7 Cara Menghilangkan Ketombe untuk Hijabers dengan Rambut Berminyak

7 Cara Menghilangkan Ketombe

Masalah rambut apa yang sering dihadapi oleh muslimah berhijab? Lepek, berminyak, berketombe, dan rambut rontok, terutama di hari panas dan sibuk. Bener nggak sih? 4 masalah itu cenderung dialami yang rambutnya tipe berminyak seperti saya.



Meski begitu tentu saja nggak menyurutkan semangat berhijab dong. Karena menutup aurat termasuk rambut kan perintah agama Islam. Sebenarnya rambut malah terlindungi dari panas serta polusi. Kalau rambut sedang berketombe, pakai hijab justru nggak membuat ketombenya jatuh ke baju ya nggak sih? Hi hi...

Baca: Homemade Pore Cleanser Mask untuk Ibu Hamil.

Hanya saja kita butuh trik supaya rambut bisa terhindar dari masalah-masalah tersebut khususnya ketombe. Jadi sebagai muslimah berhijab plus punya rambut berminyak, ada 7 Cara Menghilangkan Ketombe untuk Hijabers yang bisa kita lakukan:

1. Rajin Keramas/Mencuci Rambut 


Yang ini nggak bisa ditawar deh. Supaya bebas ketombe saya harus keramas 2 hari sekali. Kalau 2-3 hari nggak keramas, rambut jadi lepek. 4 hari nggak keramas? Hmm... Mulai deh kulit kepala terasa gatal karena ketombe.


2. Gunakan Sampo Anti Ketombe yang Cocok di Kulit Kepala 


Jadi kuncinya cuma rajin keramas ya? Bisa pakai sampo apa aja? Yaa nggak juga sih. Saya menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung mentol.

Sampo ini rutin saya gunakan ntah sejak kapan karena memang terasa adem di kulit kepala plus ampuh membasmi ketombe. 


Selain rajin keramas kita juga harus menggunakan sampo anti ketombe yang COCOK dengan kulit kepala dan rambut kita. Nggak perlu tergoda gonta-ganti sampo kalau memang sudah ada yang cocok. 

Apa kriteria sampo anti ketombe yang oke?

- Ampuh membersihkan ketombe sejak pertama kali keramas
- Wanginya lembut
- Nggak membuat kulit kepala dan rambut jadi kering dan gatal
- Mengandung mentol (opsional sih, karena bikin kulit kepala adem he he)

Merknya apa, Mbak? Wah nggak usah nyebut merk karena tiap orang bisa beda kan sampo yang cocok he he.

3. Sesekali Biarkan Rambut Bebas Tanpa Penutup Kepala 


Eh maksudnya bukan nyuruh lepas hijab lho. Tapi kalau di dalam rumah terutama mau tidur, jilbabnya kan nggak dipakai. Sesekali di pagi hari misalnya di belakang rumah yang tertutup dan tak ada orang luar yang bisa melihat, berjemurlah di pagi hari. Sinar matahari pagi nggak hanya bagus untuk badan tapi juga untuk rambut kita lho.

Baca: Homemade Toner untuk Ibu Hamil.

4. Gunakan Hair Mask Cream Secukupnya Saja 


Krim masker rambut alias hair mask cream memang bisa membuat rambut jadi lebih lembut dan wangi plus efek lain sesuai jenis krimnya. Tapi untuk yang berhijab and punya rambut berminyak, hati-hati karena penggunaan masker rambut berlebih bisa menimbulkan ketombe.

Kok bisa?

Berdasarkan pengalaman ini terjadi kalau membilas krimnya nggak benar-benar bersih atau pakai krimnya kebanyakan.

So bukan berarti nggak bisa pakai masker rambut. Di rumah saya pakai masker yang tipe dipakai beberapa menit saja setelah keramas lalu dibilas. Jumlahnya juga sesuai dengan panjang rambutnya saja plus dipakai 1 minggu sekali. 


Oh iya, sama seperti sampo. Hair masknya juga gunakan yang cocok dengan kulit kepala dan rambut kita ya. Kalau sudah pakai secukupnya dan dibilas bersih eh ternyata membuat kulit kepala gatal plus ketombe jadi banyak, ya say bhay aja sama hair mask itu.



5. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kulit Berminyak


Oke untuk yang satu ini saya juga masih perlu lebih disiplin kalau sedang sok sibuk he he. Tapi makanannya enak-enak semua kok. Misalnya gandum utuh, pisang, alpukat, sayuran hijau (buat jadi smoothies enak banget lho), timun, air kelapa, dan citrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, dkk).


6. Coba Bahan Alami untuk Mengurangi Minyak di Rambut Plus Menghilangkan Ketombe


Waktu masih SMA saya sering nyobain bahan ini dan itu untuk rambut. Saat itu saya memang belum berhijab. Tapi namanya usia remaja jadi mulai aware sama penampilan and nggak mau rambut berminyaknya jadi ketombean hi hi. 


Ada banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk mengurangi minyak di rambut serta menghilangkan ketombe, misalnya jeruk nipis, jeruk lemon, baking soda, garam, lidah buaya, sampai cuka masak! Pemakaiannya adalah dengan cara dioles ke kulit kepala, diamkan beberapa saat lalu dibilas bersih.

