Belajar Tips Membangun Personal Branding dan Menulis Konten Kreatif untuk Blogger di Arisan Ilmu KEB


Mau nulis topik tentang menyusui ah. Eh tapi topiknya ibu-ibu banget nggak sih? Trus kalau sudah dishare nanti ada yang komen nyinyir nggak ya. Takutnya dibilang topiknya receh banget, begitu aja dishare. Trus SEOnya gimana ya? Trus gimana kalau bla bla bla... Aaah gitu aja terus sampai akhirnya nggak jadi-jadi nulis.



Saya masih sering lho merasakan hal itu. Mau ngeblog, kebanyakan mikir malah nggak jadi nulis. Tambah lagi kalau ngerasa sok nggak punya waktu buat nulis. Kebutuhan menyalurkan sekian puluh ribu katapun jadi nggak terpenuhi dan apa yang terjadi? Bisa-bisa 3 jagoan ganteng mulai dari yang besar sampai yang kecil jadi saksi perubahan mood yang nggak asyik banget #duh.

Di saat-saat seperti inilah kerasa banget pentingnya berkomunitas yang positif. Salah satunya ya komunitas ngeblog terutama untuk para emak-emak. Blogger kaum hawa dari Indonesia pasti tau deh KEB a.k.a Kumpulan Emak Blogger.
KEB adalah salah satu dari dua komunitas yang saya ikuti awal mula belajar ngeblog dengan lebih serius. Jadi pas tau bakal ada Arisan Ilmu KEB yang diadakan di Bandar Lampung, saya langsung daftar dong.

Sejujurnya nih, selain karena topik yang akan dibahas, yang membuat saya datang ke acara ini adalah ingin ketemu dengan Founder dan Co Foundernya KEB yaitu Mak Mira Sahid dan Mak Indah Julianti Sibarani yang akrab disapa Mak Injul.

Eh ternyata di arisan kemarin ada bonus ketemu Mak Sumaerti Saelan. Kaget sekaligus seneng deh Mak Icoel juga datang ke Bandar Lampung.


Sabtu, 28 Juli 2018 jam 13.00 langsung berangkat deh dari rumah ke lokasi yaitu Jamo Coffee and Kitchen di Jalan Jendral Sudirman No. 31 A, Bandar Lampung. Itu lho yang pas banget di sebrang SMPN 23 Bandar Lampung. Saya sebelumnya belum pernah ke sini sih. Ternyata lokasi kafenya ada di lantai 2.

Ternyata di Jamo Coffee and Kitchen ini ada ruangan yang lebih tertutup yang bisa digunakan untuk meeting room. Jadi para emak-emak kece ini arisan di ruangan itu. Meanwhile Rayyaan, Razqa, dan Papanya di sudut lain dari kafe ini.

Meski di lantai 2 tapi ada tempat yang atapnya terbuka lantainya dilapisi rumput imitasi. Jadi anak-anak bisa main sambil ngemil di situ sementara Mamanya menimba ilmu he he.

Inspirasi Tanpa Batas


Beberapa peserta Arisan Ilmu KEB ternyata ada yang baru bahkan belum menjadi member KEB. Memangnya nggak boleh ikut arisannya? Boleh kok. Jadi di awal ada perkenalan singkat tentang KEB oleh Mak Sumarti Saelan.


Komunitas yang didirikan Januari 2012 ini awalnya hanya sebagai wadah bagi blogger-blogger perempuan yang sering berinteraksi. "Si A, si B, si C kok nggak pernah mampir di blog lagi ya? Sudah lama nggak kelihatan komentarnya. Ke mana ya? Ah gimana kalau bikin grup khusus emak-emak bloger aja." Mungkin begitu deh kurang lebih awalnya he he.


Dunia blogging kini makin berkembang. Kalau aktif di grup blogger pasti tau deh ya kalau dulu ngeblog banyak yang buat curhat, semacam online diary deh. Tapi sekarang ngeblog bisa menjadi profesi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Meski begitu KEB tetap berkomitmen untuk menjadi wadah yang nyaman bagi para anggotanya, apapun tujuan ngeblognya. Tentu asal tujuannya positi ya. Maksudnya nih meski ada yang baru belajar ngeblog atau ada yang ngeblog untuk menambah penghasilan, ada yang menulis tentang parenting, traveling, resep, kecantikan, dsb. Semua boleh bergabung dengan KEB, karena dunia perempuan adalah dunia inspirasi tanpa batas.



