplyDelete
  16. Tipsya boleh juga nih, nyuruh temen seleb buat ngelove postingan kita sayangnya aku ga punya temen artis hahahaha

    ReplyDelete
  17. Ahhh cakeeepp..... Ilmu banget ini, saya dan suami juga mengelola IG @kulinerkotabatam, msh kicik followersnya, smpet vakum, smpet males lanjutin. Tapi yaaa lanjutin bae, santai2 bae....hehehe

    ReplyDelete
  18. Keren2 nih tipsnya...aku juga punya akun kuliner ka, tapi belum dimaintaince dengan baik. Jadinya followernya segitu2 aja hikshiks. Setelah baca tips kaka jadi terpacu tuk lebih giat lagi nih tuk konsen di satu titik. Makasih ya ka, salam tuk Tapis Blogger.

    ReplyDelete
  19. Makasih tips menambah followersnya, ternyata memang harus fokus ya kalau mau follower organik. Siaplah, dan happy milad Tapos Lampung. Sukses selalu ya

    ReplyDelete
  20. Emang harus konsisten upload sesuai niche-nya. Akun ig aku belum dibisniskan hehe

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah acara Milad 2 Tapis Blogger berjalan lancar, thanks Mbk Heni atas supportnya. Enggak nyangka ya Tapis Blogger bisa seperti ini, salut buat semuanya. Alhamdulillah ya Robb.

    ReplyDelete
  22. Ya ampun banyak banget followersnya, keren. Kuncinya berarti fokus satu niche dulu ya Mba Hen. Baru kalau udah banyak, udah oke bisa move ke second akun ya. Wah aku baru tahu juga kalau ngetag, di love yang kita tag bisa masuk ke mereka yang liat kita. PR rapikan IG hehehehe

    ReplyDelete
  23. Hari itu happy banget rasanyaa, ya gimana kan masih speechless kalo aku ikut membersamai kurleb 1,5 tahun Tapis dan acara miladnya terbilang sukses. Yay! Barakallah

    ReplyDelete
  24. Iyaa...aku baru tau pentingnya mengubah IG menjadi IG bisnis.
    Semoga makin makmur setelah follower nambah.

    Happy Birthday, Tapis Blogger.
    Makin sukses dan menebar manfaat yaa...
    Aamiin.

    ReplyDelete
  25. wih, acaranya keren banget ya mba. Tapis Blogger emang kreatif nih. Btw mba kenal sama mba Emmy ga yah aktif juga di Tapis Blogger.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9