Saturday, August 25, 2018

Aneka Kuliner Kekinian dan Komunitas Lampung Meriahkan Festival Kanikan dalam Rangkaian Festival Krakatau 2018


Setiap tahun ada festival yang ditunggu-tunggu warga provinsi Lampung. Festival apa tuh? Ya apalagi dong kalau bukan Festival Krakatau. Masih cukup segar dalam ingatan dua tahun lalu saat malam-malam hunting jajanan di Food Truck Festival sambil menonton film tentang letusan gunung Krakatau tahun 1883. Tahun inipun ada juga food festival tempat kita bisa mencicipi aneka kuliner kekinian di Lampung yaitu Festival Kanikan.



Kenapa diberi nama Festival Kanikan ya? Kanik (bacanya Kani') adalah kata dari bahasa Lampung yang artinya makan. Di festival yang berlokasi di Lampung Elephant Park atau Taman Gajah ini ada 40 tenant kuliner kekinian yang menjual aneka makanan dan minuman yang wajib dicoba.


Festival ini sendiri diselenggarakan oleh GenPI Lampung dan Foodies Lampung. Wah, Lampung memang punya banyak anak muda yang keren dan kreatif, Kakak jadi bangga ha ha.

Baca: 10 Food Truck Meriahkan Jelajah Rasa Lampung Krakatau Festival 2016.


Cara Membeli Makanan dan Minuman di Festival Kanikan

Untuk membeli makanan dan minuman di Festival Kanikan, kita nggak pakai uang cash. Lho jadi pakai apa dong? Pakai GoPay! Pasti punya dooong aplikasi GoJek? Kurang lebih setahun belakangan memang sudah ada GoJek di Bandar Lampung. Saya juga termasuk penggunanya nih dan lumayan rutin mengisi saldo GoPay.


Tapi ribet nggak sih bayar pakai GoPay di Festival Kanikan? Sama sekali nggak ribet kok. Yang penting GoPaynya ada saldonya dan pastikan sinyal internetnya lancar ya. Begini nih cara membeli makanan dan minuman di Festival Kanikan:


1. Isi saldo GoPay sebelum jajan di Festival Kanikan. Di sini juga ada booth tempat kita bisa mengisi saldo GoPay minimal Rp 20.000. 

2. Pilih makanan dan minuman yang ingin dibeli, bayar dulu dengan memindai/scan kode tenant yang tersedia.

3. Masukkan jumlah transaksi lalu bayar. Untuk konfirmasi kita akan diminta memasukkan PIN aplikasi GoJek yang kita miliki.


4. Setelah transaksi pembayaran terkonfirmasi, tunjukkan ke penjual lalu dapatkan jajanan yang kita inginkan.

5. Untuk setiap transaksi kita akan dapat cash back 30% langsung!!!

6. Jangan lupa habis jajan, buang sampah pada tempatnya termasuk di plastik sampah yang disediakan!


Wuih asyik banget ya, cash backnya itu lho! Lumayan banget jadi bisa dipakai buat jajan makanan dan minuman lain hi hi.

Update: Karena GoPay sedang maintenance, khusus hari ini dan besok silakan top up saldo GoPay sesuai info ini ya



Daftar Tenant di Festival Kanikan

Nah sudah tau kan cara jajannya gimana. Sekarang biar nggak bingung mau jajan apa, baca juga nih daftar tenant yang ikut memeriahkan Festival Kanikan ini. Makanan dan minumanya beragam mulai dari nasi bakar, sosis telur, sate seafood, takoyaki, jajanan khas Korea, es krim, Thai tea, seblak, sate taichan, aneka jus, kopi, dan masih banyak lagi. Pilih aja deh ya mau jajan di mana di antara aneka tenant ini:

Baca: Ce Ana, Spesialis Jajanan Pasar, Kue Basah Tradisional, dan Puding.


1. @baksojudeslpg
2. @basoaciganteng
3. @bloo.pink_
4. @bolbi_lampung
5. @burgerpakwolampung
6. @capitall.id
7. @cornerkebablampung01
8. @cupabowl 
9. @dapur.iyam
10. @encim.gendut
11. @esbangpanji
12. @hompizzlampung
13. @indomiebangkodil
14. @jagungmelted
15. @jerukperas_bdl
16. @kedaimalikha_cekermercon
17. @ketupatpadangmamak
18. @kofitaim.lpg
19. @mamikeki_lampung 
20. @masakanrumahkita

Baca: Es Kepal Milo dari Es Kepo Lampung.


21. @matchao.lampung   
22. @mietektekbangyos
23. @satepadang_rajobintang   
24. @nasibakarbucik.an
25. @naynaythaitea   
26. @ngejasngejus
27. @ngiwan_kuy   
28. @orindimsum
29. @otakotakwoku   
30. @sempolayambedjo
31. @sopdurenewok   
32. @sostelngesot
33. @squidicesquad   
34. @sugar_puf
35. @sushi.mart   
36. @taichanbangacit
37. @tahu.gengges   
38. @yamienbasoapung
39. @warunk_upnormal Lampung 
40. Soft Drink

Baca: Jajanan Pasar Mamaloni, Homemade, Fresh Served, and Yummy!


