Tuesday, June 16, 2015

Klappertaart dan Pizzanya Dapur Aisyah Lampung

Klappertaart dan Pizzanya Dapur Aisyah Lampung.

Kumpul-kumpul terus latihan masak bareng tuh seru deeeeh. Selain senang karena ketemu (mostly) bu-ibu lainnya yang hobi masak (atau belajar masak seperti saya hi hi), senang juga karena dapat ilmu baru dan pulangnya bawa hasil masakannya. Di Lampung ada nih grup masak-memasak yang namanya Dapur Aisyah Lampung. Biasanya para membernya rutin sebulan sekali kumpul-kumpul dan eksekusi resep yang sudah disepakati.


Kumpul-kumpulnya di mana? Di rumah salah satu member yang bersedia rumahnya diserbu dari depan sampai belakang hi hi. Di bagian teras biasanya jadi tempatnya para bapak yang nganterin dan setia menunggu sampai masak-masaknya selesai. Di halaman jadi wilayahnya anak-anak yang bermain. Di ruang makan plus dapur itu bagiannya ibu-ibu yang praktik suatu resep bersama-sama. 


Lalu soal cemilan dan makan siangnya gimana? Ditanggung tuan rumahkah? He he wah ya kasianlah. Untuk urusan ini, diterapkan sistem pot luck. Jadi ada yang bawa sayur, lauk, kerupuk, sambal, minuman, cemilan, dan buah. Untuk bahan juga ada iurannya. Jadi berapa yang dihabiskan untuk belanja bahan, akan dibagi sesuai dengan jumlah member yang hadir. Selainitu mulai awal tahun ini juga ada uang kasnya. Tujuannya untuk keperluan semisal akan menjenguk anggota yang sakit atau melahirkan. Kelar acara para anggota bantu beres-beres, jadi nggak terlalu memberatkan tuan rumah.

Baca: Resep Kue Lumpur Keju.


Bulan ini latihan barengnya diadakan pada Minggu, 14 Juni lalu di kediamannya Ummu Azhari (makasi ya Umm) dan resep yang dipraktikkan adalah Klappertaart dan Pizza, yaaaay! Awalnya diam-diam saya merasa 'tersindir' hi hi, jangan-jangan ada yang tau meski saya pernah tinggal di Manado tapi belum bisa buat klappertaart he he (GR). Tapi ternyata yaaa, Papanya Rayyaan Alhamdulillah dimutasi ke mari jadi kalau kangen klappertaart Manado, saya bisa buat sendiri. Oh iya, di latbar kali ini juga ada yang beda. Menyambut Ramadan, para anggota Dapur Aisyah Lampung tukar-menukar kado antar anggotanya. Wah jadi tambah seru deh. Sekarang simak resep yang dipraktikkan yuk!

Baca: Resep Cripsy Onion Rings Gurih yang Bikin Nagih.

Klappertart Wilton


Bahan:

1000 cc susu cair full cream.
250 gram gula pasir.
50 gram tepung terigu.
50 gram tepung custard.
50 gram maizena.
150 gram mentega atau margarin.
6 butir kuning telur.
2 buah kelapa muda, kerok isinya saja, hati-hati jangan terbawa bagian kulit yang keras.
100 gram kenari panggang cincang. 

Topping:

6 butir putih telur.
4 sdm gula pasir.
2 sdm tepung terigu.
Kismis direndam air hangat, peras.

Baca: Resep Tteokbokki (Korean Spicy Rice Cake).

Cara membuat:

1. Didihkan 800 cc susu dan gula pasir.
2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc susu cair.
3. Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup masukkan kuning telur, mentega, aduk rata, angkat.
4. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata.
5. Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi.
6. Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.
7. Sambil menunggu, siapkan adonan topping: kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku.
8. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula.
9. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kenari (bisa diberi taburan kayu manis, tapi kami skip karena takut ada yang tidak suka).
10. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan (kemarin saat latbar ditopping langsung sebelum dipanggang).

Catatan: saat memanggang loyangnya diberi sedikit air. Jika khawatir loyangnya bocor, sebagai ganti air, lapisi loyang dengan koran yang sudah dibasahi.

Baca: Resep dan Tips Membuat Bakso Ayam Kenyal.

Pizza


Bahan:

1. 250gr terigu serbaguna.
2. 1sdm gula pasir.
3. 1 telur utuh.
4. 1/2sdr ragi instan.
5. 1 sdm susu bubuk.
6. 100ml air.
7.  50ml minyak goreng.
8. Garam secukupnya.

Topping:

Sesuai selera ya, tapi yang kemarin dipakai adalah jagung manis rebus, sosis, kornet, dan keju. Sebelum diberi topping, olesi dulu dengan saus tomat. Kalau ada oregano, bisa ditaburkan juga untuk pelengkap toppingnya. Bikin aroma keju jadi tambah menggoda selera.

Baca: Resep Mochi Isi Kacang Hijau.

Cara membuat:

1. Aduk terigu, gula, ragi instan.
2. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit, uleni sampai halus. 
3. Masukkan minyak dan garam, uleni sampai kalis tidak lengket di tangan. 
4. Istirahatkan 10 menit lalu kempiskan adonan dan siap di cetak. 
5. Pipihkan di loyang lalu tusuk- tusuk dengan garpu istirahat lagi 5 sampai 10 menitan. 
6. Siap diberi toping sesuai selera dan istirahatkan kembali 15 menit sampai mengembang. 
7. Lalu panggang 10 menit dengan panas sedang, api atas bawah.

Ini nih beberapa foto acara latbar kemarin. Semoga kekompakan anggota Dapur Aisyah Lampung selalu terjaga ya. Sampai jumpa di latbar berikutnya, in syaa Allah. Ada yang mau ikut latihan bareng juga?







13 comments:

  1. wah aku ngiler liat pizzanya. Udah lama gk bikin pizza. terakhir bikin pizza gulung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lucu pizza gulung kayak mana tuh Mak?

      Delete
  2. Mbak, kejunya itulhooo, astagahh, godain aku banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejunya centil nih, semua orang digodain he he

      Delete
  3. Rajiin ajaa bikin2 kue gitu, aku lg belajar bikin bolu aja msh blm berhasil. Haha... *emak payah aku mah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin brownies aja Mak, tinggal aduk2 aduk he he

      Delete
  4. tertarik bikin pizzanya nih, tapi harus pake susu bubuk ya..??? gak bisa diganti susu cairkah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. IMHO sih bisa aja Mbak. Karena semalam aku buat dough nya pakai campuran susu UHT n air, tapi buatnya pakai metode tanpa ulen.

      Delete
  5. kemana saja dakuuuh, rumahmu tambah feminim, cakeeeep mba...rayyan hebat eeeuy punya mama yang serba bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Mak. Baru sebulana nih domainnya. Kalau template si hasil ngoprekin blognya Mak2 KEB juga nyari tutorial. Moga2 bisa + rajin ngeblog kayak Mak, tapi aku belum telaten ngurus lebih dari 1 blog huhu

      Delete
  6. Seru banget kegiatannya. Jadi jago masaknya bisa barengan. Mbak itu toppingnya bisa langsung bareng aja ya kasihnya, gak perlu diskip dulu gitu. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sesuai resep dibake dl 15 menit baru kasi topping n dibake lg. Tp demI kepraktisan krn msh mw panggang pizza, jd skalian dikasi topping dl

      Delete
  7. Mauuuuu.... Postingan Mbak Heni sering banget bikin saya ngences... o_o

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29