Perhatikan Aturan Pemberian MPASI Secara Tepat Sesuai dengan Usia Berikut Ini


Wajar saja sebagai ibu muda yang pertama kali mempunyai buah hati sering merasa bingung kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan MPASI pada bayi. Pengetahuan ini sangat penting sekali, karena jika terlalu dini memberikan makanan pada anak bisa memberikan akibat yang cukup serius terutama pada bagi usus.


Bagi Anda yang masih merasa bingung, bisa cek melalui link https://www.guesehat.com/tanda-tanda-bayi-siap-memulai-mpasi-pertamanya yang berisi informasi kesiapan buah hati MPASI secara lengkap. Selain itu di Guesehat juga memberikan banyak lagi tips ataupun panduan untuk Anda yang akan memulai MPASI.

Secara umum pemberian makanan pendamping itu harus disesuaikan dengan umur buah hati Anda, meskipun perlu melihat tanda-tandanya pula. Nah, untuk melihat aturan secara lengkap berikut ini ulasannya:

Usia 6 Bulan


Ini merupakan awal bayi mengenal makanan, bisa mulai dengan menu MPASI pertama berupa menu tunggal untuk mengetes apakah si kecil alergi pada makanan tertentu. Bahan makannya bisa termasuk menu MPASI pertama dari sayuran.


Berapa lama menu tunggal ini bisa diberikan pada bayi? Biasanya antara satu sampai dua minggu. Setelahnya dilanjutkan dengan menu empat bintang yaitu campuran karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta buah atau sayur dan tambahan lemak.


Usia 6-9 Bulan


Pada usia ini anak sudah siap untuk mencerna makanan yang lebih padat, Anda juga bisa memberikan dalam frekuensi yang lebih banyak yaitu 3 kali sehari. Selain menu empat bintang, jangan lupa berikan buah sebagai snack.

Usia 9-11 Bulan


Umur yang terus bertambah menandakan anak yang lebih kuat lagi, anak siap untuk lebih mengkonsumsi lebih banyak jenis makanan. Karena aktivitas anak pada usia ini sudah mulai padat pula jadi perlu lebih banyak nutrisi.

Usia 12-24 Bulan


Bayi yang sudah berusia satu tahun sudah layaknya orang dewasa, mereka sudah mampu makan sebanyak 5 kali dalam sehari. Masih perlu juga tambahan snack dari buah, sayur atau biskuit bayi.


Nah, diatas merupakan beberapa peraturan penting dalam pemberian makan pertama untuk buah hati yang tepat. Dengan membaca beberapa ulasan diatas diharapkan Anda bisa lebih tepat melakukan tahapan MPASI yang maksimal kepada buah hati.

Karena jika semuanya sesuai dengan aturan tentu akan memberikan pertumbuhan otak, fisik dan kesehatan anak secara optimal. Semoga sedikit informasi diatas bisa membantu memaksimalkan pertumbuhan si kecil.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9