Jadilah Blogger yang Unik dan Berbeda


Sesi berikutnya adalah tentang menulis konten kreatif yang dibawakan Mak Indah Julianti Sibarani. Kata Mak Indah nih, kalau mau jadi blogger sih mudah. Semua bisa menulis blog tapi konten harus yang kreatif supaya kita nggak jadi blogger biasa biasa aja. Gimana biar bisa jadi blogger yang beda, ada 4 kuncinya nih:


1. Kreatif.
2. Unik.
3. Valuable/bernilai.
4. Inspiratif.

Mak Indah juga memberikan beberapa contoh blogger-blogger yang punya niche blog khusus dan apa yang ditulis di blog mereka memang bermanfaat sekali untuk pembacanya. Wah, jadi semangat nih buat bersih-bersih di blog www.letsplayandlearn.net yang saya buat khusus untuk menulis kegiatan home educationnya anak-anak.


Dalam penulisan blog juga ada tips dari Mak Indah, yaitu:

1. Storytelling atau menulis dengan gaya bercerita.
2. Paragraf jangan terlalu panjang.
3. Informatif.
4. Tambahkan foto dan usahakan gunakan foto milik kita sendiri.

Nah selebihnya nih kita banyak ngobrol-ngobrol tanya jawab dengan Mak Indah. Salah satunya saya nih yang nanya. Saya tipe yang kalau membuat postingan di blog lebih suka gaya story telling. Tapiii, saat dihadapkan dengan SEO kok malah suka mandek ya nulisnya? Jadi kadang malah merasa terbebani dengan rumus-rumus SEO.

Kalau untuk postingan yang jenisnya lomba atau sponsored post kita bisa lebih memperhatikan SEO. Selain dari itu perkuatlah menulis dengan gaya story telling. Karena biasanya nih orang lebih suka membaca sesuatu yang berdasarkan pengalaman.


Lalu bagaimana ya kalau merasa punya banyak ide tapi malah bingung mana yang harus dieksekusi lebih dulu. Kalau Mak Indah punya buku khusus untuk mencatat ide-ide yang muncul di kepala. Meski belum langsung dituang dalam bentuk postingan, yang penting catat dulu idenya supaya tidak lupa.

Lalu tentukan waktu untuk menulis. Misalnya 30 menit di pagi hari. Sedikit demi sedikit bisa kita tambah waktunya. Tapiiiii, kalau sedang menulis jangan buka medsos ya, harus fokus! PR buat yang suka tergoda cek medsos he he (that's me!).

Ingin Dikenal Sebagai Apa di Dunia Maya?


Lanjut ke sesi berikutnya tentang personal branding untuk blogger oleh Mak Mira Sahid. Ini kali kedua saya bertemu Mak Mira di Bandar Lampung. Di awal sesi ini ada pertanyaan dari Mak Mira yang terasa nancep di hati he he:

Ingin dikenal sebagai apa di dunia maya? Dengan cara apa? Mau di bawa ke mana?

Emang kenapa kok terasa nancep di hati? Yah saya akui kalau di medsos itu mesti pintar-pintar menahan jari supaya nggak kebablasan. Pernah membaca status viral di medsos tapi isinya nggak ngenakeun, bikin greget-greget banyak orang? Yang nulis jadi terkenal sih tapi dengan cara yang kurang asyik hu hu.

Jadi pengen intip wall medsos nih. Isinya apa ya, jangan-jangan banyak status yang membawa aura negatif buat yang mbaca he he. Atau jangan-jangan banyak share hoaxnya? Nah kalau dikaitkan dengan branding sebagai blogger, nggak mau dong kalau disebut sebagai blogger penyebar hoax atau yang sering bikin status negatif?


Ya saya sih nggak mau. Apalagi kalau ingin menjadikan ngeblog sebagai profesi. Wah yang mau ngajak kerja sama bisa-bisa ilfil duluan. Karena itu penting menerapkan yang namanya saring sebelum sharing.

Di tengah derasnya informasi yang kita dapat di era internet ini, sering kita tergoda untuk menghakimi. Namun bukan ranah kita untuk menghakimi ini benar dan itu salah. Di sinilah kita bisa belajar menjadi bijak. Tidak menghakimi orang salah dan tidak menganggap diri kita benar.

So bagaimana cara membangun branding personal branding ala Mak Mira Sahid? Simak tipsnya yuk:

1. Jaim

Ternyata jaim itu memang perlu ya. Jaim apa sih? Bisa diartikan kurang lebih menjaga tindak tanduk kita supaya image kita positif baik secara verbal maupun non verbal.