Kumpul Bareng Komunitas di Lampung

Eh selain jajan, di Festival Kanikan ini kita bisa kenalan dan kumpul bareng dengan macam-macam komunitas di Lampung. Jadi dulu Lampung Elephant Park ini berupa lapangan rumput, biasanya untuk tempat main softball dan aneka kegiatan lain seperti pasar malam dan festival musik. Kalau pagi di sekelilingnya banyak jajanan. Yang mau tau seperti apa bisa membaca postingan Sarapan di Lapangan Enggal, Bandar Lampung sembari bernostalgia.


Nah di belakang lapangan tersebut ada tempat yang namanya pasar seni (sekarang masih dalam renovasi) dan di sini ada yang namanya Ruang Renjana tempat macam-macam komunitas berkumpul. Jadi ide mengajak berbagai komunitas tampil di Kanikan Festival ini juga sebagai usaha untuk menghidupkan kembali perkumpulan komunitas tersebut. 

Hmm... Keren ya ide penyelenggaranya. Karena antar komunitas memang harus berkenalan nih, jadi bisa menambah wawasan, networking, dan siapa tau ke depannya bisa saling bekerjasama terutama demi kemajuan provinsi Lampung.


Ada beberapa komunitas yang sudah tampil seperti Komunitas Peduli Gangguan Jiwa Lampung, Bamboo Pringlaras Community, Sahabat Reuni,  Gegoh Gawoh Freestyle Soccer, dan Lampung Street Art.

Oh iya, dari beberapa komunitas yang sudah tampil ini ada yang datang jauh-jauh dari sebuah desa di Pesawaran lho. Mereka adalah Bamboo Pringlaras Community. Keren banget ya, satu desa bisa punya drum band sendiri dan pembiayaannyapun murni dari dana desa. Adik-adik dan teman-teman dari Desa Sindang Garut ini didampingi juga oleh Pak Lurah sekaligus pembinanya yaitu Bapak Casio.


Ceritanya nih warga Desa Sindang Garut sepakat ingin menjadikan drum band sebagai salah satu wadah untuk membina generasi muda di desanya. Biar nggak salah gaul jadi banyak diajak melakukan kegiatan yang positif seperti drum band ini. Uniknya drum bandnya dipadukan dengan alat musik dari bambu.


Selain itu ada juga nih teman-teman saya dari komunitas Tapis Blogger. Ada Mbak Naqiyyah Syam, Latifah, dan Aditya yang mewakili Tapis Blogger mengajak warga Lampung khususnya yang datang ke Festival Kanikan untuk ngeblog.


Baca: Belajar Tips Membangun Personal Branding dan Menulis Konten Kreatif untuk Blogger di Arisan Ilmu KEB.

Lewat blog kita juga bisa mengenalkan potensi pariwisata Lampung lho. Contohnya lewat blog ini (ha ha GR Mbak?). Tau nggak sih, bahagia itu kalau dapet banyak email atau DM yang masuk buat nanyain info seputar Lampung khususnya yang pernah saya tulis di blog ini.

Baca: 7 Hal Seru yang Kamu Lewatkan Karena Nggak Ikutan Tapis Blogger Gathering 2.

Nah buat yang belum sempet datang ke Festival Kanikan ayok dong disempet-sempetin he he. Khusus Sabtu Minggu 25 dan 26 Agustus ini tenant kuliner buka mulai dari jam 10 pagi sampai malam. Masih banyak juga komunitas yang bakal datang dan ikut memeriahkan acara seperti Doodle Art Bandar Lampung, Kompakers Lampung, GenBI, dan Putri Hijab Lampung.


Hari ini saya juga insyaa Allah bakal hunting foto bareng teman-teman Kompakers Lampung yang juga bakal menyapa pengunjung di Festival Kanikan. Siapa tau kamu kena photo candid, eaa hi hi.


Baca: Basic Food Photography Workshop with Sefa Firdaus dan Kompakers Lampung.


Oh iya, ngomong-ngomong soal foto, di Kanikan Festival ini ada juga pameran foto yang bertemakan keindahan alam dan budaya Lampung.



Sampai jumpa di Festival Kanikan di Lampung Elephant Park ya dan jangan lupa tonton Karnaval Budaya dan Pakaian Fantasi (Tapis Karnaval) pada hari Minggu 26 Agustus 2018 jam 1 siang yang juga bagian dari gelaran Festival Krakatau 2018.

Untuk info lebih lanjut, jangan lupa follow akun:
IG @festivalkanikan2018
IG @lampungkrakataufestival.2018

Baca: Mengenal Tradisi Topeng Sekura Lewat Jelajah Semarak Budaya, Lampung Krakatau Festival 2016.




3 comments:

  1. Wah asyiknyaaaa, bisa ketemuan dengan teman-teman blogger di Lampung.

    ReplyDelete
  2. Meriahnya acara festival ini. BTW di Lampung itu ada festival apa lagi ya MB selain ini ?

    ReplyDelete
  3. Hallo mbak Heni (izinkan saya menyapa demikian), maaf jika tidak berkenan. Tentang lampung dan krakatau Still selalu menarik, mengingatkan saya pada liga bogasari 2006 lalu. Bertanding melawan PS krakatau Stil. Tetapi yang PALING menarik dari dari keseluruhan postingan ini adalah bagian 6. Jangan lupa habis jajan, buang sampah pada tempatnya termasuk di plastik sampah yang disediakan!

    termasuk gambar di bawahnya. Ini pesan edukasi luar biasa. Hebat pesan yang ingin disampaikan. Terus berkarya dan semoga sukses mbak. Salam

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29