Thursday, June 18, 2015

Aktivitas dengan Klip Kertas

Aktivitas dengan Klip Kertas.

Tiba-tiba pengen buat semacam busy book untuk Rayyaan. Maksudnya sekalian supaya kegiatan apa saja yang sudah Rayyaan lakukan di pre homeschool abal-abalnya terdokumentasikan. Selain itu supaya printilan-printilan bahannya bisa tersimpan rapi. Saya agak kurang telaten soal beginian he he.



Jadi saya pergi ke toko alat tulis terdekat dan membeli sebuah map. Ntah apa namanya, pokoknya sering dipakai menyimpan dokumen di kantor-kantor. Saat mengajar dulu, map macam ini digunakan untuk menyimpan bahan ajar per level di lembaga tempat saya mengajar. Selain itu saya juga membeli lem baru dan beberapa kertas yang agak tebal supaya tidak mudah robek.

Baca: Ruang Baca Anak Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung.

Dan yang jadi penghuni pertama Rayyaan's Busy Book ini adalah: Aktivitas dengan Klip Kertas. Yang dibutuhkan adalah kertas origami dan klip kertas warna-warni. Pilih kertas dan klip kertas dengan warna yang sama. Potong kertas jadi 4 bagian, lalu lipat dua kali sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Setelah itu, rekatkan atau lem kertasnya. Memainkannya  bagaimana? Saya ajak Rayyaan menyisipkan kertasnya ke klipnya (yang sesuai warna). Supaya lebih mudah, klip kertasnya saya renggangkan sedikit. Kertasnya juga masih saya bantu pegangi. Tapi Rayyaan sempat mencoba sendiri memegang kertas dan klipnya, lalu kertasnya disisipkan ke klip.


Kegiatan ini bisa melatih motorik halus Rayyaan. Dan meski ia sudah bisa mengenali dan menyebutkan warna, tapi warna-warna kertas dan klipnya tetap saya sebutkan. Misalnya saat saya minta ia mengelompokkan kertasnya berdasarkan warna. Hitung-hitung melatih Rayyaan untuk mau mengikuti instruksi hi hi. Soalnya tentang hal yang begini, anaknya masih suka cuek abis. Doakan ya semoga saya bisa konsisten mengisi Rayyaan's Busy Book ini.

Baca: Proyek Sains - Erupsi Warna-Warni.

2 comments:

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29