Tuesday, November 22, 2016

Cara Menambahkan Gadget (Fitur) pada Blogspot

Cara Menambahkan Gadget pada Blogspot
Credit pic: Freepik.com

Lanjut lagi yuk otak-atik blognya. Di dua postingan sebelumnya kita sudah mencoba Cara Membuat Postingan di Blogger.com untuk Pemula dan Cara Membuat Postingan di Blogspot (Blogger.com) sekarang kita coba Cara Menambahkan Gadget (Fitur) pada Blogspot ya. Oh iya, tampilan dashboard di Blogger sekarang sudah berubah. Tapi tidak usah khawatir, cara membuat blog dan postingan barunya sih tetap sama, hanya tampilannya dashboardnya saja yang jadi seperti ini (lihat gambar di bawah).


Ngomong-ngomong gadget itu apa sih? Kurang lebih si artinya fitur tambahan yang bisa dipasang pada blog kita. Biasanya dipasang di sidebar (di samping). Kali ini akan saya share cara menambahkan beberapa gadget yang biasanya banyak dipasang para blogger di sidebarnya.

1. Pertama buka Blogger.com, nah terlihat ya sekarang tampilan dashboardnya bagaimana. Kalau punya blog lebih dari satu, tinggal klik tanda segitiga kecil di sisi kiri atas untuk memilih dashboard blog mana yang ingin dibuka. Nah saya ingin membuka dashboard blog baru saya yang berjudul Rak Buku Anak.


2. Nah ini tampilan baru dashboardnya, tapi isi tetap sama (Pos, Statistik, Komentar, dsb).


3. Klik Tata Letak. Biasanya sudah ada dua jenis gadget di sidebar yaitu About Me dan Blog Archive


4. Klik gadget About Me, kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini, pilih Hapus. Lho kok dihapus? Iya soalnya di postingan selanjutnya saya akan sharing cara menambahkan About Me versi lain, yang lebih bagus gitu lho he he.


5. Setelah itu kita intip dulu yuk Blog Archivenya, ayo diklik. Nah ini nih kotak dialog yang akan muncul. Kita bisa memilih Gaya, Pilihan, Frekuensi, sampai Format Tanggal untuk tampilan asrip blognya.


6. Kemudian ayo kita mulai menambahkan gadget lainnya. Klik Tambahkan Gadget dan akan muncul kotak dialog seperti ini, berisi macam-macam gadget (fitur) yang bisa ditambahkan ke blog.


7. Yang pertama ingin saya tambahkan adalah Label, kita bisa mengubah nama/Judulnya menjadi Kategori. Setelah itu klik Simpan.


8. Klik Tambahkan Gadget lagi, lali pilih Statistik. Fungsinya adalah untuk menunjukkan total jumlah visitor atau pengunjung blog kita.


9. Gadget selanjutnya adalah Penelusuran Blog. Fungsinya apa? Misalnya nih kita punya blog resep dan ada yang ingin mencari resep tertentu di blog kita, pengunjung bisa memanfaatkan Kotak Penelusuran ini. Judulnya juga bisa kita ubah ya.


10. Gadget lain yang biasanya saya tambahkan adalah Pengikut Google+.


11. Selain itu saya juga menambahkan Pengikut Blog



12. Oh iya jangan lupa tambahkan juga Entri Populer alias postingan yang paling banyak dibaca.


13. Setelah selesai menambahkan beberapa gadget, kita juga bisa mengatur letak/posisinya lho. Caranya dengan klik, tahan, lalu geser posisi gadget yang ingin dipindahkan letaknya.


14. Contoh pengaturan posisi gadgetnya.


15. Nah sekarang coba dilihat tampilan blognya. Sudah muncul kan gadgetnya di sidebar.


Sampai jumpa lagi di postingan otak-atik Blogspot berikutnya ya insyaa Allah.

1 comment:

  1. Ihiy, lengkap nih infonyaaaa. Jadi lengkap deh mak fitur-fitur di sidebarnya yaaa.. Makasi sharingnya maaaaak :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29