Wednesday, September 16, 2015

Resep Pindang Tahu

Resep Pindang Tahu.

Hari ini mau masak apa ya? Bikin pindang lagi yuk, tapi pindang tahu. Segar dan enak deh. Langsung disimak saja resepnya ya.


Bahan:

10 buah tahu ukuran kecil, belah dua, goreng agar tidak hancur.
1/4 bag nanas, potong dadu.
1 buah tomat, potong-potong.
5 batang kemangi, petik daunnya.
10 siung kecil bawang merah.
6 siung kecil bawang putih.
1 sdt garam.
1/2 sdt lada bubuk.
Gula merah secukupnya.
1 batang serai, geprek.
2 cm jahe.
3 cm kunyit.
10 cabe rawit.
1 butir kemiri.
2 daun salam.
2 daun jeruk.
2 gelas air.
1 cm lengkuas.

Baca: Resep Tart Roti Tawar Keju Tabur Kismis.



Cara membuat:

1. Haluskan lengkuas, bawang merah putih, jahe, kunyit (supaya cepat, saya menggunakan blender bumbu).
2. Tumis bumbu sampai harum.
3. Masukan nanas, daun salam, serai, daun jeruk. Masak hingga nanas setengah matang.
4. Masukkan tahu, cabe rawit dan air.
5. Masak hingga mendidih dan air menyusut.
6. Tambahkan garam, lada, gula.
7. Tambahkan potongan tomat dan daun kemangi, masak selama 3 menit.
8. Kalau bumbu dirasa sudah pas, angkat dan sajikan.

Baca: Resep Tumis Cumi Wortel Buncis.


Kalau punya simpanan daun bawang, silakan ditambah irisan daun bawang bersamaan dengan memasukkan tomat dan kemanginya ya. Pindang ini aromanya wangi, soalnya ada kemangi, nanas, dan rempah-rempahnya. Penambahan nanas dan tomat juga membuat rasanya segar. Selain itu pindang juga bisa dibuat dengan belimbing wuluh dan air asam Jawa. Kalau ingin rasanya lebih pedas, silakan iris-iris dulu cabenya. Kalau saya sih nggak berani he he.

Baca: Membuat Stok Saus Steak Ala Waroeng Steak.


9 comments:

  1. wuih...fotonya bikin ngiler...mau dsimpan ya ;)

    ReplyDelete
  2. kayaknya aku harus coba ini, karna kalo makan pindang maunya kuahnya aja karna gak suka ikannya, kalo ikannya diganti tahu enak kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takut amis ya Mak? Tadinya aku juga nggak suka pindang. Antara takut amis sama ngerasa aneh karena ikan kok direbus he he. Sekarang juga cuma mau makan kalau aku atau ibuku sendiri yang masak pindangnya.

      Delete
  3. walau namanya pindang tapi nggak ada ikannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya pas nyari ikan yang dimau eh nggak dapet & ikan lain mahal hihi.

      Delete
  4. Mama Rayyan yang ini memang jago masak. Beda banget sama Mama Rayyan yang lain... *tunjuk hidung sendiri* Hehehehe...
    Boleh dicoba nih. Segeeeer kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi Mama Rayyan yang ini pastinya lebih jago nulis hihihi

      Delete
  5. senang banget kaya,, kepingin coba makan, bukan coba buat karena gak bisa masak hi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29