2. Menjaga Citra Diri

Jaman sekarang kita sering mendengar istilah pencitraan. Sebenarnya citra diri itu apa? Citra diri adalah persepsi yang ada di benak orang lain tentang kita. Bedanya sama image itu apa dong? Kalau jaim sifatnya internal, sementara citra diri sifatnya eksternal.

3. Narsis

Narsis nggak harus identik dengan hal negatif lho, yang penting nggak berlebihan. Narsis di sini maksudnya memunculkan diri kita dengan kapasitas yang pas. Mak Mira ada tipsnya supaya bisa narsis dengan pas? Ada dooong.

Yang pertama kita bisa memanfaatkan atribut yaitu benda yang kita pakai sehari-hari. Misalnya nih ada blogger yang identik dengan gaya hijab tertentu kalau upload foto di IG. Selain itu personality dan value juga penting. Dan yang pasti sama nih seperti yang diutarakan Mak Indah, harus punya keunikan!

Banyak banget hal yang diutarakan oleh Mak Mira seputar membangun branding ini. Mak Mira juga menyarankan kita punya second activity, maksudnya yang di luar lingkungan blogger. Teruslah menggali potensi diri, bergabung dengan komunitas lain dan berpikirlah tentang apa yang bisa kita berikan untuk komunitas tersebut.


Saya juga punya pertanyaan untuk Mak Mira. Gimana ya cara membangun branding diri tapi tanpa khawatir akan persepsi orang lain. Karena saat membagikan sesuatu di medsos ntah itu tulisan atau foto, kalau ada yang berkomentar miring jadi baper, tapi kalau ada yang memuji bisa jadi beban.

Ternyata Mak Mira juga pernah merasakan hal serupa. Tapi berusahalah menarik energi yang baik. Kalau niat kita baik apapun yang kita lakukan asal caranya baik, insyaa Allah hasilnya akan baik

Nah kalau dari personal branding sebagai blogger lalu ingin dimanfaatkan ke hal yang lebih jauh lagi, yaitu yang menghasilkan, jangan mengharapkan hasil yang instan ya karena semua butuh proses. Tapi kita bisa pakai rumus SMART: Specific, Measurabel, Achievable, Result Oriented, and Time Specific.

Manfaatkan keunikan diri. Tetap bangga jadi diri sendiri tapi jangan sombong. Temukan kenyamanan baik dalam pertemanan, berkomunitas, dan menulis. Terakhir, fokuslah, lakukan dengan enjoy dan niat baik.



Nggak kerasa tau-tau sudah jam 5 sore aja. Rasanya nggak pengen ngobrol santai tapi berisi di Arisan Ilmu KEB ini berakhir cieeeh. Sebelum acara ditutup, ada bagi-bagi hadiah nih dari KEB dan para sponsor untuk peserta yang aktif bertanya dan mau maju ke depan untuk memberi testimoni tentang acara ini. Yess saya juga dapet hadiah, alhamdulillah.

Sebelum pulang nggak lupa foto-foto dulu dong ya, wajib ini mah. Kelar foto-foto baru deh kerasa perut ini lapar banget hi hi. Makan bareng dulu yuk. Jamo Coffee and Kitchen sudah menyediakan menu makan sore yang enak he he.

Thanks banget untuk Mak Mira Sahid, Mak Indah Julianti Sibarani, dan Mak Sumarti Saelan yang sudah datang ke Bandar Lampung dan berbagi ilmu. Selain itu terima kasih juga nih buat Mbak Roma Pakpahan yang sudah mengorganisir acara keren ini. Semoga bisa ketemu lagi dengan para Emak Blogger kece di kesempatan lain.

4 comments on "Belajar Tips Membangun Personal Branding dan Menulis Konten Kreatif untuk Blogger di Arisan Ilmu KEB"
  1. Wuih lengkap postingannya. Terima kasih ya, dari dirimu juga aku banyak belajar untuk semangat menulisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah main ke Bandar Lampung dan berbagi ilmu ya Mak ^_^

      Delete
  2. Makasih sharingnya mbk heni. Praktekin aahhh

    ReplyDelete
  3. Duh ini ilmu - ilmu yang didapatkan dari arisan KEB ini superb banget yah, mudah2an secepatnya Bandung dapet giliran arisan ilmu lagi nih.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9