Sunday, November 20, 2016

Cara Membuat Blog di Blogger.com untuk Pemula

Cara Membuat Blog di Blogger.com untuk Pemula
Credit pic: Freepik.com

Hai hai! Mumpung saya baru membuat blog baru, sekalian saya ingin membuat postingan tentang Cara Membuat Blog di Blogger.com untuk Pemula. Beberapa teman pernah minta diajarkan membuat blog. Ya saya sih ayok aja, mumpung belum lahiran he he. Tapi ternyata masih ada kendala mengatur waktu untuk ketemuan plus membawa perangkat yang diperlukan untuk ngeblog alias laptop. Soalnya bagi saya untuk membuat blog baru lebih mudah kalau menggunakan laptop. Nah sementara masih belum bisa ngumpul dengan menu khusus untuk membuat blog, saya tulis panduannya saja ya. Semoga bisa bermanfaat.


1. Pertama kita harus mempunyai akun Google dulu. Bagaimana caranya? Mudah, bikin saja email di gmail.com, selanjutnya tinggal login ke Blogger.com dengan menggunakan email dan password kita.


2. Selanjutnya kita diminta untuk membuat dan mengkonfirmasikan profil Google+ kita. Kemudian tinggal klik Lanjutkan ke Blogger.


3. Nah sekarang klik Blog Baru.


4. Akan muncul kotak dialog seperti ini. Tinggal diisi deh sesuai tema blog yang kita inginkan. Mau membuat blog dengan tema apa? Masak-memasak? Buku? Jalan-jalan? 


5. Sebagai contoh, saya ingin membuat blog tentang buku anak. Jadi saya tulis Rak Buku Anak sebagai Judul Blog dan rakbukuanakanak untuk alamatnya. Khusus untuk alamat blog, bisa jadi alamat yang kita pilih sudah diambil orang terlebih dulu ya. 

Awalnya saya menulis rakbukuanak tapi ternyata sudah tidak tersedia alias sudah ada yang lebih dulu menggunakan alamat blog itu, jadi kemudian saya ubah menjadi rakbukuanakanak

Apapun alamat yang dipilih, saran saya sih jangan nama yang alay ya he he, jangan juga memilih menambahkan angka seperti rakbukuanak01, lebih baik coba kreasikan nama yang sesuai dengan tema blog kita. 

Selanjutnya jangan lupa klik Buat blog!


6. Nah ini dia tampilan di dashboard Blogger kita. Selanjutnya kita otak-atik pengaturannya dulu yuk.




7. Di bagian Setelan - Dasar, kita bisa menambahkan deskripsi blog yaitu penjelasan singkat (maksimal 500 kata) tentang blog kita, lalu klik Simpan perubahan.


8. Di bagian Setelan - Pos, komentar, dan berbagi, pilih berapa jumlah postingan yang ingin kita tampilkan di halaman utama, misalnya 10 postingan.

Lalu di opsi Siapa yang dapat mengomentari kita bisa memilih siapa yang bisa memberikan komentar di postingan kita. Saya biasanya memilih Semua Orang namun untuk Moderasi saya pilih Selalu. Artinya saya bisa menyortir di antara komentar yang masuk, mana yang ingin saya tampilkan dan mana yang tidak. 

Apa tujuannya? Misalnya saja nih, ada yang berkomentar tidak nyambung dengan isi postingan dan malah sambil promosi situs judi online (kadang ada yang nyasar begitu lho), ya jelas saya tolaklah komentarnya he he. 

Nah setiap melakukan perubahan setelan, jangan lupa untuk klik Simpan setelan di pojok kanan atas ya (di gambar ini tidak terlihat).


9. Langka berikutnya adalah mengatur Bahasa dan permformatan, saya pilih Bahasa Inggris (Amerika Serikat) - boleh pilih Bahasa Indonesia juga ya, kemudian saya atur waktunya sesuai zona waktu Indonesia Bagian Barat yaitu GMT + 07:00 Jakarta. Selanjutnya jangan lupa klik Simpan setelan di pojok kanan atas.


10. Nah sekarang coba ketik alamat blog yang tadi kita pilih, contohnya blog baru saya alamatnya adalah www.rakbukuanakanak.blogspot.co.id, mengetiknya di tab baru di browser kita ya. Taraaaaaaa... Sudah jadi deh blog barunya.

Itu dia Cara membuat Blog di Blogger.com untuk Pemula. Lalu bagaimana cara menulis postingan dan mengotak-atik tampilannya? Tunggu postingan selanjutnya yaaaa!!!

4 comments:

  1. Dulu awalnya saya juga mau ngeblog pake blogspot, tapi kok kayak nggak terlalu ngerti, akhirnya pindah wordpress aja, haha.#Emakgaptek
    Nice info Mba', salam kenal.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu pakai WP Mak. Punya blog resep juga di WP. Tapi trus beralih ke blogspot semua deh. Mikirnya si cuma beli domainnya lebih murah hi hi hi.

      Delete
  2. Mantap deh tutorialnya keren banget, aku share ya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29