Wednesday, February 24, 2016

My Second Onde-Onde

My Second Onde-Onde.

Mau berbagi cerita kesuksesan membuat onde-onde ah he he. Dulu pas kecil saya ogah kalau ditawari onde-onde. Soalnya wijennya bikin geli, kletus-kletus kalau digigit. Padahal kan enak ya? Sayang saya telat nyadarnya, baru pas udah gedean aja mau makan onde-onde he he. Biasanya kalau mau makan onde-onde ya beli. Di grup masak sebenarnya sudah pernah beberapa kali ada yang posting cara membuat onde-onde tapi saya masih ogah-ogahan mau nyobain.


Percobaan pertama.

Tanggal 14 Februari lalu bu-ibu Dapur Aisyah Lampung ternyata tema kopdarnya adalah membuat onde-onde. Meski saya nggak bisa ikut karena ada acara keluarga, tapi jadi tertarik pengen nyobain bikin onde-onde sendiri, apalagi di rumah masih ada stok wijen. Mumpung tekadnya masih kuat he he, jadi pas belanja saya sekalian beli tepung ketan dan kacang hijau.

Baca: Resep Bumbu Inti.

Bahan isian:

1. 125 gram kacang hijau (sebenarnya di resep pakai kacang hijau kupas, tapi di pasar sedang nggak ada).
2. 75 gram gula pasir.
3. 1/2 sdt garam.
4. Vanilla bubuk secukupnya.
5. 100 ml santan kemasan.
6. Air secukupnya.

Bahan kulit:

1. 250 gram tepung ketan.
2. 100 gram kentang, rebus, dan blender dengan sedikit air.
3. 50 gram gula pasir.
4. 1/2 sdt garam.
5. 150 ml air hangat (yang terpakai hanya sekitar 125 ml saja).
6. 1 1/2 sdm maizena.
7. Wijen secukupnya.

Baca: Resep Tom Yam Seafood.

Cara membuat isi onde-onde:

1. Rendam kacang hijau minimal 2 jam (karena saya belanja kacang hijaunya sore, jadi langsung saya cuci dan rendam semalaman untuk esok harinya).
2. Rebus kacang hijau dengan air secukupnya hingga kacang hijau lunak dan air berkurang.
3. Blender kacang hijau dengan santan, gula, garam, dan vanili bubuk.
4. Masak bahan isian dengan wajan hingga santan mengering.
5. Setelah matang dinginkan dan bentuk menjadi bulatan kecil.

Baca: Resep Tumis Ikan Nanas.

Percobaan kedua.

Cara membuat kulit:

1. Campur tepung ketan, kentang rebus yang sudah dihaluskan, gula pasir, maizena, dan garam, aduk rata.
2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis dan licin (airnya belum tentu terpakai semua).
3. Ambil adonan kulit kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan dan beri isian kacang hijau dan bulatkan lagi.
4. Basahi sedikit bola-bola onde-ondenya, lalu gulingkan dalam mangkuk berisi wijen.
5. Goreng dengan api kecil hingga matang kecoklatan.

Baca: Resep Pindang Tahu.

Saat pertama kali mencoba resep ini ukuran onde-onde yang saya buat tidak seragam karena hanya mengandalkan perasaan (baper ih he he). Percobaan kedua akhirnya saya menggunakan timbangan untuk menimbang adonan kulitnya. Memang sih tidak bisa akurat banget karena timbangan saya bukan timbangan digital. Tapi lumayanlah ukurannya jadi cukup seragam. Enaknya sih adonan klitnya ditimbang dulu semua baru diisi. Bisa mencegah lupa ngasi isian kacang hijau juga (kejadian pas percobaan pertama, ada onde-onde yang nggak ada isinya ha ha).

Rayyaan bilang seperti bola.

Selain itu saya juga dapat beberapa tips dari teman-teman Dapur Aisyah yang biasa menerima pesanan kue tradisional. Onde-ondenya dibasahi dulu sebelum diberi wijen supaya wijenya lebih menempel dan rata alias tidak pitak. Tuh liat onde-onde pertama saya ada yang pitak hi hi. Dan saya menggoreng minyak yang digunakan bukan minyak yang panas tapi saat hangat-hangat kuku onde-ondenya bisa dimasukkan dan saya tidak pakai api yang besar. Dari resep ini dihasilkan sekitar 27 buah onde-onde. Kalau punya timbangan digital mungkin bisa lebih akurat menimbangnya dan bisa mebuat 30 buah onde-onde. 

3 comments:

  1. Kalo aku mending beli...haha praktis *emak malesan
    tapi pengen juga suatu saat bisa bikin onde-onde sendiri

    ReplyDelete
  2. Kalau ibu saya, isian kacangnya di ulek, Mbak *tradisional banget yak* :D

    ReplyDelete
  3. Aku suka onde isi kacang keju, klo makan ga cukup lima biji haha *emak rakus.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29