Tuesday, June 30, 2015

Proyek Sains: Mewarnai Susu dengan Efek Tie Dye

Proyek Sains: Mewarnai Susu dengan Efek Tie Dye.

Sebelum lanjut ke step by step percobaan sainsnya, saya mau sedikit kasi info untuk istilah tie dye. Tie dye kalau dalam bahasa Indonesia itu artinya ikat celup. Ikat celup itu teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain dengan cara tertentu, kemudian dicelup ke dalam zat warna yang akan membentuk corak yang unik. Saya punya dress favorit dengan corak tie dye begini he he.



Kalau punya susu di kulkas yang kemasannya sudah dibuka lebih dari 4 hari dan ragu mau meminumnya, bisa dimanfaatkan tuh buat percobaan sains: Susu dengan Efek Tie Dye. Nggak perlu susu dalam jumlah besar kok untuk melakukan percobaan ini. Yang penting permukaan piringnya tertutup susu, kita juga bisa menggunakan piring ukuran kecil supaya lebih hemat.


Alat dan bahan:

1. Susu UHT full cream plain (jangan pakai yang low fat) secukupnya.
2. Piring.
3. Sabun cuci piring secukupnya.
4. Cotton bud.
5. Pewarna makanan water based (minimal warna dasar: saya pakai merah rose, biru, kuning tua).

Baca: Masukkan Mobilnya ke Garasi Suku Kata.

Cara melakukan:

1. Tuang susu secukupnya ke piring.
2. Tetesi pewarna makanan dengan hati-hati.
3. Celupkan cotton bud ke dalam sabun cuci piring.
4. Lalu celupkan cotton bud tadi ke susu dan lihat apa yang terjadi!

Berhubung kalau sudah melakukan percobaan ini bareng Rayyaan kayaknya bakal susah mau foto-foto, jadi saya sengaja siapkan lebih dari satu piring. Lihat perubahan yang terjadi pada susunya lewat foto dan video di bawah ini ya.

Baca: Es Palu Butung.






Saat meneteskan pewarna makanan ke susu, kita lihat warnanya cenderung menetap saja di permukaan. Ini karena pewarna makanan memiliki densitas (massa jenis) yang lebih rendah dibanding susu, jadi pewarnanya 'mengapung' di permukaan susu, dan pewarnanya tidak bercampur dengan susu karena kita tidak mengaduknya.


Lalu saat kita menambahkan sabun cuci, yang terjadi adalah sabun menurunkan tegangan permukaan susu (molekul lemak susunya larut dalam sabun). Nah kan masih ada tuh bagian susu yang tidak terkena sabun. Tegangan permukaannya susu yang tidak terkena sabun ini lebih besar dan akan menarik permukaan susu menjauhi titik yang terkena sabun. Pewarna makanannya ikut tertarik menjauh deh. Pewarna makanannya bahkan bisa seperti 'tenggelam' lalu timbul lagi di tempat lain. Kalau satu warna sudah tercampur dengan warna lain, jadi seperti ada efek tie dye yang cantik. Oh iya, susu bekas percobaannya jangan diminum ya he he.




4 comments:

  1. kreatif banget ya, pasti anak2 suka mencobanya

    ReplyDelete
  2. susunya jadi cantik ya, kalo disimpen boleh gak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Disimpn fotonya aja boleh Mbak

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29