Thursday, June 25, 2015

Proyek Sains: Cara Unik 'Meniup' Balon

Proyek Sains: Cara Unik 'Meniup' Balon.

Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya. Hijau, kuning, kelabu. Merah muda dan biru. 
Kayaknya nggak ada anak yang nggak tahu lirik lagu ini ya. Biasanya setiap anak balita pasti sudah bisa menyanyikan lagu ini. No wonder deh kalau balon jadi salah satu mainan favoritnya anak balita. Yuk ajak mereka 'meniup' alias menggelembungkan balon dengan cara yang unik.



Menggelembungkan balonnya bukan dengan cara ditiup pakai mulut atau pakai pompa lho, tapi dengan soda kue dan cuka makan. Lho memang bisa? Bisa dong, simak caranya yuk!


Bahan dan alat:

1. 2 sdm soda kue (atau mau pakai baking powder juga boleh).
2. Sebotol cuka makan (lebih banyak lebih bagus).
3. Sebuah balon.
4. Sebuah botol bekas air mineral.

Cara:

1. Masukkan soda kue ke dalam balon lewat sebuah corong plastik.
2. Isi botol air mineral dengan cuka makan.
3. Pasang balon ke mulut botol (lihat gambar).
4. Angkat balon yang masih kempes hingga lurus sejajar dengan botol dan lihat apa yang terjadi.
5. Tuh balonnya menggelembung kaaaan?


Karena balonnya Rayyaan itu balon bekas dan cuka makannya hanya sedikit, jadi balonnya tidak menggelembung maksimal. Sebenarnya cuka makan harganya cukup murah sih, hanya Rp 1.000/botol, tapi disimpan dulu deh ya. Buat menggelembungkan balon yang masih baru aja he he. Percobaan ini in syaa Allah aman kok untuk balita. Ini sudah ketiga kalinya Rayyaan main-main dengan soda kue dan cuka makan. Sebelumnya Rayyaan pernah membuat Gunung Berapi dan Erupsi Warna-Warni dengan soda kue dan cuka makan.

Reaksi: soda kue + asam cuka → asam karbonat + garam natrium asetat
Asam karbonat (H2CO3) tidak bisa ada dalam konsentrasi besar, karena ada reaksi kesetimbangan:
Reaksi: Asam karbonat ↔ karbon dioksida + air.


Nah itu tuh penjelasan ilmiahnya he he. Intinya sih, kalau soda kue dicampur dengan cuka makan, akan terbentuk gas karbon dioksida. Nah gas ini nih yang membuat balonnya jadi menggelembung. 

Bacaan:



18 comments:

  1. weits..rayyan g takut ya...belum pernah nyoba mak...lumayan maksimalin soda kue dikulkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena udah pernah main main sama soda kue dan cuka juga Mak, jadi cuek aja :D

      Delete
  2. Solusi juga nih buat yang malas meniup balon. Benar-benar cara unik dan ide yang kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang mau ditiup banyak lebih baik pakai pompa si he he

      Delete
  3. aku paling gak bisa deh kalo udah bau-bau fisika hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung penjelasannya bisa cari by googling he he

      Delete
  4. wah bisa dicoba nih. lumayan mulut gak capek niup balon yang banyak itu. hihi. makasih mak :))

    ReplyDelete
  5. Mantap bu, blognya.... Seru nih. :)

    ReplyDelete
  6. Waaah.. Ide bagus niih.. Dan berguna menambah pengetahuan yaaa... Balonnya unguu lagiii hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini salah satu warna kesukaan Emaknya :D

      Delete
  7. jadi gasnya itu karbondioksida ya ,mbak... kalau pakai ragi dan gula mungkin bisa juga kali ya...

    ReplyDelete
  8. Waah begitu gampangnya. Ga capek deh mulut untuk niup balon. Udah difollow ya mak. Ditunggu folback di http://elly-hasilmasakanku.blogspot.com

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29