Sunday, June 28, 2015

Proyek Sains: Es, Garam, dan Pewarna Makanan

Selama bulan Ramadan ini seingat saya di Bandar Lampung belum pernah turun hujan, jadi cuaca memang terasa panas sekali. Bukan takut nggak kuat puasa sih, cuma khawatir aja dengar kabar di daerah lain sudah mulai paceklik air. Mudah-mudahan hujan segera turun deh. Aamiin... Panas-panas begini enaknya main-main air atau yang lebih dingin lagi, yaitu es. Mau ajak Rayyaan bereksperimen dengan es ah.




Malam harinya saya sudah membekukan air dalam sebuah mangkuk kecil. Keesokan harinya setelah beku, esnya dikeluarkan dan ditempatkan dalam wadah lain agar air lelehannya tidak tumpah atau meleber kemana-mana. Lalu saya ambil 2 sdm garam halus dan mengajak Rayyaan menaburkan garam tersebut ke atas esnya.

Baca: Main Lempar Tangkap Balon.


Kalau dibiarkan begitu saja di suhu ruang, es memang perlahan akan meleleh. Tapi dengan menambahkan garam, es akan lebih cepat meleleh. Lihat deh, permukaan es yang kena garam akan mulai terkikis dan berlubang. Nah sekarang teteskan pewarna makanan ke atas esnya. Lubang-lubang yang terbentuk karena garam akan lebih jelas terlihat, bahkan jadi terlihat cantik, seperti ada pelangi di esnya! Kami hanya menggunakan 3 warna dasar saja, toh kalau tercampur akan terbentuk warna lain seperti merah tua, oranye, hijau, dan ungu.


Rayyaan sih suka banget diajak meneteskan pewarna makanan ke esnya. Setelah ditetesi pewarna makanan, jadi mirip es serut ya he he.


Nah sekarang coba deh angkat esnya, kalau terkena sinar matahari jadi terlihat tambah cantik deh warnanya.

Baca: Proyek Sains - Cara Unik Meniup Balon.



Bacaan:




17 comments:

  1. Aseggg..dpet mainan lg nih bwt ken..
    Makasih bgd y mak :)

    ReplyDelete
  2. wuuiihh...keren percobaannya (y)

    ReplyDelete
  3. Belajar jadi menyenangkan kalau kayak gini ya mbak.
    Boleh dimakan ga tuh mbak... cantik banget jadi haus... Xixi
    Dulu jajanan favorit saya es gosrok terus dikasih sirup warna-warni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Esnya dari air matang kok Mbak, cuma kalau pewarnanya segini mungkin jadi pahit rasanya hehe

      Delete
  4. Percobaannya keren, hasilnyapun cantik.. Nyoba aah... ;)

    ReplyDelete
  5. woww cantik banget mak..klo pkai air gula yg dibekukan bs gak ya..kan ntik bs dimnm...hehe..habisnya ngecess lihatnya makkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus ditetesi sirup Mbak hihihi. Tambah seger deh :D

      Delete
  6. Wuih lucu. De Zaudan pasti suka. Niron ya. Heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau cuaca panas gerah Mak. Biasnaya si bocah ga nolak diajakin main yg adem2 hehe

      Delete
  7. Seneeng kalau main ke sini. dapet banyak inspirasi mainaaan.. TFS yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Mak ^_^ saya juga seneng kalo jalan ke blog Mak2 lain termasuk Mak Isti. Banyak dapet info bermanfaat :)

      Delete
  8. Wuih, asyik nih bisa mainan es dan pewarna..kapan2 nyoba buat Faris ah :) Makasih sharenya ya Mb Heni.

    ReplyDelete
  9. Manteeep... Bikin seneng anak anak yaa...:)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29