Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

BTS dan Resep Magical Ice Tea



Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Masih semangat bikin macam-macam minuman atau makanan untuk berbuka puasa? Kalau saya sih buat yang mudah-mudah saja seperti teh manis atau teh lemon. Atau kalau tidak ya beli kelapa muda murni. 

Camilanpun biasanya beli saja dan tidak banyak jumlahnya. Begitulah, makin besar eh makin dewasa maksudnya, kalau buka puasa sudah tidak begitu ingin macam-macam. Minum air segelas plus kue dua buah aja rasanya sudah cukup nendang untuk hidangan berbuka.

Memilih minuman yang mudah dibuat atau membeli camilan juga karena faktor kepraktisan. Supaya nggak capek he he. Terutama karena bulan Ramadan tahun ini juga masih banyak mendampingi anak belajar di rumah, iya kan. 

Ada satu resep minuman yang ingin saya bagikan nih. Selain rasanya segar, warnanya juga cantik. Sepintas mirip minuman ala cafe ya. Tapi bahannya bukan pakai soda, lho. Jadi insyaa Allah lebih sehat juga. 

MAGICAL ICE TEA BUNGA TELANG


Bahan

💜 6 kuntum bunga telang
💜 200 ml air
💜 2 sdm madu
💜 150 ml air matang
💜 9 sdm sari lemon
💜 Es batu secukupnya

Cara Membuat

💛 Rebus bunga telang dengan air hingga air mendidih dan berubah warna. Bisa juga dengan meredam bunga telang dalam air panas seperti saat kita menyeduh teh, dinginkan.
💛 Campur madu, air matang, dan sari lemon, aduk rata.
💛 Siapkan gelas, masukkan es batu kira-kira 34 bagian gelas.
💛 Tuang air lemon madu.
💛 Tuang perlahan air rebusan bunga telang.

Jadi deh es ala ala cafe dengan bahan-bahan yang menyehatkan insyaa Allah. Magicnya di mana? Kalau belum diaduk, warnanya seperti gradasi begini kan ya. Dari warna kuning yang soft, kemudian jadi warna ungu yang tuaaa (atau kalau di shades or purple, warnanya mirip kategori Jam & Magenta). Berangsur ke warna Violet, Ungu, dan akhirnya Biru.

Kalau diaduk jadi warna apa Jadi warna UNGUUU!!! Hehe... Di situ magicnya. Karena air bunga telang yang biru kalau dicampur lemon memang airnya berubah jadi ungu.

BEHIND THE SCENE FOTO MAGICAL ICE TEA


Sekarang saya mau berbagi BTS atau behind the scene fotonya ya. Pertama-tama saya siapkan dulu alas foto berwarna putih. Pas banget pernah dapat hadiah alas foto putih yang waterproof dari @decorprops_jkt. Alas foto tahan air itu bikin tenang kalau mau main-main pakai es batu asli. Untuk backgroundnya saya pilih warna putih juga. Tapi sengaja saya beri jarak antara alas dan background. Jadi backgroundnya memang terlihat lebih gelap (keabuan). 

Kemudian saya siapkan dulu properti lainnya, seperti talenan, wadah madu, serta lemon dan bunga telangnya. Kapan meletakkan gelas dan esnya? Kalau semua sudah ready ya. Supaya es batunya juga lebih tahan dan tidak keburu mencair. 


Untuk pencahayaan, saya menggunakan continuous lamp dari sebelah kiri. Diffusernya sengaja saya lepas 1 buah untuk mendapatkan cahaya yang lebih keras. Di sebelah kanan saya gunakan reflektor berupa styrofoam putih.

Karena di foto ini saya ingin menonjolkan lapisan cairannya, maka saya gunakan gelas yang tinggi. Cara memasukkan es dan tehnya sudah saya tulis di atas ya. Berdasarkan hasil pengamatan kalau jajan es kopi aren, rata-rata penjual memasukkan es batunya dulu baru deh yang lain-lain. Kalau es batunya ditambahkan belakangan bagaimana? Lapisannya jadi tidak cantik. Bahkan akan bercampur duluan semua bahannya. 


Untuk memotret Magical Ice Tea ini saya menggunakan kamera Canon 200D, lensa 60 mm. Sedangkan untuk data EXIFnya sebagai berikut: 
ISO 200
Shutter speed 1/13
F 11.0

Bagaimana kalau memakai kamera handphone? Bisa juga kok. Nah ini waktu saya sempat jepret pakai kamera HP. Taken with Huawei Nova 3i. Data EXIF:

ISO 125
Shutter speed 1/200
F 2.2



Comments

  1. Wuah iya sekilas seperti minuman bersoda ya. Duh ini cantik sekali warnanya, moretnya juga baguus. Jadi pengin nyeruput magical ice tea nya, keliatan segeeer banget!

    ReplyDelete
  2. Duh keren amat fotonya, pantesan aja persiapannya aja lumayan rumit yaah
    Aniwey kayaknya aku belum pernah nyicipin bunga telang deh, itu kuntum bunganya direbus yah? Penasaran deh pengen nyicipin

    ReplyDelete
  3. Butterfly pea Ama bunga Telang sama kan yaa? Kemarin itu aku beli teh artisan, nsalah satu variannya butterfly pea tea. Yg kalo dicampur lemon berubah jd ungu juga.

