Monday, November 21, 2016

Cara Membuat Postingan di Blogspot (Blogger.com)

Cara Membuat Postingan di Blogspot (Blogger.com)
Credit pic: Freepik.com

Setelah sebelumnya kita sama-sama membuat blog baru (baca Cara Membuat Blog di Blogger.com untuk Pemula) selanjutnya kita isi blognya yuk! Dengan apa? Ya dengan tulisan kita dong he he. Sebagai contoh kalau blog saya di www.henipuspita.net ini isinya campur-campur segala topik, blog www.letsplayandlearn.net untuk cerita kegiatan anak, www.dapurimut.com untuk resep-resep yang sudah saya coba, terakhir www.rakbukuanakanak.blogspot.co.id untuk sharing tentang buku-buku yang saya belikan untuk Rayyaan.


Lho kok itu alamat blognya ada yang pakai .net, .com, dan ada yang blogspot.co.id? Kalau yang pakai .net dan .com itu artinya saya sudah memakai (membeli) domain sendiri untuk blog saya. Blognya sih tetap di Blogger.com hanya saja alamatnya sudah dialihkan ke domain baru/TLD (top level domain). Kapan-kapan kita bahas lebih lanjut ya sekalian tutorial membeli dan mengubah domainnya.  Sekarang kembali ke Cara Membuat Postingan di Blogspot (Blogger.com).

1. Pertama kita masuk ke dashboard blog kita dulu ya, buka Blogger.com dan pilih blog yang akan kita tambahkan entri baru atau postingan (tulisan) baru. Selanjutnya klik Entri baru.


2. Kemudian buat tulisan baru di tempat yang tersedia. Saran saya nih untuk menghemat kuota internet, sebelumnya buat dulu draft tulisan di Ms. Word atau di Notepad, kemudian bisa di copy paste di kolom untuk menulis postingan. 


3. Kalau kita cek di bagian kanan, ada Label yang harus diisi sesuai isi postingan. Sebagai contoh, kalau menulis tentang Resep Tumis Ayam Krispi Nanas, kita bisa memberi label "resep, ayam, nanas, lauk". Kita bisa menulis lebih dari satu label asal dipisahkan dengan tanda koma. Yang penting labelnya nyambung dengan isi tulisan ya.

Lalu di bagian Jadwal kita bisa memilih Otomatis yang artinya saat kita menyimpan dan mempublikasikan tulisan kita, tanggal dan yang tertera adalah tanggal saat itu juga. Kalau memilih Setel tanggal dan waktu kita bisa memilih tanggal sebelum hari ini atau memilih tanggal sesudah hari ini. Kalau memilih sesudah artinya kita membuat postingan terjadwal. Jadi bisa saja kita sudah membuat beberapa postingan, namun publikasinya kita atur untuk tanggal-tanggal selanjutnya. 


4. Di opsi Link saya sekarang lebih sering memilih Tautan Permanen Khusus. Kenapa? Karena terkadang antara judul dan link postingan kurang sesuai (link postingan lebih pendek daripada judul tulisan). 

Tulisan saya yang berjudul "Bismilahirrahmanirrahim, Punya Blog Baru Nih. URL/link aslinya hanya http://rakbukuanak.blogspot.com/2016/11/bismilahirrahmanirrahim-punya-blog.html

Tapi dengan memilih Tautan Permanen Khusus saya bisa menambahkan kata-kata dalam URL/linknya menjadi http://rakbukuanakanak.blogspot.co.id/2016/11/bismilahirrahmanirrahim-punya-blog-baru-nih.html 

Khusus topik ini sudah pernah saya buat postingannya di Cara Mengganti Alamat Postingan/URL di Blogspot.



5. Tulisan di blog tanpa gambar itu ibarat sayur tanpa garam, gudeg tanpa sambel krecek hi hi hi. Jadi gambar harus ada dong ya, minimal satu deh. Nulis resep harus ada gambar hasil jadinya, nulis tentang buku ya harus ada gambar bukunya, nulis tentang tempat wisata? Wah apalagi yang satu ini, wajib ada dooong! 

Jadi silakan klik Insert image lalu upload gambar atau foto yang ingin kita tambahkan.


6. Setelah mengupload gambar, pilih mana yang akan kita sisipkan.



7. Kesukaan saya adalah mengupload gambar seperti ini (yang ada tulisan judul postingannya) di awal postingan. Lalu di tengah-tengah postingan saya upload lagi gambar lain. Kita juga bisa mengatur ukuran gambarnya: Small - Medium - Large - Extra Large - Original size.


8. Setelah menyisipkan gambar, saya lalu menggunakan fitur Insert jump break (iconnya yang ada di sebelah gambar wajah bulat tersenyum. Biasanya saya sisipkan setelah paragraf pertama. Fungsinya apa sih? Supaya di halaman utama, yang muncul hanya paragraf pertama atau semacam cuplikan saja dari tulisan-tulisan yang ada di blog. Jadi halaman utama tidak terlihat penuh.


9. Selanjutnya klik Publikasikan dan jadi deh postingan baru kita.


10. Contoh tampilan blog yang sudah memiliki 2 buah postingan. Lihat deh karena saya menggunakan Insert jump break jadi halaman utama tidak penuh dengan postingan full, yang muncul hanya paragraf pertama saja. 

Selanjutnya orang yang mampir ke blog bisa klik Read more untuk membaca lanjutan tulisannya. 


Nah itu dia Cara Membuat Postingan di Blogspot (Blogger.com), tunggu postingan lainnya ya seputar membuat blog di Blospot. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29