Wednesday, March 30, 2016

Tips Membuat Bakso Ayam Kenyal

Tips Membuat Bakso Ayam Kenyal

Sudah beberapa kali saya membuat bakso sendiri tapi selalu penasaran ingin membuat bakso yang lebih kenyal seperti yang dijual di tempat-tempat makan. Beberapa teman yang pecinta bakso sekarang sering was-was kalau jajan bakso di luaran, khawatir adonan baksonya ditambahkan bahan pengenyal dan pengawet yang berbahaya. Bukan berarti semua pedagang bakso pasti nakal lho ya. Insyaa Allah banyak juga yang amanah dan punya tips dan trik tersendiri supaya baksonya kenyal tapi aman dikonsumi. Tapi nggak ada salahnya kita juga belajar membuat bakso yang kenyal tanpa bahan tambahan berbahaya.


Resep dan tips membuat bakso kenyal ini saya dapat dari blog Just Try and Taste. Tapi kalau Mbak Endang JTT memakai daging sapi, sayamenggunakan daging ayam karena lebih murah. Kapan-kapan ya saya coba juga membuat bakso kenyal dari daging sapi. Ada beberapa modifikasi resep yang saya lakukan:
- Di resep asli digunakan daging (sapi) utuh (bukan daging giling), saya menggunakan daging (ayam) giling karena saya tidak memiliki food processor.
- Di resep asli daging dihaluskan dengan ditambahkan air es, sementara saat daging gilingnya saya haluskan lagi dengan blender, saya menggunakan sedikit air es plus es batunya juga. 
- Untuk bumbu halusnya saya juga menggunakan bumbu inti putih yang saya punya dan saya tidak menggunakan tambahan kaldu bubuk atau penyedap makanan. 
- Di resep asli digunakan baking powder dan baking soda, sementara saya hanya memakai baking soda saja. Gunanya untuk menaikan pH adonan daging supaya daging jadi padat, kenyal, elastis dan crunchy.

Baca: Resep Sambal Bajak.

Ini dia tips yang bisa kita praktikkan untuk membuat bakso ayam kenyal:

1. Daging harus benar-benar halus tanpa serat. Kalau punya food processor bisa pakai daging potong untuk membuat baksonya. Sementara yang tidak punya (hanya punya blender) sebaiknya gunakan daging giling dan haluskan lagi dengan blender.
2. Gunakan air es atau es batu kecil saat menghaluskan daging.
3. Gunakan baking powder dan baking soda untuk menaikkan pH daging.
4. Basahi tangan dengan air es sebelum mencetak adonan.
5. Masukkan adonan yang sudah dibulatkan ke dalam air panas tapi jangan langsung direbus. Saya jadi ingat nih ketika SD pernah main ke rumah teman yang ayahnya punya warung bakso, adonan yang sudah dibulatkan emang tidak langsung direbus tapi dimasukkan saja ke panci besar berisi air panas.

Bahan:

1. 500 gram daging ayam giling.
2. 5 buah es batu kecil-kecil (ice cube).
3. 2 sdm kecap asin.
4. 2 sdt garam. 
5. 5 sdm bumbu dasar putih - campuran bawang putih & bawang merah dihaluskan (resep bisa dibaca di Masak Praktis dan Cepat dengan Bumbu Inti).
6. 1 butir telur.
7. 2 sdm tepung tapioka.
8. 1 sdt baking soda.
9. 1 sdt gula pasir.
10. 1/2 sdt minyak sayur.
11. 1 sdt merica bubuk.

Baca: Resep Ayam Bakar Taliwang.

Untuk komposisi bumbu (bawang, gula, garam, kecap asin, dan merica) sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera ya. Kalau dirasa kurang asin bisa ditambah lagi kecap asinnya. Pakai kecap asin ini karena kalau sudah berbentuk adonan lebih mudah tercampur dibanding garam.

Cara membuat:

1. Haluskan daging ayam dan es batu plus sedikit air es dengan bagian blender yang digunakan untuk menghaluskan bumbu sampai dagingnya benar-benar halus. Kalau masih berserat baksonya jadi kurang mulus dan tidak kenyal.
2. Dalam sebuah mangkuk, campur kecap ikan, garam, bumbu inti putih (bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan), merica, telur, tepung tapioka, baking soda, gula, dan minyak sayur, aduk rata.
3. Masukkan daging ayam yang sudah dihaluskan, aduk rata.
4. Tutup mangkuk berisi adonan daging dengan plastik wrap, simpan dalam freezer selama 30 menit.
5. Rebus panci berisi air hingga mendidih lalu matikan kompor, angkat panci dan letakkan di lantai.
6. Di samping panci siapkan mangkuk kecil berisi air es. Sebelum mencetak bakso kita perlu membasahi tangan dengan air es supaya adonan tidak lengket di tangan, permukaan bakso halus dan tidak pecah saat direbus. 
7. Ambil adonan yang sudah didinginkan, letakkan di dekat panci berisi air panas.
8. Basahkan tangan dengan air es, cetak bakso dengan tangan dengan bantuan sendok yang sudah dicelupkan ke air es.
9. Masukkan adonan yang sudah dibulatkan ke panci berisi air panas. Lakukan hingga adonan habis.
10. Diamkan bakso selama 5 menit di air panas.
11. Hidupkan kompor, gunakan api kecil dan jaga jangan sampai air mendidih dan meletup. Bakso akan direbus perlahan dengan api kecil.
12. Jika bakso mulai mengapung di permukaan air, biarkan selama beberapa menit supaya bakso benar-benar matang. Tes dengan mengambil sebuah bakso dan memastikan apakah baksonya sudah matang.
13. Siapkan mangkuk berisi air es, masukkan bakso yang telah matang ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin. Jika bakso sudah benar-benar dingin, bisa disimpan di freezer untuk stok makanan.

Baca: Resep Tteokbokki (Korean Spicy Rice Cake).




Akhirnya saya bisa membuat bakso ayam yang kenyal. Selain dimakan dengan kuah, bisa juga digunakan untuk campuran mie goreng, tumisan sayur, atau dijadikan bakso goreng dan bakso bakar.

Baca: Resep Mochi Isi Kacang Hijau.


7 comments:

  1. Ntr klo ada waktu mw aq coba ah.. maklum udah bbrp kali bikin gak prnh jadi pdhl resepnya hampir sama.kali aja resep mb heni bs berhasil 😊

    ReplyDelete
  2. Hhadeuuh mbak, ngeliat baksonya aku lgs pengeen loh :D.. bahan2 sih gampang ya.. coba ah mumpung masih maternity leave, sesekali bikin :D.. biasanya yg aku kuatirin itu ga bisa kenyal itu loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain yuk yuk. Biar bisa makan bakso sepuasnya hehe.

      Delete
  3. Wah sepertinya enak ini. Bisa dicoba

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29