Monday, March 6, 2017

Cara Membuat Blog lewat Smartphone

Cara Membuat Blog lewat Smartphone
Pic: Pixabay.com

Beberapa kali teman-teman saya di luar komunitas blogger minta diajarkan cara membuat blog. Saya sih oke-oke saja. Tapi ternyata belum berjodoh alias belum teralisasi juga rencana membuat blog bareng. Peralatan memang salah satu hal yang jadi kendala juga. Beberapa teman harus berbagi laptop dengan anak ataupun suami. Tak dipungkiri juga, bagi ibu-ibu kadang repot juga kalau harus membawa-bawa laptop. 

Tiba-tiba muncul ide untuk membuat grup WA dengan tema Blogging for Beginner. Teman-teman yang mau belajar membuat blog boleh ikut. Status ajakanpun saya tulis di Facebook dan dua grup komunitas ibu-ibu di Lampung. Alhamdulillah ternyata cukup banyak peminatnya. Tujuan utamanya adalah sama-sama praktik langsung membuat blog. Waktu belajarnya jam 20.00-22.00 WIB dengan harapan anak-anak sudah tidur he he. Membuat blognyapun tidak lewat laptop melainkan lewat smartphone. Memangnya bisa ya?


Bisa dong. Tapi ada beberapa hal yang diperlukan, yaitu:
1. Alamat di gmail.com karena yang akan dipraktikkan adalah membuat blog dengan platform blogspot.
2. Tulisan sepanjang 100-200 kata yang terdiri atas 2-3 paragraf yang diketik pada aplikasi note di smartphone masing-masing.
3. Gambar yang menunjuang atau sesuai dengan tulisan.
4. Koneksi internet yang lancar (saya menggunakan XL).

Lalu bagaimana langkah-langkah membuat blog lewat smartphone? Saya bagikan juga di sini deh supaya teman-teman saya juga bisa mengingat kembali langkah-langkahnya saat akan membuat blog baru:

1. Ketik www.blogger.com pada address bar browser smartphone kita (sebaiknya gunakan browser Google Chrome).  Klik Buat Blog.


2. Login menggunakan akun gmail kita.


3. Klik 'Buat profil Blogger terbatas'.


4. Isi 'Nama Tampilan' dengan nama kita, lalu klik 'Lanjutkan ke Blogger'.


5. Klik 'Buat Blog Baru'.


6. Isi 'Judul' dan 'Alamat'.


7. Jika muncul tulisan seperti ini 'Maaf alamat blog ini tidak tersedia' artinya alamat bog yang kita pilih sudah ada yang menggunakan jadi silakan pilih nama lain.


8. Jika muncul tulisan 'Alamat blog tersedia' artinya alamat tersebut bisa kita gunakan, lanjutkan dengan klik tulisan 'Buat blog!.


9. Inilah tampilan dasbor blog kita.


10, Buka alamat blog kita di tab baru dan inilah tampilan versi mobilenya. 


Selamat! Blog barunya sudah jadi. Ternyata tidak sulit ya membuat blog baru dengan browser smartphone kita. Saat mengisi materi serta memandu teman-teman di grup WA sebenarnya saya agak deg-degan karena malam itu lingkungan rumah saya terkena pemadaman bergilir. Saya khawatir sinyal plus koneksi internet lambat atau bahkan hilang saat listrik padam. Syukurlah koneksi internet XL tetap stabil jadi tetap lancar berbagi materi di grup WA.

Tidak hanya itu, koneksi internet XLpun lancar digunakan untuk mengupload foto di blog atau video di youtube. Memang postingan di blog bisa ditambahkan video? Bisa dong. Menonton video dengan koneksi internet XL juga lancar dan jarang buffering. Oh iya, postingan ini bersambung ya. Setelah blognya dibuat kan harus diisi dengan tulisan. Bagaimana cara membuat postingan di blog lewat smartphone? Nantikan postingan selanjutnya ya!

22 comments:

  1. Asyiiik Tanty bisa daftar nih via grup WA.suksew selalu yaa mb😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih Mbak Tanty mah sudah level advanced hehe

      Delete
  2. waa ini.. tutorial basic yang bermanfaat.. sebarkan virus ngeblog!

    ReplyDelete
  3. Whuaaa..hari gini makin dipermudah dengan smartphone pun bisa buat blog dengan lancar ya, so pasti karena koneksi jos, asiik tuh!

    ReplyDelete
  4. Iya banget ya, kalau jaringan internet lancar, blogger yg sudah punya blog pun bisa buat Blog baru lagi kan bisa dibuat dengan tema bahasan yang beda

    ReplyDelete
  5. Ngeblog jd praktis dan lancar ya Mba, cukup dari smartphone saja :)

    ReplyDelete
  6. Ternyata gampang ya bikin dari smartphone asalkan jaringan internet lancar tentunya, tapi saya kl posting pake hape blm pernah, pegel wkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ketik di note dulu baru copas ke browser mbak hi hi

      Delete
  7. Nah, ini nih .. praktis ...
    Tidak alasan untuk tidak punya blog ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MBak. Krn ada temen2 yang pengen punya blog tapi nggak punya laptop sendiri.

      Delete
  8. aku gak puas kalau gak liat layar yang gedhe, tapi boleh nih nanti aku saranin ke temen biar bisa ngeblog pakai smarpthone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga agak laptop minded he he, tapi kalau nulis2 draft sekarang lumayan sering di HP

      Delete
  9. Ngeblog jadi asyiiik .. ga perlu selalu di depan kompi or lappy ya ternyata

    ReplyDelete
  10. Wah keren nih mba Henny, kepikiran aja. Untuk membuatnya memang bisa lewat hape, ngeposting juga bsa. Tapi untuk urusan mendandani tampilan hrs tetap pake laptop/pc menurut aku. But good thought!

    ReplyDelete
  11. Bagus banget infonya, izin menerapkan juga ya

    ReplyDelete
  12. Tutorial seperti ini yang lagi saya cari, ada teman yang minta diajari tapi saya sendiri kadang bingung cara pengoperasiannya, maklum biasa pakai WP

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29