Friday, March 11, 2016

Bakso Ayam Wortel

Bagi penyuka bakso kalau mau jajan bakso tapi suka khawatir dengan keamanan bakso yang dijual di luaran sana memang lebih baik membuat sendiri. Sesekali saya masih suka jajan bakso sih tapi kalau punya stok bakso buatan sendiri di rumah itu enak. Kapan aja mau makan bakso tinggal ambil stok di kulkas, rebus, dan nggak lama kemudian bisa langsung hap. Untuk anak juga oke apalagi ada campuran sayurannya.


Baksonya dicampur kuah soto he he.

Bahan:

1. 300 gram daging ayam giling.
2. 1 buah wortel ukuran kecil (kurang lebih 75 gram), parut.
3. 2 buah ice cube/es batu kecil (yang dicetak kotak-kotak itu lho he he).
4. 3 sdm tepung tapioka.
5. 1 butir telur ayam.
6. 3 sdm bumbu putih (resep bumbu putih ada di postingan Masak Praktis dan Cepat dengan Bumbu Inti).
7. Garam halus, gula pasir, dan lada bubuk secukupnya.

Baca: Resep Kue Mochi Isi Kacang Hijau.

Untuk campuran mie goreng.

Cara membuat:

1. Masukkan daging ayam giling ke dalam wadah blender bumbu, campur dengan tepung kanji, es batu, telur, garam, gula, lada, dan bumbu putih, haluskan selama 1-2 menit.
2. Tempatkan adonan dalam sebuah wadah, campur dengan wortel parut, aduk rata.
3. Didihkan air dalam sebuah panci.
4. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan bakso, masukkan ke dalam air mendidih.
5. Saat bola-bola bakso sudah mengambang, tetap rebus selama kurang lebih 5 menit lagi, lalu angkat dan tiriskan.
6. Bakso siap digunakan baik untuk dimakan langsung atau untuk campuran mie goreng, mie rebus, dibuat jadi bakso bakar.

Baca: Resep Onde-Onde.

Resep adalah modifikasi dari resep Bakso Tenggiri Wortel by Julia Wingantini (Buku Cute Bento Praktis).

5 comments:

  1. Wah keliatannya enak, jadi laper :D. Catet dulu deh resepnya, makasih ya mak

    ReplyDelete
  2. Gampang ya cara bkinnya, pengen nyoba

    ReplyDelete
  3. saya ikutan nyatet resepnya ya mba. terima ksih.

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama rasanya. Kalau Bakso udah biasa makan, tapi kalau bakso ayam wortel itu baru dengar.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah bikin baso... karena jauh dari supermarket utk beli daging cincang. Mau nyincang sendiri tapi masih males hehe

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29