Menu Buka Puasa: Sate Ayam Saus Selai Kacang Skippy

Menu Buka Puasa
Sate Ayam Saus Selai Kacang Skippy

Ramadan tahun ini kami mencoba lebih banyak stay di rumah. Alasan utamanya adalah supaya Rayyaan bisa lebih mudah sholat di masjid khususnya saat Tarawih. Saya juga minta Papanya nggak perlu mampir ke mana-mana sepulang kantor kalau nggak urgent supaya bisa lebih cepat sampai di rumah. Jadi nggak perlu cari lauk dulu. 



Karena itu mau nggak mau jadi harus siap makanan di rumah alias masak sendiri. Meski menunya yang simpel-simpel aja, karena toh sebenarnya saat bulan Ramadan kita nggak perlu numpuk makanan di meja makan. Ya nggak sih?

Baca: Cara Membuat Soto Ayam Ala Mama 2R.

Makan camilan 1-2 biji plus segelas air aja udah berasa cukup. Setelah sholat tarawih, makan malam dengan nasi plus satu jenis lauk and sayur juga cukup. Jarang-jarang rasanya bisa makan berat lagi di atas jam 9. Paling ya ngemil atau minum jus buah. 


Supaya nggak terlalu repot, weekend kemarin saya sempatkan melakukan food preparation sederhana. Ini nih yang saya siapkan:
- 1 papan tempe dipotong dadu untuk ditumis.
- 10 tahu kecil direndam air matang.
- 1 pak bahan sayur asam saya pisahkan antara bahan keras dan empuk, lalu dimasukkan ke kotak (bisa 3 x masak)
- 200 gram daging sapi diris dan dicampur bumbu untuk ditumis.
- 300 fillet ayam dipotong dadu dan diberi bumbu untuk dibuat sate.
- 1 ekor ayam diungkep.
- 1 pak pempek dimasukkan ke wadah plastik.
- camilan yang saya buat sendiri (dari mie, tahu, kornet) dimasukkan ke wadah plastik.
- jus semangka dibekukan.
- nanas madu dikupas dan dipotong untuk campuran tumis daging atau dijus.

Baca: Resep Kwetiaw Goreng.

Setelah beres-beres bahan makanan di kulkas, lanjut deh masak menu buka puasa. Masak apa ya? Daging ayamnya aja deh yang dimasak. Saya mau buat Menu Buka Puasa: Sate Ayam Saus Selai Kacang Skippy.

Bahan:


1. 300 gr fillet ayam, potong dadu.
2. 3 sdm kecap manis.
3. 1/2 sdt garam halus.
4. 1 sdt ketumbar bubuk.
5. 1/2 sdt lada halus.
6. 3 siung bawang merah.
7. 3 siung bawang putih.
7. 2 sdm air perasan jeruk nipis/jeruk lemon.

Bahan saus:


1. 300 ml air.
2. 4 sdm penuh Skippy Peanut Butter jenis Chunky.
3. 2 sdm kecap manis.
4. 1/2 sdt garam halus.
5. 1/2 sdt penyedap rasa.
6. 2 cabai merah dan 4 cabai rawit.
7. 3 siung bawang merah.
8. 3 siung bawang putih. 
9. 2 sdm air asam Jawa.
10. 1/2 sdt gula pasir.


Bahan/perlengkapan lain:


1. 15 buah tusuk sate.
2. Panggangan teflon.
3. Margarin dan kecap untuk olesan.
4. Jeruk sate.
5. Bawang goreng.

Baca: Resep Crispy Onion Rings.

Cara membuat:


1. Campur potongan ayam dengan bahan no 2 s.d 7, diamkan supaya bumbu meresap (saya simpan di kulkas).
2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawanh putih, sisihkan.
3. Masukkan 300 ml air dalam panci, tambahkan 4 sdm penuh Skippy Peanut Butter jenis Chunky, aduk rata.
4. Tambahkan bumbu halus, kecap, garam, penyedap rasa, dan air asam Jawa.
5. Masak dengan api kecil sambil diaduk rata hingga saus mengental.


6. Tusuk daging ayam dengan tusukan bambu.
7. Olesi panggangan teflon dengan margarin, panaskan dengan api kecil.
8. Siapkan campuran margarin dan kecap untuk olesan daging ayam.
9. Panggang daging ayam hingga matang sambil sesekali dioles.
10. Saat sate ayam sudah matang, susun dalam piring, beri saus kacang dan perasan jeruk sate, beri taburan bawang merah goreng, sajikan.


Nggak nyangka ya bisa buat saus kacang untuk sate pakai Skippy Peanut Butter. Sengaja pakai yang Chunky karena masih ada butiran kacangnya, jadi selainya tidak halus seperti yang Creamy. Jadi pas banget untuk bumbu sate ayam.

