Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

BTS Foto Produk: Bolu Pisang Gula Aren

BTS Foto Produk: Bolu Pisang Gula Aren

Ya Allah, ternyata sudah dua bulan blog ini nggak diisi. Kemana aja sih? Kan tahun 2020 ini nggak banyak pergi-pergi, kok ngeblognya malah nggak produktif? Hayooooo! Sebenarnya sih tetap ngeblog, tapi dalam bentuk kolaborasi gitu deh. Di tulisan berikutnya ya insyaa Allah akan saya ceritakan tentang proyek ngeblog bareng teman-teman. 

Tahun ini akhirnya saya memutuskan untuk mengganti tampilan blog supaya lebih segar dan lebih simpel. Untuk kontennya, percaya nggak percaya sih ya saya mengalami mandek dalam jangka waktu yang lama. Saat mau menulis sesuatu, selalu muncul pikiran "Memang penting untuk ditulis dan dibagikan di blog?". 

Sampai akhirnya akhir pekan lalu saya menerima sebuah DM di Instagram. Ada seorang ibu yang bertanya tentang kesehatan anak. Memang lebih pas bertanya ke nakes ya. Sebenarnya sih si mbak sudah berkonsultasi ke nakes kok. Tapi mungkin butuh juga teman sharing yang punya pengalaman serupa dan qodarulloh sampai di blog dan Instagram saya. 

Jadi merasa tersentil deh. Nggak perlu ragu atau malu menulis konten organik, yang sifatnya pengalaman pribadi. Karena selain bisa menjadi penyaluran emosi, siapa tau ya yang kita tulis bisa membawa manfaat bagi orang lain. Minimal bisa jadi teman diskusi saja sudah alhamdulillah. Nah, doakan saya lebih semangat menulis di blog ya.

Rencananya sih blog ini akan saya jadikan juga sebagai catatan pengalaman memotret produk dan seputar home educationnya anak-anak. Untuk topik terakhir ini lebih ke curhat sih ya ha ha. Kalau untuk detil atau portofolio onlinenya anak-anak tetap ada di blog www.ourhappyproject.com


Canon EOS 200D

1/20, f 4.5, ISO 200


Sekarang yuk bahas foto produknya. Kali ini yang jadi obyek saya adalah Bolu Pisang Gula Aren dari @bolupisanggulaaren.lpg. Saat tau akan memotret bolu pisang, yang pertama dalam pikiran saya adalah "Cocok nih kalau pakai alas foto kayu cokelat." Yah sebenarnya sih biasanya saya diskusi dulu dengan klien, mau konsepnya seperti apa kemudian disesuaikan. 

Untuk bolu pisang ini saya menyiapkan dua tema. Pertama nuansa cokelat kayu dengan beberapa bahan untuk membuat bolunya. Kedua nuansa putih keabu-abuan dengan properti berupa poci dan cangkir teh. 

Oh iya, seperti yang bisa dilihat, bolu ini bentuknya mirip brownies sekat. Ada dua jenis produk yang saya foto, yaitu varian original dan yang mix 5 rasa. Untuk yang original, ukurannya sedikit lebih besar. Karena itu saya letakkan di sebuah cooling rack. Sementara yang mix 5 rasa saya letakkan di sebuah talenan jati. Harus hati-hati sekali memindahkan bolunya dari kotak ke wadahnya. 

Soal mindah-memindahkan produk makanan ini memang jadi salah satu tantangan terbesar. Karena kalau salah dan produknya rusak, tidak ada gantinya he he. Begitulah ya, seringkali fotografer rumahan harus siap dengan tantangan memotret produk yang the one and only. Tapi so far sih alhamdulillah seingat saya nggak pernah mengalami ada produk rusak sih. Kecuali memang ada sesuatu saat delivery ya. 

Untuk konsep berikutnya saya menggunakan marble tray atau talenan marmer sebagai alas. Nah, dipindahkan lagi deh produknya. Tenang deh, walau bolunya lembut tapi nggak mudah hancur kok. Di perjalanan juga aman. 

Oh iya, untuk foto produk yang ini maaf nih saya nggak sempat memotret suasana behind the scenenya, tapi akan saya sertakan data EXIF di bawah fotonya ya. 

