Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Foto Produk: Sehati Aqiqah Lampung (Bagian 1)


Anak adalah anugerah yang kehadirannya ditunggu-tunggu oleh orang tua. Sebelum kelahiran anak, banyak perlengkapan yang biasanya dipersiapkan seperti baju, tempat tidur, dan lain-lain. Setelah sang anak lahir, ada hal lain yang perlu dipersiakan oleh orang tua yaitu menyelenggarakan aqiqah.

Aqiqah dalam istilah agama adalah sembelihan untuk anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Jadi dalam penyelenggarakan aqiqah juga ada ketentuannya. Misalnya, untuk anak laki-laki yang disembelih adalah dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.

Baca juga: Behind the Scene - Magical Ice Tea.

Daging yang dipotong ini disunnahkan untuk dimakan sepertiga bagiannya, sepertiga bagian lain dihadiahkan kepada sahabat atau teman-teman orang tuanya, dan sepertiganya lagi disedekahkan kepada kaum Muslimin. 

Waktu penyelenggaraannya sendiri disunnahkan pada hari ketujuh dari kelahiran. Jika terlewatkan maka dilaksanakan pada hari keempatbelas. Jika terlewat lagi, maka dilaksanakan pada hari keduapuluhsatu. Namun ada sebagian ulama berpendapat bolehnya melakukan aqiqah selain waktu di atas, sehingga orang tua yang belum mampu bisa melaksanakannya ketika sudah mampu. 

Jika ingin melaksanakan aqiqah sesuai waktu yang disunnahkan, kita tidak perlu khawatir merasa repot untuk mencari, memotong atau mengolah kambingnya sendiri. Bagi teman-teman yang berdomisili di Bandar Lampung dan sekitarnya kini bisa menggunakan jasa Sehati Aqiqah Lampung.

Baca juga: Cara Memotret Coffee Drip.

Alhamdulillah tahun lalu Sehati Aqiqah Lampung mempercayakan foto produk paket Nasi Box Aqiqah kepada saya. Foto produknya sendiri saya buat menjadi dua style. Yang pertama adalah foto dengan menggunakan kotaknya, kemudian masing-masing menu difoto secara terpisah. 



Foto produk dengan kotaknya ini menggunakan dua jenis latar atau background, pertama dengan latar polos berwarna pink dan biru. Kedua dengan latar atau alas foto kayu. Pemilihan warna latar polosnya mengikuti kombinasi warna kotaknya. 

Tantangan memotret produk dengan kemasan kotak plus isinya adalah bagaimana mendapatkan foto yang semua obyeknya masuk frame dan terlihat jelas. Jadi saya menggunakan meja yang lebih rendah, sudut pengambilan foto yang lebih tinggi, serta gunakan F stop yang lebih besar. Kadang mau nggak mau ya harus naik turun kursi saat memotret produk he he. Jadi memotret produkpun sebaiknya dalam kondisi fit. 

Baca juga: Behind the Scene - Bolu Pisang Gula Aren.

Tantangan lain adalah bagaimana supaya saat pengiriman produk, kotaknya tetap bagus dan menunya tidak mengenai kotaknya. Karena itu biasanya saya meminta supaya kotaknya tidak usah dibentuk dulu dan masing-masing menu dikirim dalam plastik terpisah

Kalau mau langsung dimakan sih nggak masalah ya semua menunya langsung diletakkan di partisi dalam kotak😄 Tapi kalau untuk foto produk, sebaiknya dikirim dalam wadah terpisah. Di lokasi baru deh semuanya ditata untuk difoto. Oh iya pada sesi yang ini saya tidak menggunakan tambahan properti lain ya. Karena obyek yang harus difoto juga sudah banyak. 



Di atas ada secuil BTS alias behind the scene pemotretannya. Meski nggak terlihat sebenarnya ada lampu yang terletak di sisi kiri alas foto. Di sisi kanan ada reflektor silver. Data exif untuk foto dengan latar polos dan latar kayu sama. 

Camera: Canon EOS 200D.

Lighting: Godox SL 60W.

Lens: 60 mm.

Exposure time: 1/13 sec.

F stop: f/14.

ISO: 400.

Dan inilah hasil lain dari sesi foto produk paket nasi box atau Nasi Kotak Sehati Aqiqah Lampung.







Bagi teman-teman di Bandar Lampung dan sekitarnya yang butuh informasi harga paket Sehati Aqiqah Lampung, sekalian saya bagian daftar harganya per Oktober 2022 ya. Teman-teman juga bisa menghubungi Sehati Aqiqah Lampung lewat akun Instagramnya @sehatiaqiqah_lpg.















Comments

  1. Bagus sekali ini mba hasil fotonya. Lihat foto makanan secakep ini berasa pengen langsung pesan dan mencicipi makanannya. Ada banyak paket juga yang ditawarkan ya

    ReplyDelete
  2. wah seru, baru kali ini baca ulasan yg mengulik fotografinya, tapi sekalian info juga tentang produknya. Keren mba, untuk area Lampung dan sekitarnya pasti Sehati Aqiqoh jadi pilihan pas untuk yang akan mengadakan aqiqoh buah hati tercinta. Sukses ya mba Heni ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mbak. Buat bahan konten tulisan he he. Jadi biar bisa promosi iya, tapi mudah-mudahan pembaca bisa dapat tips fotografi juga.

      Delete
  3. Cakeepp hasilnyaa, bikin ngiler sama menunya. Pemilihan warna backgroundnya juga oke banget, bener ya disesuaikan dengan kotaknya jadi bisa setema dan hasilnya rapi. keren mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak. Apalagi ini memang produk teman kuliah. Jadi seneng banget kalau bisa dapat foto yang cocok untuk marketing produknya hehe.

      Delete
  4. Senangnya di jaman now ini ada yang membantu para orang tua agar tak repot memasak kambing saat aqiqah. Serahkan saja kepada Sehati Aqiqah Lampung ^__^

    ReplyDelete
  5. Wuaaahh terima kasih udah berbagi ilmu motretnya mbak. Aku jadi tahu gimana caranya memotret nasi kotak gitu supaya terlihat estetis hehe. Duh aku jadi pengen makan sate dan gulai kambing deh liat poto2nya :D

    ReplyDelete
  6. Aku suka yang background warna biru deh, adem gitu kesannya. Tantangan foto produk dan produsennya juga kayaknya produk asli yang nantinya dibeli sama konsumen juga diusahakan serapi dan seberkualitas fotonya ya karena kan banyak, apalagi kalau di platform delivery makanan, foto produk makanannya bagus eh giliran pas datang makanannya zonk nggak kayak di foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak. Makanya ke klien disounding usahakan apa yang dijual ya itu yang dikirim ke fotografernya. Kecuali kalau macam garnish seperti irisan cabe atau misal kalau ada ukiran sayur gitu ya. Soalnya memang itu untuk pemanis foto aja.

      Delete
  7. Hasil fotonya proper ya, kak. Udah mewakili, untuk marketing. Dan sehati aqiqah ini lengkap ya isinya. Ada risalah aqiqah dan bisa dapet boneka qiqo si domba ya

    ReplyDelete
  8. Puas banget yaa.. kalau aqiqah ada yang bantu dan ternyata hasilnya bisa bikin bahagia banyak orang yang menikmati hidangan aqiqah.
    Karena gak mudah banget mengolah menu daging kambing agar rasanya lezat.

    ReplyDelete
  9. wah jadi cakep fotonya. saya pikir tadi fotonya tetap pakai alas yang kayu itu ternyata pas terakhir alasnya diganti ya pakai warna senada dengan boxnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top