Wednesday, May 2, 2018

Tips Menyiapkan Bekal Plus Ide Bekal untuk 10 Hari


Seneng deh kalau Papa lagi di rumah alias nggak dinas luar. Ya kan jadi lebih mudah kalau pengen curhat, trus anak-anak jadi ada temen main lain selain Mamanya. Saat Papa lagi nggak dinas luar juga jadi saat-saat saya bisa membuatkan bekal makan siang. Ih udah gede kok masih bawa bekal, emang anak TK? Yeee, emang nggak boleeeh???


Kenapa Sih Bawa Bekal Sendiri?

Ya biar lebih ngirit lah. Kan udah jelas ha ha. Selain lebih hemat uang jajan apalagi? Hemat waktu juga, nggak perlu keluar kantor dulu buat makan dan jadi jarang tergoda jajan mie instan di kantin he he. Lebih sehat juga kan?

Hari 1

Keluarga saya sejak dulu nggak asing perihal membawa bekal baik ke sekolah ataupun tempat kerja. Jadi Akungnya anak-anak saat masih belum pensiun juga sering bawa bekal. Membantu banget terutama di penghujung bulan di saat dompet menipis hi hi.

Hari 2

Tapi menyiapkan bekal apa nggak repot ya? Nggak juga kok. Lha kan sekalian masak buat sarapan dan makan siang. Tinggal dimasukkan sebagian ke kotak bekal aja, iya kaaan? Alhamdulillah si Papa juga bukan tipe picky eater. Nggak masalah kalau menu bekalnya simpel-simpel aja hi hi. Supaya mengurangi kerepotan, ada nih tips menyiapkan bekal plus ide bekal untuk 10 hari:

Hari 3

1. Potong dan petik sayuran serta kupas bawang di malam hari. 

Pernah nggak baca resep masakan sedap sekejap hanya sekian menit? Beberapa masakan memang waktu pembuatannya nggak lama, tapi seringkali persiapannya yang butuh waktu lebih lama he he. Persiapannya ya termasuk mengupas bawang, ngulek-ngulek bumbu, metik-metik sayuran, mengiris-ngiris sayuran.

Hari 4

2. Siapkan beberapa makanan yang sudah diungkep.

Punya stok makanan yang sudah diungkep memudahkan banget dalam menyiapkan bekal. Jadi bisa tinggal digoreng. Misalnya stok ayam, tempe, dan tahu. 

3. Siapkan udang kupas dan bakso.

Sebagai bahan pelengkap tumisan, kita bisa menyiapkan stok udang kupas atau bakso di freezer. Udang mahal? Nggak perlu banyak-banyak kok, 100 gram saja sudah cukup. Masukkan kira-kira 1 sdm ke plastik kecil-kecil. Jadi 1 sdm itu bisa untuk satu kali memasak tumisan. Bisa juga untuk membuat mie goreng. Kalau nggak ada udang kupas, kita bisa menggunakan bakso ikan atau sapi.

Hari 5

4. Siapkan stok frozen food.

Saat merasa terburu-buru di pagi hari, stok frozen food juga bisa membantu. Contohnya apa? Ya misalnya chicken nugget, sosis, atau aneka olahan ikan sebagai selingan. 

5. Gunakan wadah bekal bersekat dan cuci segera setelah dipakai.

Wadah bersekat bisa memudahkan penyusunan makanan. Sebaiknya sih saat pulang ke rumah, wadah bekal langsung dicuci supaya besok paginya nggak terburu-buru karena harus mencuci dan mengeringkan lebih dulu. Apalagi kalau baru punya satu wadah bekal bersekat he he.

Hari 6

6. Siapkan abon, bawang goreng, atau rumput laut.

Nasi untuk bekal juga bisa diberi taburan lho. Misalnya abon, bawang goreng, atau rumput laut kering. Selain menambah rasa juga bisa menambah aroma bekalnya.

Saya nggak selalu sempat memotret bekal untuk Papanya anak-anak, tapi alhamdulillah punya beberapa stok foto dan bisa dimanfaatkan untuk membuat ide bekal 10 hari.

Hari 7

HARI 1

1. Ayam Suwir Bumbu Kacang.
2. Cap Cay Bakso Ikan.
3. Tahu Goreng.
4. Nasi Tabur Nori.
5. Buah Kiwi dan Pepaya.

HARI 2

1. Nasi Tabur Bawang Goreng.
2. Telur Rebus.
3. Kentang Rebus.
4. Sawi dan Tauge Rebus.
5. Kacang Panjang, Labu Siam, dan Wortel Rebus.
6. Bumbu Gado-Gado.

HARI 3

1. Ayam Geprek, Sambel Bawang, dan Kemangi.
2. Terong Goreng Tepung.
3. Labu Siam Rebus.
4. Tahu Tempe Goreng.
5. Nasi Putih.

HARI 4

1. Nasi Putih.
2. Tahu Tempe Goreng.
3. Tumis Wortel, Sawi Hijau, Sawi Putih, dan Bakso Sapi.
4. Fish Cake, Crab Stick, Chikuwa Direbus.



HARI 5

1. Nasi Putih.
2. Orak-Arik Telur.
3. Wortel dan Brokoli Rebus.
4. Tahu Bumbu Kacang.
5. Buah Kiwi.

HARI 6

1. Nasi Tabur Bawang Goreng.
2. Tempe Goreng.
3. Tumis Kangkung.
4. Telur Kuah Santan.
5. Pepaya.

HARI 7

1. Nasi Putih dan Nori.
2. Edamame Rebus.
3. Wortel dan Jagung Manis Rebus.
4. Ayam Teriyaki.
5. Buah Naga Merah.

HARI 8

1. Nasi Tabur Abon Sapi.
2. Tumis Bayam Jagung Manis.
3. Tahu Tempe Goreng.
4. Ayam Goreng.
5. Pepaya.

HARI 9

1. Nasi Abon Sapi.
2. Tumis Sawi Wortel.
3. Tumis Tempe Cabe Hijau.
4. Ayam Saus Asam Manis.
5. Tumis Bawang Merah Teri Medan.

HARI 10

1. Nasi Tabur Bawang Goreng.
2. Tahu, Tempe, Ayam Goreng.
3. Brokoli Rebus.
4. Jagung Manis Rebus.
5. Stroberi.

Hari 8

Tuh bekalnya nggak jauh-jauh dari tahu tempe dan tumisan sayur ya. Mostly memang pakai bahan yang dijual di warung tetangga dan masaknyapun yang gampang-gampang aja. Selain Papa, Rayyaan juga bawa bekal.

Hari 9

Tapi yang lebih simpel, biasanya roti panggang isi meises cokelat dan sesekali bawa bekal nasi yang dicetak dengan cetakan bento kecil-kecil. Semoga tips menyiapkan bekal plus ide bekal untuk 1 minggunya bermanfaat ya.

Hari 10


3 comments:

  1. Menu bekalnya menginspirasi aku yang lagi bingung kehabisan ide bekalin suami haha. Thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
  2. Ini tempat makannya pake yummy box bukan? Kalau sayur gitu nggak tumpah, ya mbak?

    Cita2ku si kl anak sekolah pengen dibikinin bekal. Semoga kecapaian. Soale bapake ga suka masakan rumah. Ku jadi syedihhhhh 😢😰

    ReplyDelete
  3. Cantik banget Mbk, semoga aku bisa juga rajin bikin kayak gini ya :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29