Canon EOS 200D

1/13, f 4.5, ISO 100

Bagaimana dengan lightingnya? Saya menggunakan continuous light yaitu GODOX SL60W dengan softbox. Selain itu tak lupa saya gunakan juga reflektor. Ada reflektor fotografi 'beneran' dan ada juga yang pakai alas cake he he. It's very helpful lho! Oh iya, cita-cita saya sih tahun ini pengen nambah perlengkapan lighting lagi, aamiin...

Jangan lupakan peralatan lain yang sangat penting yaitu tripod. Hayo siapa yang masih merasa pakai tripod itu merepotkan? Justru nggak pakai tripod itu repot deh buat saya kalau sekarang. Repot banget kalau setiap saat harus menaruh kamera, ambil lagi, taruh lagi. Anglenya belum tentu bisa pas sama ya khan?

Selain itu ada kemungkinan tangan kita goyang misalnya karena capek, dsb. Jadi tripod itu penting banget deh. Kita nggak perlu menghabiskan waktu ngecek mana gambar yang ngeblur akibat pergerakan tangan. Jadi lebih hemat waktu, hemat tenaga, dan hemat kapasitas SD card. Punya tripod flatlay itu juga salah satu cita-cita saya he he. So kalau ada yang motret produk masih ogah pakai tripod, yuk buruan insyaf. 

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk memotret bolu pisang ini? Hmm... Berapa lama ya, saya lupa hi hi. Karena memang sudah hampir 2 minggu lalu sih ya. Yang jelas memang memotret produk itu nggak instan. Mau ambil gambar dengan sudut pandang berbeda saja perlu digeser-geser lagi deh obyeknya. Belum lagi perlu ada post processing sesudahnya.

Ah kalau teman-teman blogger yang sering menulis ulasan produk juga pasti taulah ya perjuangan mendapatkan foto produk yang kece he he. Tapi semua usaha rasanya terbayarkan saat klien senang dengan hasil fotonya. 

Oh iya, kalau yang belum tau, saya ada akun khusus untuk jasa foto produk yaitu @fotoproduklampung dengan tagline: Good Quality, Affordable Price, Capture with Heart. Yang belum follow boleh mampir ke akun saya ya, insyaa Allah akan difollow balik he he. 

Comments

  1. Mba Heniii, semoga 2021 ini semakin rajin blogging yaaa
    I really love your blog lho mbaa
    apalagi postingan kayak gini, yg rentan bikin mupeeengg buat maem bolu pisang gula aren :D
    Sekalian belajar cara foto produk F&B ugha
    makasii ya

    ReplyDelete
  2. Selamat tahun baru kalo gitu hehehe. Segar & bersih tampilan blognya di tahun 2021. Makin sukses dengan jasa foto produknya ya. Malu aku belum bisa foto nih

    ReplyDelete
  3. Foto-foto makanan Mbak Heni selalu terlihat menggiurkan. Kelihatan enak banget itu bolu pisangnya. Semoga kembali aktif ngeblognya ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya nih pengen lebih aktif ngeblog lagi

      Delete
  4. fotonya cakep banget mbaaa :) kuenya juga menggoda wkwkk btw aku salut sama food fotografi, propsnya bagus2 dan kok tahan ya menghirup aroma sedap berjam2 di depan matanya cuma buat di foto hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Memang baiknya motret makanan jgn dalam keadaan lapar hihi. Tp saya pernah si motret pas bulan puasa. Harus sabar sabaaaar

      Delete
  5. Foto2nya cakeep mbak, aku pribadi lebih suka yang nuansa putih, keliatan bersih dan menonjolkan si obyek fotonya (bolu pisang. Jadi pengin nyomot itu bolu pisangnya :D
    Aku senang liat foto-foto makanan seperti ini, kalau aku sih nyerah kalau sudah soal potret memotret, biasanya langsung asal jepret aja di hp, pake auto hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba. Memang selera juga requestnya klien kadang beda2. Ada yang mau nuansa brigt ada yg mau kayu2an. Ada yang mau keduanya.

