Thursday, March 10, 2016

Kue Mochi Isi Kacang Hijau

Kue Mochi Isi Kacang Hijau.

Sudah lama deh nggak buat mochi (halah padahal juga baru sekali mbuatnya he he). Iya dulu saya pernah membuat Mochi Isi Kacang Merah. Akhir bulan lalu tiba-tiba kepengen mochi lagi. Memang sih beli juga bisa. Tapi sementara ini saya belum menemukan mochi yang murah meriah hi hi. Terakhir saya membeli mochi di sebuah supermarket harganya Rp 5.000 sebuah, ntah berapa harganya sekarang. Kalau membuat sendiri ya memang jadi lebih murah dan lebih puas juga memakannya.



Bahan isian:

1. 125 gram kacang hijau.
2. 75 gram gula pasir.
3. 1/2 sdt garam.
4. Vanilla bubuk secukupnya.
5. 100 ml santan kemasan.
6. Air secukupnya.

Baca: Resep Onde-Onde.

Bahan kulit:

1. 250 gram tepung ketan.
2. 100 gram kentang, rebus, dan blender dengan sedikit air.
3. 50 gram gula pasir.
4. 1/2 sdt garam.
5. 150 ml air hangat (yang terpakai hanya sekitar 125 ml saja).
6. 1 1/2 sdm maizena.
7. 1 tetes pewarna makanan.
8. Maizena tambahan untuk melumuri mochi yang sudah jadi.

Baca: Resep Bumbu Inti.


Cara membuat isi:

1. Rendam kacang hijau selama 2 jam.
2. Rebus kacang hijau dengan air secukupnya hingga kacang hijau lunak dan air berkurang.
3. Blender kacang hijau dengan santan, gula, garam, dan vanili bubuk.
4. Masak bahan isian dengan wajan hingga santan mengering.
5. Setelah matang dinginkan dan bentuk menjadi bulatan kecil.

Baca: Resep Tom Yam Seafood.

Cara membuat mochi:

1. Campur tepung ketan, kentang rebus yang sudah dihaluskan, gula pasir, maizena, dan garam, aduk rata.
2. Tuang air hangat yang sudah diberi pewarna sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis dan licin (airnya belum tentu terpakai semua).
3. Kukus adonan selama 30 menit.
4. Biarkan uap adonannya hilang, siapkan dua lembar plastik (lebih baik lagi kalau ada sarung tangan plastik), olesi dengan minyak goreng.
5. Ambil kira-kira 1 sdm adonan kulit, bentuk bulatan, pipihkan, beri isian, bulatkan lagi.
6. Gulingkan dalam mangkuk berisi tepung maizena, sisihkan, isi adonan kulit hingga adonan habis.

Baca: Resep Tumis Ikan Nanas.

Kok mirip resep Onde-Onde ya? Iya memang resep dasarnya dari resep tersebut hanya saja kulitnya dikukus dulu. Dari resep ini bisa dihasilkan kurang lebih 24 buah mochi. Lebih asyik lagi kalau sebelum dimakan kue mochi isi kacang hijau ini disimpan dulu di kulkas.

9 comments:

  1. Wah kayaknya enak banget nih, jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  2. wiih enak banget nih...aku juga suka banget kue mochi

    ReplyDelete
  3. Saya doyan banget moci. Tap belum pernah buat.. Pingin

    ReplyDelete
  4. Suka banget sama Mochi, apalagi yang rasa kacang hijau, resepnya dicatet dulu ah :D.

    Makasih mak

    ReplyDelete
  5. wah mbak Heni mah memang pinter masak selalu mempesona eksekusinya

    ReplyDelete
  6. Terima Kasih.. resepnya menarik dan bermanfaat banget. blognya juga keren jadi bikin betah :)

    ReplyDelete
  7. Kue ini lembut banget... coba bikin ah buat adik kavin yang udah tumbuh gigi tapi udah mau setahun usianya :)

    ReplyDelete
  8. hemm yummi.. bisa buat rujukan masak nih almond

    ReplyDelete
  9. Suka kue moci. tapi kalau di tempatku sini ga ada yg jual. hi..hi..isyarat supaya bikin sendiri, tapi kok males juga yaa. minta ajadehh... qiqiqiqi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29