7. Konsultasi/Berobat ke Dokter


Hah??? Ketombean ngapain ke dokter segala? Alhamdulillah sih belum pernah mengalami (jangan sampai ya Allah). Tapi kalau ketombenya paraah banget. Trus cara-cara di atas tetap nggak membantu, ada baiknya konsultasi ke dokter khususnya dokter kulit untuk menemukan solusinya.




22 comments on "7 Cara Menghilangkan Ketombe untuk Hijabers dengan Rambut Berminyak"
  1. Wah..sama ya permasalahan rambut berhijab..mudah lepek dan ketombean kalau tidak rajin merawat rambut. Trims utk tips2nya mba..terutama yg makan buah & sayur akan kumulai.juga nih..kemarin2 suka jarang makan sayur..hihi..

    ReplyDelete
  2. Kalau pakai jilbab pastikan saja rambut tidak dalam keadaan basah. Jadi kalau setelah keramas jangan langsung pakai jilbab. Keringkan dulu supaya tidak menimbulkan masalah seperti rambut lepek bau dan ketombe lembab

    ReplyDelete
  3. Makanan ternyata bisa berpengaruh juga, ya. Gak enak kalau udah ketombean. Kulit kepala rasanya gatal banget

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget nih tipsnya. Sangat berguna bagi yg punya rambut berminyak dan berketombe, ya

    ReplyDelete
  5. 7 tips ini bisa diterapkan untuk wanita berhijab ya mbak, karena saya juga sering berketombe gara2 menutup rambut dengan hijab disaat rambut masih basah. Akibatnya timbul minyak berlebih dan terlihat lepek.... Ini yang harus diatasi dengan benar agar ketombe tidak membandel di kulit kepala. TFS ya mbak

    ReplyDelete
  6. Kulit berminyak memang alasan utama ketombe membludak di kepala mbak. Tipe kulit kepala aku juga berminyak mbak dan cara mudah adalah sering keramas dan menggunakan shampo yang tepat seperti anti dandruff dengan merk yang biasa dipakai.

    ReplyDelete
  7. Noted bgt nih tips nya Mba, rambut aq kdg ada ketombe, apalagi abis dikeramas trus langsung berjilbab

    ReplyDelete
  8. Rambutku tipe yang gampang lepek dan berketombe, Mba. Selama ini cara yang saya lakukan untuk menghindari keduanya adalah dengan rajin keramas, alhamdulillah lumayan ngefek :)

    ReplyDelete
  9. Aku lagi ngalamin ketombe nih huhu soale suka abis keramas tuh rambut belu kering langsung pakai kerudung.

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya baking soda itu aman ga siih...untuk perawatan?
    Hehhe...soalnya banyak yang menyarankan juga...hanya ragu karena belum mencoba sendiri.

    Dan aku uda nemu doonk....shampo yang aku butuhkan, tapi emm....emm, aku belum repurchased karena belinya mesti di salon tempat aku perawatan rambut kemarin.
    Huuhuu~

    ReplyDelete
  11. Saya baru tahu kalau berjemur bisa jadi salah satu cara agar tidak berketombe.
    Perlu saya coba...

    ReplyDelete
  12. duh emang nyebelin ya kalau masih basah rambutnya terpaksa pake hijab krn harus buru buru. selain ketombean juga bs bikin rambut rapuh dan rontok soale mbaa

    ReplyDelete
  13. Kalau aku jenis rambut kering tapi ya kadang ketombean juga karena kalau keringatan rambut lembab ketutupan hijab. Makanya kalau di rumah rambut aku biarin digerai biar bernafasnya enak :)

    ReplyDelete
  14. Nah dalah datu cara yang belum aku lakuin tuh berjemur, hihihi... Biadanya cukup mengangin anginkan rambut basah, patut di coba nih:)

    ReplyDelete
  15. Kalau buat anak-anak yang sudah mandi sendiri, bilang sampoo dengan bersih ya supaya gak menyisakan busanya yang menyebabkan jadi ketomber

    ReplyDelete
  16. Wah baru tau kalau makanan jg ternyata beroengaruh ya..

    ReplyDelete
  17. PR banget tuh Mbak nyari shampo anti ketombe yang lembut di kulit kepala. Seringnya yang pernah saya coba bikin rambut kering, huhuhu.... Thanks infonya ya Mbaaa....

    ReplyDelete
  18. Memang ya rambut itu harus dirawat ngga cuma keramas aja, tapi perlu nutrisi lain agar ketombe ngga suka menempel di rambut, rambut juga butuh bernafas dan ngga lembab ya.. nah masker rambut nih yang jarang aku pakai.. biasanya ke salon aja sih, ngga pernah pakai sendiri

    ReplyDelete
  19. banyak juga bahan alami yang bias kita pakai ya mba..aku alhamdulillah tidak begitu terganggu ketombe

    ReplyDelete
  20. Ketombe dan rambut rontok, udah itu kondisi yangsering dialami oleh orang yang berhijab yaaa.. Oke, thanks untuk tipsnya ya Mba Heni. Bagus nih untuk dipraktekkan.

    ReplyDelete
  21. lengkap banget tipsnya..:) izin share yaa

    ReplyDelete
  22. Saya banget tu rambut berminyak. Alhamdulillah sekarang udah gak ketombean. Dulu sering juga oles oles bahan alami. Jeruk nipis dan lidah buaya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9