      Delete
  6. Selalu suka sama angle foto-fotomu Mbak. Cakep, menggugah selera. Selama pandemi ini juga aku malah kendor nulisnya. Kebanyakan mikir. Emang worth it kalau ditulis? Jiahahaha.... sehati kita (((sehati))).
    Btw aku termasuk yang males moto pake tripod. Baiklah kalau gitu mau dirajinin pake tripod. Kan sayang ya udah dibeli tapi malah dianggurin

    ReplyDelete
  7. Masyaallah..begitu buka link artikelnya langsung kagum sama foto-fotinya. Teenyata terima jasa foto, cakeeep pisan. Btw bolu pisang ini favorit aku tapi aku sering gagal bikin hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu suka buat Mba. Tapi sekarang jarang hehe. Memang enak dan manis. Lembuuut

      Delete
  8. Yass mba ga bisa instan kalau foto produk itu apalagi yang cem gini nih propertinya kece banget pengen banget beli aku juga mengasah lagi kemampuan motretnya hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya selalu suka dengan hasil fotonya Mbak Heni. Kalau lewat di instagramnya pasti langsung diem lama memperhatikan objek fotonya yang pas dan enak dilihat. Propertinya juga lengkap. Baguus..!

    ReplyDelete
  10. Yang pake marble tray itu konsepnya cantik mbaaa... kelihatan bersih dan fokusnya langsung di objeknya ya. Aku pengin punya props yang warna putih bersih gitu mba, biar makanan yang difoto tuh enggak kesamar dengan propsku yang rata-rata berwarna-warni. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess Mba. Marble tray ini idamanku banget. Alhamdulillah dapet seller yang terpercaya.

      Delete
  11. Mbak Heni fotonya selalu cakep, gak tau lagi deh. Aku belum bisa bagus kalau foto makanan, masih harus belajar banyak dari Mbak nih. Foto keduanya cantiik tapi aku lebih suka yang bernuansa coklat kayu di atas, manis banget fotonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba. Selera klien juga kadang beda2 kita tinggal ngikut aja sambil diskusi soal cocok atau nggaknya

      Delete
  12. Smangat nulis konten organik, aku ga maluu ko dan banyak juga yang organik, yang penting diselingi dan sesuai mood nulis, hahaa.
    Btw suka banget sama hasil potonyaa, bersiih dan menggoda banget bolu pisangnya buat dicomoot atulaah, mauuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nih Teh. Kangen curhat di blog. Tapi Mudah2an curhatnya bisa bermanfaat juga

      Delete
  13. Dari fotonya dah keliatan enak banget ya ini. Btw suka banget sama pengambilan gambarnya mak Heni kalau foto makanan kita terbawa ngiler jadinya hehe.

    ReplyDelete
  14. Jipper juga lihat hasil fotonya mbak Heni nih.. Anglenya yg tema putih itu kok bagua dan menggugah selera nih mbak buat cobain bolunya. Xixixixi. Sukses ya mba.

    ReplyDelete
  15. Foto bolu pisang gula arennya cakep banget, Mbak, jadi ngiler pengen langsung cicipin bolunya. Recommended banget ini mah untuk foto produk serahkan saja ke foto produk Lampung.

    ReplyDelete
  16. Duh, lihat hasil foto Mbak Heni ini selalu bikin takjub. Cakep bangeeet. Dan aku jadi salfok sama Bolu Pisang Gula Arennya. Enak bangeeet itu buat dicomot. Jadi temen ngemil sore sama teh enak bangeeet. :D

    ReplyDelete
  17. HUwaaa suka banget dengan postingan bocoran2 behind the scene poto2 yang kece gini mbak.
    InsyaAllah nanti aku praktikkan :D
    Sering2 ya mbak bikin contekan kek gini :D

    ReplyDelete
  18. Cantik sekali blognya..
    Memang untuk menampilkan sesuatu yang fresh dan cantik membutuhkan perjalanan dan proses yang panjang yaah...
    Seperti foto cantik blu pisang ini..yummiii banget...

    ReplyDelete
  19. Kece banget hasil fotonya, effortnya nggak main-main ya, selalu salut sama yang bisa foto bagus begini

    ReplyDelete
  20. Tampilan blognya makin fresh ya. Malah tadinya saya kira pake WP lho Mbak eh sampai di kolom komentar baru tahu, BP juga. Btw saya juga hepi banget kalau dapat DM dari pembaca blogku yang kebanyakan suka baca postingan2 organik. Yah semoga tahun ini bisa lebih meningkat postingan organik.

    Oia kayak brownies ya ternyata ini kue bolu pisang ya. Kerena. Makin kreatif ya orang buat kue bolu. Rasanya juga pasti maknyus banget nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top