Keluarga Multimedia # 8 - Mengedit Foto dengan Adobe Photoshop Lightroom CC di Handphone


Untuk orang tipe visual seperti saya, punya akun instagram itu cocok banget. Karena namanya instagram ya it’s all about foto dan gambar. Apalagi kalau memang hobi fotografi juga, instagram pas banget untuk mengupload hasil jepretan kamera. 



Sebelum diupload ke instagram, biasanya fotonya diedit dulu nggak? Diedit seperlunya. Karena memang nggak dipungkiri ya, pengeditan dengan aplikasi tertentu bisa membuat foto terlihat lebih menarik. Tentunya bukan untuk membohongi. Tapi misalnya nih, saat memotret makanan, bisa jadi karena faktor cahaya atau faktor kamera, warnanya kurang sesuai dengan aslinya. Jadi butuh adanya pengeditan supaya warna terlihat lebih real dan sesuai aslinya.

Baca: Basic Food Photography with Sefa Firdaus dan Kompakers Lampung.


Atau suatu foto diedit supaya terlihat lebih menarik dari segi estetika, supaya lebih indah. Misalnya foto pemandangan, bangunan, atau foto orang, diedit supaya terlihat seperti foto jadul, atau foto hitam putih sesuai selera.


Sekarang banyak aplikasi di handphone yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Snapseed. Tapi di postingan ini saya ingin mengajak teman-teman mencoba aplikasi lain yaitu Adobe Photoshop Lightroom CC.

Baca: 7 Font Kece yang bikin Watermark Fotomu tambah Oke.

Spesifikasi Adobe Photoshop Lightroom CC


Nama: Adobe Photoshop Lightroom CC
Pengembang: Adobe
Rilis: 14 Januari 2015
Versi: 4.0 (Update 15 Oktober 2018)
Ukuran: Bervariasi tergantung handphone yang kita gunakan

Cara Menggunakan Adobe Photoshop Lightroom CC


Sebenarnya bukan mau menulis tutorial karena sayapun masih belajar menggunakan aplikasi ini. Tapi semoga tulisan ini bisa jadi bahan rekomendasi sebelum menginstal aplikasinya. Setelah mengunduh dan memasang Adobe Photoshop Lightroom CC, kita harus mendaftar dulu. Nggak perlu bayar kok. Cukup isi beberapa data seperti nama, email, dan tanggal lahir.


Setelah itu kita bisa menambahkan foto yang ingin diedit ke aplikasi ini. Supaya nggak bingung kita bisa membuat folder kategori foto. Misalnya ada folder foto makanan, pemandangan, dsb. Kita bisa menambahkan foto dari galeri handphone.



Pertama saya mencoba mengedit foto saya dan anak-anak. Dengan aplikasi ini saya mencoba berbagai tone ‘otomatis’ yang sudah disediakan oleh Adobe Lightroom.

Baca: 8 Properti Food Photography yang Bisa Bikin Foto Jadi Tambah Kece.


Intinya sih nggak perlu repot ngotak-ngatik sendiri, kita tinggal memilih filter mana yang ingin kita pakai. Setelah mendapatkan filter yang cocok, jangan lupa simpan foto yang sudah diedit. Btw, foto sereal ini juga saya edit menggunakan Adobe Lightroom.


Setelah itu saya ingin mencoba mengedit foto lain ah, yaitu foto donat. Kali ini saya nggak menggunakan filter otomatis ya. Tapi menggunakan berbagai opsi pengeditan, misalnya Exposure, Contrast, Highlight, dsb.

Baca: Motret Makanan Itu Gampang? Simak Yuk 6 Fakta di Balik Sebuah Foto Makanan.


Nah ini nih perbandingan sebelum dan sesudah diedit.


Review Adobe Photoshop Lightroom CC 


Jadi apakah aplikasi ini layak diunduh dan dipasang di handphone? Banget! Karena bagi saya hasil pengeditan dengan aplikasi ini ternyata bisa lebih kece dibanding Snapseed he he. Untuk mengedit foto makanan, hasilnya lebih ‘halus’. Untuk mengedit foto pribadi (foto saya atau keluarga), cukup banyak filter yang bisa dipakai secara otomatis. Selain itu aplikasi ini juga gratis.

Baca: 3 Tips Sederhana yang Bisa Diterapkan Saat Memotret Makanan.


Dan pastinya lebih praktis dibanding harus mengedit di depan laptop. Jadi kita bisa mengedit foto kapanpun dan di manapun, misalnya sambil menunggu anak di parkiran sekolah he he. Aplikasi ini juga mudah dipakai kok. Kalau terbiasa menggunakan Snapseed ya awalanya memang butuh penyesuaian. Namanya beda aplikasi kan beda fitr dan cara memakaianya. Tapi setelah beberapa kali mencoba kita akan mulai terbiasa.

Download Adobe Photoshop Lightroom CC


Aplikasi ini bisa diunduh untuk handphone kita di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.lrmobile&hl=in


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9