Monday, March 14, 2016

Resep Ayam Bakar Taliwang

Resep Ayam Bakar Taliwang

Sabtu kemarin si Papa pulang, yay! Mau buat ayam bakar ah. Pas banget baru dapet Resep Ayam Bakar Taliwang dari teman saya Mbak Ria. Ngiler abis ngeliat foto ayam bakarnya. Dari fotonya keliatan pedes pedes sedap gitu. Cobain yuk!



Bahan:

1. 1 ekor ayam (saya pakai ayam potong).
2. 200 ml air.
3. 1 sdm air jeruk nipis.
4. 3 sdm minyak goreng.
5. 1/2 sdt garam.

Baca: Resep Bakso Ayam Wortel.

Bumbu yang dihaluskan:

1. 10 buah bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 8 buah cabai merah.
4. 5 buah cabai rawit.
5. 2 cm kencur.
6. 4 buah kemiri.
7. 1 sdt terasi bakar.
8. 1 buah tomat.
9. 1 sdm garam.
10. 2 lembar daun jeruk.
11. 3 sdm kecap manis.

Baca: Resep Kue Mochi Isi Kacang Hijau.


Cara membuat:

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit.
2. Tumis bumbu halus hingga harum.
3. Masukkan ayam yang sudah dilumuri jeruk nipis dan garam ke bumbu tumis sambil sesekali dibolak-balik.
4. Tuangi air dan masak hingga bumbu menyusut dan bumbu meresap ke daging ayam.
5. Bakar ayam hingga berwarna kecoklatan (saya menggunakan oven, ayam dipanggang selama 20 menit).

Baca: Resep Onde-Onde.


Awalnya sempat khawatir ayamnya bakal terlalu pedas. Saya suka pedas sih tapi kalau keterlaluan malah nggak bisa menikmati hi hi. Tapi dengan resep ini pedasnya sedang aja kok meski pakai rawit. Kalau pecinta pedas mungkin bisa ditambah cabe rawitnya. Bumbunya sendiri sudah enak dicoletin hi hi. Sebagai pelengkap Ayam Bakar Taliwang ini saya buat juga Sambal Bajak plus lalapan daun kemangi, terong bulat rebus, dan kol goreng (yang ini request dari suami). Pengen deh makan pakai menu ini tiap hari hi hi hi. Cari-cari resep ayam bakar yang lain lagi ah.

7 comments:

  1. Wahhhh mantab ni bisa buat jamuan lebaran jugaaa

    ReplyDelete
  2. Dari lama pengin nyobain ayam bakar taliwang, fotonya menggiurkan banget Mak :). Salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  3. Wah, cocok banget nih buat disajikan ke pasangan ^_^

    ReplyDelete
  4. waini...
    langsung contek resepnyaaaa....kebetulan si anak wedok suka mamam ayam

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29