Blogging is My 4E


Belasan tahun lalu tepatnya di bangku kuliah adalah waktu pertama kali saya kenal dengan blog. Saya punya blog di beberapa platform, ada Wordpress, Multiply, Blogger, dan Opera. Dari keempatnya, yang paling saya ingat adalah ngeblog di Opera. Mau tau isi blognya? Mulai dari bahan kuliah sampai sinopsi drama Korea yang sedang booming saat itu: Jewel in the Palace, he he. 


Setelah itu saya vakum ngeblog. Baru saat sudah kerja sekitar tahun 2011 saya membuat blog lagi. Kali ini lebih fokus di platform Blogger. Karena saat itu posisi sedang jadi guru Bahasa Inggris, maka ngeblognyapun banyak pakai Bahasa Inggris.

Saat itu musimnya pakai fitur chatbox di sidebar. Di situ kita bisa meninggalkan pesan kalau kita sudah komen di postingan. Di jaman itu pula musimnya menghias blog pakai kursor-kursor lucu, glitter berjatuhan, sampai background musik. Tapi sejak dulu saya sudah jadi penyuka blog yang tampilannya simpel minimalis he he. 

Blog yang dibuat saat kerjapun nggak bertahan lama ha ha. Saat menikah dan punya anak, lebih banyak mantengin grup-grup medsos seputar tumbuh kembang anak. Baru saat Rayyaan berusia 2 tahun saya membuat blog lagi bahkan sempat beli domain. Tapi trus lupa diperpanjang karena vakum (lagi) tuh ngeblognya. 

Kira-kira 3 tahun lalu berniat mulai serius ngeblog, karena apa? Uang? Branding? Bukan! Karena ternyata saya memang ENJOY ngeblog. Mungkin sudah pernah mendengar kalau perempuan butuh mengeluarkan sekian puluh ribu kata per hari. Kalau lagi capek dan mood nggak enak, penyalurannya bisa-bisa dalam bentuk ngomel-ngomel. Nah daripada saya ngomel, selain ngobrol dengan suami, saya menyalurkannya dalam bentuk tulisan di blog. 


Yang ditulis bukan omelan lho ha ha. Bukan juga masalah yang sedang dihadapi (kalau ini sih bukan untuk dipublish, tapi disimpan sendiri saja meski ditulis). Tapi kalau sudah bisa menulis dan ngepost di blog itu ada rasa lega. 

Apa aja yang ditulis? Ya apa aja yang ingin saya tulislah. Jadi maklum kalau isi blognya gado-gado. Tapi tetap ada beberapa tema yang paling saya minati atau paling sering saya tulis. 

Selain itu saya juga merasa ngeblog itu EASY. Weeeeew sombong. Ih bukan sombong, lha memang kan sekarang ngeblog lebih gampang, bisa pakai handphone. Nggak percaya coba baca tulisan saya yang ini hi hi. 



Sekarang alhamdulillah with the power of medsos bisa tergabung dalam grup-grup blogger salah satunya Blogger Perempuan Network. Banyak banget deh blogger-blogger pro yang sudah jago dan nggak pelit berbagi ilmu ntah di blognya atau di grup. Belajar dari mereka yang sudah ahli membuat aktivitas ngeblog saya meningkat lagi ke E yang ketiga yaitu EXCELLENT. 

Kalau dulu nggak ada gambaran sama sekali bisa mendapat penghasilan dari blog. Saya taunya cuma blogger-blogger Adsense aja yang bisa. Sementara untuk yang satu ini saya belum merasa easy hihihi. Tapi ternyata ada cara lain mendapatkan penghasilan dari blog seperti menulis review produk dan postingan dengan tema tertentu. 

Beneran nggak nyangka lho sampai pernah dapat fee yang totalnya lebih dari gaji saat bekerja dulu. Alhamdulillah dari hobi ngeblog bisa dapat E yang keempat yaitu EARNING

Lalu apakah saya baru mau ngeblog kalau ada embel-embel uang? Ya nggak dong. Karena yang paling utama tetap ingin tulisan saya di blog bisa bermanfaat bagi diri sendiri (sebagai terapi) dan untuk orang lain (untuk berbagi). 

Namun alhamdulillah kalau meminjam istilah 4Enya konsep Talents Mapping, kegiatan yang disukai (ENJOY), mampu diselesaikan (EASY), dilakukan berulang-ulang, sepenuh hati, dan disertai proses belajar dari ahli di bidang tersebut, pada akhirnya hal yang kita sukai tersebut bisa mendatangkan hasil (EARN). 

Bagi saya, salah satu kegiatan yang menjadi 4Enya saya adalah ngeblog. Kalau teman-teman, aktivitas apa yang jadi 4Enya?
1 comment on "Blogging is My 4E"
  1. Tanpa ada embel2 uang pun aku semangat ngeblognya mbak, puji Tuhan semesta mencatat dan uangpun mengikutinya, jadi semangat ngeblognya hahaa

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9