Tuesday, June 30, 2015

Es Palu Butung Wannabe

Es Palu Butung Wannabe.

Lagi pengen es khas Sulawesi Selatan yang satu ini. Sebenarnya sih pengen Es Pisang Ijo, tapi membuat Es Palu Butung lebih praktis he he. Kalau dilihat bahan dan cara membuatnya sih seperti bubur sumsum ya, tapi kuahnya pakai sirup rasa pisang Ambon dan diberi potongan pisang.



Bahan:

1. 100 gram tepung beras.
2. 650 ml santan (bisa dari 200 ml santan kemasan kental yang diencerkan).
3. 100 ml air.
4. 1 sdt garam.
5. Sedikit pewarna makanan hijau (aslinya sih tanpa warna).
6. Sirup pisang Ambon.
7. Es batu (aslinya pakai es serut).
8. Pisang Ambon (aslinya pakai pisang kepok yang dikukus).

Baca: Resep Kue Apem Mawar.

Cara membuat:

1. Campur santan dengan garam, didihkan.
2. Campur tepung beras dengan air dan pewarna makanan hingga larut, tuang ke dalam rebusan santan.
3. Aduk-aduk hingga bubur mengental dan matang, istilahnya sih sampai 'tanek', biasanya tandanya adalah buburnya sudah meletup.
4. Cara menyajikannya, setelah bubur dingin tempatkan pada sebuah mangkuk (mau pakai piring atau gelas yang biasa untuk es campur juga  bisa), beri potongan pisang, beri es batu, lalu lengkapi dengan sirup pisang Ambon.

Baca: Resep Ayam Pop Corn.

Sirup yang saya pakai aslinya berwarna kuning (agak oranye) tapi biar mirip sama sirup pisang Ambon yang biasa dipakai untuk Es Palu Butung dan Es Pisang Ijo, saya campur dulu sirupnya dengan setetes pewarna makanan warna merah he he. Pakai sirup merah lain macam cocopandan boleh nggak? Yah kalau adanya itu nggak apa-apa sih, tapi sirup pisang Ambon tuh wanginya lebih nendang buat es ini he he.

Oh iya karena kalau Eyangnya Rayyaan lebih suka bubur sumsum, jadi selain sirup pisang Ambon ada juga air rebusan gula merah untuk kuah  buburnya. Jadi berbuka puasanya pakai dua gaya deh, ala Sulawesi dan ala Jawa he he.

Baca: Resep Muffin Bayam.

Bacaan:


6 comments:

  1. Kalau diberi pewarna tambah menarik Mbak :D
    Saya suka sekali segala macam makanan atau minuman yang pake pisang Mbak.
    Heeem~ sueger lihat fotonya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kasi pewarna tapi seuprit jadi nggak keliatan difoto hihi

      Delete
  2. di dekat kampus saya dulu ada yang jualan es pisang ijo palu butung mbak... jadi beda ya pisang ijo dan palu butung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau es pisang ijo, pisangnya dibungkus dulu pakai adonan berwarna hijau trus dikukus & dipotong2 :)

      Delete
  3. ada ya sirop pisang ambon..?? selama ini aku kira itu sirop cocopandan lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mak, kalau baca2 resep es pisang ijo Makassar, siropnya pakai sirup pisang ambon klo ga salah merk DHT. Di Manado ada juga tp bukan merk itu, warnanya merah. Klo di Giant di Lampung sini ada tapi warnanya kuning-oranye gitu :D

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29