Baca: Resep Homemade Burger Patty.

Ternyata Skippy Peanut Butter nggak hanya bisa untuk jadi olesan roti atau campuran kue kering saja. Kita juga bisa berkreasi menggunakan selai ini untuk bahan masakan seperti Menu Buka Puasa: Sate Ayam Saus Selai Kacang Skippy.



20 comments on "Menu Buka Puasa: Sate Ayam Saus Selai Kacang Skippy"
  1. Mau bgt dong sate ayam, apa lagi kalau bumbunya pake skippy

    ReplyDelete
  2. Inovasi nih ya Mbak, saya kalau makan sate itu sukanya di bumbu kacangnya, emang doyan kacang sih. Heheheh. Mau coba juga aahh. Cuss cari Skippy dulu.
    Makasih resepnya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. kaget dong pas baca judulnya, serius apa ngga eh ternyata beneran pakai saus kacang skippy. Ini terobosan baru sih, biasanya kan paling buat roti atau cake gitu. Mantap resepnya mba.

    ReplyDelete
  4. Wah kreatif nih mbak Heni, pasti enak nih pakai selai skippy... Teksturnya lembut dan kacangnya berasa:)

    ReplyDelete
  5. Wuih cantik hasilnya ya. Bikin selera makan makin nambah.
    Bulan puasa memang maunya yg praktis praktis tanpa ribet dalam menyajikan menu buat keluarga. Izin save resepnya ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. Jadi laperr
    Skippy yg biasany identik sama kue2 kini dijadiinsalah satu bahan masak
    Enak juga keliahatanny
    Simpenn

    ReplyDelete
  7. Wah untuk bikin sambel sate nya nggak butuh tambahan kacang ya. Cukup dengan Skippy aja udah bisa. Mumpung masih ada stok Skippy di rumah, bisa nih nyobain resep sate ayam saus selai Skippy

    ReplyDelete
  8. Huaa belum pernah coba nih saus skippy biasanya buat toping roti sama minuman aja nih, tapi insya allah mau coba menu lain pake ini.

    ReplyDelete
  9. Waah satee bumbu skippy..pasti enak. Eh tapi aku kalau Skippy kadang suka di makan gitu aja saking doyannya :)

    ReplyDelete
  10. ini inspiratif banget aku pikir skippy cuma bisa jadi selai oles buat makan roti tapi ternyata bisa biat macem macem

    ReplyDelete
  11. Wah tampilannya menggoda pisan..jd keidein..makasih ya

    ReplyDelete
  12. sate ayamnya naik kelas nih pakai bumbunya dari skippy :) Jadi inget rasa sate di resto2 jadinya

    ReplyDelete
  13. Bisa dicontoh nih mbak resepnya. Belum pernah saya bikin sate ayam sendiri di rumah. Kalau lihat caranya diatas sepertinya mudah dipraktekkan di rumah. Cukup memanggangnya pake teflon aja dan sausnya pake skippy peanut cream...pasti buka puasa dengan sate ayam saus kacang skippy ini bikin seisi rumah puas ya mbak...TFS ya mbak....

    ReplyDelete
  14. Wow kayaknya menarik. Waktu sy tinggal di Australia, sering liat org sana bikin bumbu kacang itu memang pake selai kacang, semacam skippy ini. Kayaknya lebih gurih ya karena ada butternya. Kepingin coba kapan2.

    ReplyDelete
  15. Endes banget ini pastinya ya mba Hen
    udah ada satenya yang biasanya berbumbu kacang, ditambah selai kacang sikppy lezat

    ReplyDelete
  16. Wawawaa....
    Kebayang nikmatnya bumbu sate yang pakai Skippy ginii...
    Pasti lebih endeeuusss rasanya.

    Akutu suka banget sate.
    Hiihi...tapi ga pernah bikin sendiri.

    ReplyDelete
  17. Wah kreatif nih mba Heny olahan Skippynya. Ternyata bisa jadi enak gitu ya untuk campuran saus sate. Jadi ga perlu nguleg kacang sendiri untuk dijadikan sambal satenya. Layak dicoba nih.

    ReplyDelete
  18. rasanya jadi ada manis gurihnya ya mba pakai selai skippy, aku ikut penasaran

    ReplyDelete
  19. Saya suka sate, Mba.
    Wahhh setelah lahiran nanti mau coba praktekin resep ini ahhh, kayaknya lumayan mudah nih cara buatnya :)

    ReplyDelete
  20. Keren banget inovasinya sate ayam dari Skippy ya, mantap Mama 2R pasti lahap ini buat buka puasa ya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9