Tuesday, August 4, 2015

Membuat Stok Saus Steak Ala Waroeng Steak

Membuat Stok Saus Steak ala Waroeng Steak.

Sebelum mengajak Rayyaan jalan-jalan Bumi Wisata Kedaton, saya dan suami mampir dulu ke Waroeng Steak. Alhasil keesokan harinya jadi pengen buat Saus Steak Ala Warong Steak lagi. Selain itu, jadi pengen coba-coba, kalau buat agak banyak dan disimpan di kulkas, bisa nggak ya?



Sebelumnya saya sudah pernah membuat saus ini, tapi tidak dalam jumlah banyak. Berhubung mau buat stok saus jadi saya buat lebih banyak dari biasanya. Ini nih bahan-bahan dan cara membuatnya, dengan sedikit modifikasi dari cara yang biasa saya gunakan.

Baca: Resep Es Palu Butung.

Salah satu menu di Waroeng Steak.

Bahan:

1. 3/4 bagian bawang bombay.
2. 8 siung bawang putih.
3. 16 siung bawang merah.
4. 4 buah tomat merah.
5. 2 sdm saus tiram.
6. 2 sdt garam.
7. 4 sdt lada bubuk.
8. 1 sdt gula pasir.
9. 3/4 botol saus tomat.
10. 2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
11. 400 ml air.
12. 3 sdm margarin untuk menumis.

Baca: Resep Kue Apem Mawar.


Cara membuat:

1. Blender bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah (tidak perlu terlalu halus), sisihkan.
2. Rebus tomat dalam air mendidih selama 7 menit, angkat, dan tiriskan.
3. Buang kulit dan biji tomat, cincang dengan pisau.
4. Panaskan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah yang sudah dihaluskan hingga harum.
5. Masukkan tomat, air, dan bahan lain kecuali maizena, aduk hingga mengental.
6. Saat saus mulai meletup-letup, tambahkan maizena yang sudah diencerkan dengan sedikit air, masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama kurang lebih 5 menit.
7. Biarkan hingga dingin, tempatkan pada botol bersih dan kering (botolnya sudah direndam dengan air mendidih lalu dikeringkan), simpan dalam kulkas.
8. Jika ingin digunakan, ambil saus secukupnya dan bisa dipanaskan sebentar sebelum dituang ke atas steak.

Baca: Resep Ayam Pop Corn.


Dari resep ini dihasilkan 2 botol Saus Steak Ala Waroeng Steak. Botol ini saya simpan dalam kulkas dan alhamdulillah sausnya tetap enak meski sudah 10 hari disimpan. Saus ini juga saya gunakan untuk cocolan ayam pop corn atau cumi goreng tepung. Steak yang dijual di Waroeng Steak kan ada ya yang crispy crispy alias dibalut tepung. Kalau mau buat crispy crispynya, ini resep yang saya gunakan:

Bahan:

1. Tepung terigu.
2. Tepung sagu (pakai tapioka atau maizena juga boleh).
3. Lada bubuk.
4. Garam halus.
5. Gula pasir.

Bahan lain:

1. Telur, dikocok lepas.
2. Minyak untuk menggoreng.

Baca: Resep Muffin Bayam.

Cara membuat:

1. Ayam/cumi/daging sapi dicuci, dipotong-potong lalu diberi bumbu garam, lada, dan gula pasir, diamkan 10 menit.
2. Campur tepung terigu, tepung sagu (komposisi tepung sagunya sedikit saja), lada, garam, dan gula pasir, aduk rata.
3. Balur potongan ayam/cumi/daging dengan tepung, lalu celup ke kocokan telur, balur lagi dengan tepung, diamkan 5 menit.
4. Goreng hingga kuning kecoklatan.

Maaf ya kalau tidak menyertakan takaran tepatnya, untuk yang satu ini sekarang saya lebih mengandalkan feeling saja he he. Nah silakan dicoba ya Saus Steak Ala Waroeng Steaknya (plus yang crispy crispynya).

Sumber:


20 comments:

  1. Wah, ternyata bisa bikin sendiri dan gampang banget caranya ya, Mbak? Mau coba ah. Thanks for share Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama Mbak. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Wah, ternyata bisa bikin sendiri dan gampang banget caranya ya, Mbak? Mau coba ah. Thanks for share Mbak.

    ReplyDelete
  4. Nyeeemm...jadi pengin nyobain nih mba...

    ReplyDelete
  5. wah perlu dicoba, nih. Resepnya gampang. caranya juga nggak ribet.
    Btw salam kenal, Mbak.

    Teman Duduk

    ReplyDelete
  6. wah, boleh dicoba di rumah nih mak, thank you sudah sharing ya mak :)

    The Journey

    ReplyDelete
  7. wah,boleh juga nih...makasih resepnya mak^^

    ReplyDelete
  8. Wah, manteb nih, Mak.

    Iya ya jaman sekarang kita harus kreatif biar hemat

    ReplyDelete
  9. Warung steak itu , aku pernah makan yang di lokasi bintaro.. Harga nya murah untuk ukuran steak. Aku sehabis makan disitu langsung sakit, jadi gak mau lagi ke warung itu. Ahh ini sausnya enak buat di cocol dengan kentang ya mba..

    ReplyDelete
  10. Waaah, senangnya nemu resep saus WS buat obat kalau lagi kangen kota...

    Salam kenal, Mba Heni. Saya Tiwi temannya Mba Nia di Pesisir Barat. Blognya udah kereeen. Wuiih, bikin iri. Saya lagi belajar bikin blog juga Mbak. Tapi masih jelek pakai banget. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak :) Oh iya kemarin Nia sempat bilang soal temennya yang suka ngeblog juga

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29