Thursday, June 18, 2015

Proyek Sains: Lentera Bintang

Proyek Sains: Lentera Bintang.

Beberapa hari lalu saya membuat status tentang senter kecil dan batu akik. Lho, hobi batu akik jugakah? Hobi lihat aja, belinya nggak hi hi. Sebenarnya sih saya memang nyari senter mungil, dan Eyangkungnya bilang biasanya penjual batu akik juga jual (untuk nyenterin batu he he). Iseng nyari di supermarket terdekat eh nggak ada. Mau ke pasar atau ke penjual batu akik udah nggak sempat (mepet H-1 puasa, jalanan padat). Akhirnya Eyangkung beli korek api yang ada senternya di warung. Sibuk banget nyari senter kecil buat apa sih?



Buat bikin lentera bintang ini nih. Yang membuat sih saya, soalnya harus berurusan dengan gunting tajam dan korek api gas. Rayyaan memainkan yang sudah jadi aja ha ha. Bahan dan alat yang diperlukan adalah toples kaca (dijual di TBK), alumunium foil, senter kecil, gunting. Alumunium foilnnya dilubangi dengan gunting, lalu masukkan ke dalam toples. Masukkan senter kecil yang menyala, pasang tutupnya, lalu matikan lampu ruangan.

Baca: Proyek Sains - Mewarnai Susu dengan Efek Tye Dye.


Taraaaaaa. Lucu juga ya lenteranya (ih kok muji diri sendiri). Jadi cahaya senternya keluar dari sela-sela lubang alumunium foil. Tahu nggak, kalau kita pakai alumunium foil yang keras (memotong loyang alumunium foil macam yang dipakai untuk membuat klappertart - tapi yang ukuran besar), kita bisa membuat lubangnya dengan pola rasi bintang lho. Soalnya loyang klappertart kan lebih kaku. Selain itu kalau senternya pakai senter LED mungil (seperti yang dipakai orang jogging), cahaya yang keluar akan lebih kelihatan indah, seolah ada rasi bintang di kamar sendiri! Tapi yang ini juga sudah lumayan he he. Kapan-kapan kita buat lentera bintang yang lebih bagus yaaaaa.


2 comments:

  1. ah seru nih, kalo lagi mati lampu idupin ini, serasa di alam bebas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau senternya lebih greng sinarnya, lebih berasa ada bintang2 d kamar atau kunang2 :D

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29