Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Resep Sayur Asem, Bumbu No 6 Bikin Kuahnya Lebih Sedap!

Resep Sayur Asem

"Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam Jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini." - Wikipedia

Siapa suka sayur asem? Saya sih suka banget. Sayur ini bisa dibilang sayu berkuah kesukaan saya. Dimakan pakai tempe goreng, nasi hangat, plus sambel terasi, paling uwow banget rasanya. Kombinasi makanan yang sepertinya sederhana tapi sedap dan bisa bikin nambah nasi hi hi.


Sekarang banyak bumbu instan untuk sayur asem beredar di pasaran. Saya sih nggak kontra sama bumbu instan seperti itu karena di keadaan darurat juga berguna banget. Sesekali dipakai sih it's OK. Meski begitu ada baiknya kita juga belajar Resep Sayur Asem. Jadi kita tau, bahan-bahan apa aja sih yang bikin sayur asem ini jadi enak.

Baca: Menu Buka Puasa - Sate Ayam Saus Selai Kacang Skippy.


Oh iya, kalau di Lampung biasanya bahan sayur asem sudah dijual per plastik atau per pak. Jadi kalau ke tukang sayur tinggal tanya aja deh

"Mbak/Teh/Bude, ada sayur asem nggak?"

Biasanya seplastik sayur asem itu isinya ada:

1. Daun melinjo/tangkil
2.Kol
3. Melinjo/tangkil
4. Jagung
5. Kacang panjang
6. Labu siam
7. Kacang tanah
8. Asam Jawa
9. Lengkuas

Kadang ada juga yang isinya pakai nangka muda. Kalau belimbing sayur? Hmm... Saya jarang sih menemukannya, bahkan hampir nggak pernah.


Bahan lain yang kita perlukan untuk membuat bumbunya adalah:

1. Bawang merah (3 siung)
2. Bawang putih (3 siung)
3. Lengkuas (1 ruas, digeprek)
4. Kemiri (1 buah)
5. Cabai merah (3 buah, buang bijinya)
6. Terasi bakar kemasan (1/2 bungkus)
7. Kacang tanah (1 sdt)
8. Garam
9. Gula 



Cara membuat:

1. Cuci bersih sayur, kol disobek-sobek, kacang panjang dipotong 4-5 cm, labu siam dipotong dadu, jagung dipotong-potong.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi bakar, kemiri, dan sebagian kacang tanah.
3. Didihkan 1 liter air, masukkan melinjo, jagung, kacang tanah, lengkuas, dan asam Jawa. Biarkan bahan yang keras seperti jagung dan melinjo jadi empuk.
4. Tambahkan daun melinjo, labu siam, kol, serta garam dan gula.
5. Koreksi rasa (kalau di bulan Ramadan seperti ini saya cek lagi rasanya setelah berbuka), setelah semua bahan matang, angkat dan sajikan.

Baca: Resep Kwetiaw Goreng.


Sebagian orang lebih suka sayur asem yang cenderung bening atau transparan dan tanpa cabai atau terasi. Saya pribadi lebih suka yang agak pedas dan diberi sedikit terasi karena kuahnya jadi lebih sedap.

Baca: Resep Crispy Onion Rings.


Supaya kuah lebih berwarna karena itulah kemiri serta sebagian kacang tanahnya bisa dihaluskan. Rasa kuahnya jadi lebih sedap apalagi kalau ditambahkan sedikit terasi bakar. Nah itu dia Resep Sayur Asem ala Mama 2R. Selamat mencoba!

Comments

back to top