Keluarga Multimedia #1: Review Aplikasi iPusnas


Akhirnya sampai juga di level terakhir Kuliah Bunda Sayang. Alhamdulillah juga di level-level sebelumnya berhasil menyelesaikan tantangan dan mendapatkan badge meski sebagian besar dapatnya badge dasar he he. Di level 12 ini temanya cukup ‘guwe banget’ yaitu seputar multimedia. Tantangannya adalah mereview aplikasi yang mendukung produktivitas sebagai seorang ibu profesional. 


Hmm sebenarnya buat saya sih nggak cukup satu hari untuk mengulas sebuah aplikasi. Tapi saya coba deh yaaa. Sekalian untuk menambah postingan dengan kategori aplikasi dan teknologi di blog ini. Aplikasi pertama saya review adalah aplikasi iPusnas.


Di Google Play aplikasi ini masuk dalam kategori Buku & Referensi. Kenapa memilih aplikasi ini? Karena saya merasa butuh bacaan yang lebih bervariasi. Sejak punya anak kalau ke toko buku yang dibeli kebanyakan ya buku cerita anak atau buku parenting, jadi jarang membeli atau membaca buku dengan tema lain. Semacam butuh ‘me time’ juga untuk membaca buku jenis lain.


Kalau budget untuk membeli buku lebih prioritas untuk membeli buku anak, maka solusi supaya bisa membaca buku jenis lain adalah meminjam di perpustakaan. Kalau nggak sempat ke perpustakaan? Makanya saya mengunduh dan memasang aplikasi iPusnas ini di smartphone.



Spesifikasi Aplikasi iPusnas

Nama: iPusnas
Pengembang: Perpustakaan Nasional RI & Aksamaraya
Rilis: 14 Agustus 2016
Ukuran: 22 MB
Fitur:
a. Koleksi buku untuk menjelajahi ribuan ebook koleksi iPusnas.
b. ePustaka untuk bergabung menjadi anggota berbagai perpustakaan digital.
c. Feed untuk melihat informasi buku terbaru hingga buku yang dipinjam anggota lain.
d. Rak buku virtual untuk menyimpan riwayat peminjaman buku.
e. eReader untuk membaca ebook yang dipinjam.


Kategori Buku

iPusnas menawarkan beragam kategori buku, misalnya buku agama, biografi, bisnis, buku sekolah, fiksi, filsafat, fotografi, hukum, kamus, kesehatan, novel, pendidikan anak, sastra dan budaya, hingga tips dan trik. Beberapa kategori memang bukan favorit saya, tapi nggak ada salahnya mencoba membaca jenis buku di luar genre favorit. Dengan adanya aplikasi iPusnas ini jadi bebas memilih jenis buku apa yang ingin dibaca.


Cara Meminjam

Sebagai contoh saya ingin meminjam buku dari kategori fotografi. Wuih banyak lho pilihannya. Coba deh saya pilih buku berjudul ‘Food Photograpy Made Easy’ dari Empat Rana ini. Di bawah cover ada keterangan tentang buku termasuk sinopsisnya. Ada juga info jumlah salinan dan ukuran filenya. Jadi pastikan smartphone kita punya ruang yang cukup untuk mengunduh file bukunya. Sekarang kita pinjam yuk!


Setelah memencet tombol ‘Pinjam’ ada dua opsi yang muncul, ingin meminjam dari ePustaka ‘Popular’ atau ‘eKATALOG’. Nggak ada keterangan apa bedanya dua ePustaka ini. Tapi lihat deh, kalau di eKATALOG tertulis stok buku habis. Yang artinya semua salinan buku sedang dipinjam. Di ePustaka Popular masih ada 10 salinan, pinjam dari sini aja deh. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi peminjaman. Tunggu hingga salinan buku selesai diunduh.






Oh iya, bagi pengguna baru biasanya akan diminta mendaftar dulu sebelum bisa meminjam bukunya. Tenang saja, caranya mudah kok hanya butuh data standar seperti email. Sekarang coba buka Rak Buku kita, nah di sini sudah ada ebook yang kita pinjam. Klik cover buku yang ingin kita baca. Lalu bagaimana kalau kita sedang tidak online? Wah ternyata buku-buku yang ada di rak buku virtual kita bisa dibaca secara offline. Asyiknya.


Soal batas waktu atau jumlah maksimal peminjaman jujur saja nih saya belum menemukan infonya di aplikasi ini he he. Tapi sebaiknya sih pinjam buku dengan bijak ya. Jangan terlalu banyak kalau belum ada waktu untuk membacanya. Untuk pertama kali saya coba meminjam dua buku dengan tema fotografi saja.

Selesai membaca, buku tersebut juga harus dikembalikan. Karena bisa jadi ada anggota lain yang sedang antri untuk meminjam salinannya. Lebih bagus lagi kalau kita menuliskan review tentang bukunya. Menulis review juga sebaiknya dengan bijak dan santunnya. Saya miris kalau membaca sebagian review aplikasi yang ditulis pengguna di Google Play, nggak cocok sedikit langsung keluar review dalam kata-kata kasar. Jangan ditiru deh.


Review Aplikasi

Aplikasi ini so pasti recommended banget. Daripada mengunduh ebook bajakan lebih baik membaca ebook resmi di iPusnas. Aslinya memang saya lebih suka membaca buku dalam bentuk cetak. Tapi nggak dipungkiri ebook ini bisa jadi solusi hemat kertas dan praktis dibawa-bawa. Apalagi di iPusnas ada banyak kategori buku yang bisa dibaca. Bisa jadi kan ya punya buku incaran tapi mau beli eh nggak ada di toko buku. Atau bisa jadi setelah baca ebooknya, jadi pengen beli versi cetaknya juga. Kekurangannya mungkin sesekali tiba-tiba aplikasi iPusnas ini macet dan nggak bisa dibuka.  Kalau terjadi yang seperti ini, diamkan dulu dan coba buka lagi aplikasinya setelah beberapa saat.


Download Aplikasi iPusnas

Sudah nggak sabar mau membaca ebook koleksi iPusnas? Unduh dulu aplikasinya di Google Play ya: https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ipusnas&hl=in 


2 comments on "Keluarga Multimedia #1: Review Aplikasi iPusnas"
  1. Wah reviewnya manfat banget mbk. Membuka mataku yang selama ini lebih memilih buku kertas, padahal bentuk yang canggih ini bisa jadi solusi hemat.

    ReplyDelete
  2. Mantap banget ni bisa pinjam buku secara ebook di iPusnas, solusi buat sy krn udh jarang beli buku, makasi ya mba atas reviewnya 😉

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9