    Enak sih memang, walo jujur aja aku beli pertama kali hanya Krn penasaran liat dia berubah wrna :D.

    Hasil fotonya baguuus mba hen :). Gradasinya kliatan bgt

    ReplyDelete
  4. BUAGUSS AMAATT Mba Heniii
    Gemess banget lihat warnanya yg colourful, cheerful tapi menenangkan bgt
    aakk, mau coba jugaaa

    ReplyDelete
  5. aku tuh sampai sekarang penasaran sama bunga telang, soalnya banyak yang bahas, warnanya soalnya menarik

    ReplyDelete
  6. baru tau kalo bunga telang bisa dijadikan minuman ya? lucuk banget mba warnanya..
    untuk rasanya gimana kah? aku belum kebayang rasanya kayak apa.. hehe

    ReplyDelete
  7. Best banget ini hasil jepretannya! btw kalau mau beli/kumpulin props itu gimana sih mba? maksudnya buat foto makanan dan produk2 itu, apa yg harus dipunya pertama kali selain alas foto? aku rada bingung gitu misal udah cek pinterest nah jadi kan pengennya banyak. hahaha..

    ReplyDelete
  8. Kebayang segernya. Fotonya juga bagus. Berbuka puasa pakai minuman ini pasti seneng banget, deh ^_^

    ReplyDelete
  9. Seger banget mba, kebetulan udah buntu nih m bikin es apa lagi ya buat buka besok...

    ReplyDelete
  10. Wow beneran kaya di kafe-kafe ya. Mana menyehatkan lagi, bukan soda. Next kalau ketemu bunga Telang, boleh dicoba juga. Suka yang kaya gini. Cantik

    ReplyDelete
  11. cakep banget mba... karena campuran madu sama lemonnya lebih kental, jadi lama tercampurnya ya.. Asik juga ya eksperimen bikin minuman gini, apalagi ini yang versi lebih sehat...

    ReplyDelete
  12. Aku dulu pernah dikasih biji bunga telang buat ditanam. Eh teryata lupa deh ga tahu dmana. Padahal dibuat jadi varian minuman gini mah enak

    ReplyDelete
  13. Cantik banget warnanya mbaa.. Saya punya pohon bunga telang tapi belum pernah nyoba dibikin minuman, sekarang mau coba ah buat minuman takjil nanti sore.

    ReplyDelete
  14. Pernah nyobain es teh bunga telang ini mba, beneran anak-anak saya juga excited. Cobainnya dulu di Bogor pas ke rumah temen. Asli nyegerin banget dan pengen coba sendiri di rumah ^^

    ReplyDelete
  15. Oke, rahasianya berarti ada pada saat memasukkan es batunya ya mba. Harus pertama ditaruh dulu, baru kemudian dituang cairan lemon madu, baru terakhir bunga telangnya. Manis banget loh mba perpaduan warnanya.

    ReplyDelete
  16. Warna es teh bunga telangnya bener-bener keluar ya...
    keren banget, mbak.
    Thank you ilmunya!

    ReplyDelete
  17. MasyaAllah warnanya Mba Heni. Cakep sekali belum pernah bikin seperti ini. Tapi pengen coba kapan kapan kalo selo.

    ReplyDelete
  18. Suamiku tuh suka metin telang buat diminum. Awalnya aku juga bingng kok telang biru bisa ungu warnanya, ternyata dia bilang pakein lemon jadinya ungu, eh beneran hihihi.
    Asyik ada resep magical ice tea bung atelang, jadi tinggal tambah madu ya, enak buat buka puasa

    ReplyDelete
  19. kereen memang fotonya mba dan pastinya unguuu.. I love it sooo very much karena rasanya juga enak ya. Aku justru coba yang mirip waktu ke Bali kemarin

    ReplyDelete
  20. Motret yang kereen banget.
    Membuat pembaca ingin segera mencoba menu minuman Magical Tea. Warnanya yang penuh keceriaan, pasti anak-anak juga suka yaa..

    ReplyDelete
  21. sumpah ya salfok banget sama softbox nya, memang menaikkan derajat dan martabat sebuah hasil foto, aniwe resepnya ga susah ya saya awal mengira bakalan ada soda didalamnya

    ReplyDelete
  22. yaampuun gradasi warnanya aja udah cakep bangeet.. baru tau bunga telang bisa dikreasikan sebegitu rupa yaa. keren banget mba. makasih buat inspirasi resepnya

    ReplyDelete
  23. Saya juga pecinta bunga telang nih mbaa biasanya cuma diseduh aja keknya perlu bikin kayak resepnya mba deh

    ReplyDelete
  24. Saya malah baru tahu bunga telang ini bisa dikonsumsi. Belum pernah coba juga. Btw suka dengan hasil potretnya. Keren. Bikin yang liat jadi pengen icip magical es teanya juga, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top