Tuesday, May 15, 2018

Ramadan Ekstra: Mau Belanja Online Hemat di Tokopedia, Gimana Caranya Ya?


Dalam waktu hitungan hari saja insyaa Allah umat Muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia akan bertemu dengan bulan Ramadan. Bulan ini adalah bulan penuh berkah salah satunya karena ibadah yang kita lakukan di bulan ini menjadi berlipat ganda pahalanya. Ibadah di bulan Ramadan bukan hanya puasa, sholat tarawih, dan tilawah saja. Banyak hal yang kita lakukan bisa menjadi ibadah. 

Karena itu saya bertekad menjadikan Ramadan tahun ini menjadi Ramadan Ekstra. Apanya yang ekstra? Ibadahnya dong, mau ekstra tilawahnya, sholat sunnahnya, membaca buku Islaminya. Nggak lupa harus ekstra sabar, ekstra menahan diri melakukan hal-hal yang dilarang agama, supaya dapat ekstra pahala juga. Aamiin...

Baca: Persiapan Puasa Pertama Rayyaan.

Oh iya, sudah pada tau belum ya kalau di bulan Ramadan ini saya punya proyek spesial bareng anak-anak, yaitu Science Project with Rayyaan and Razqa. Ngajak anak bermain untuk mengisi waktu puasa juga bisa jadi ibadah kan yaaa. Untuk melakukan proyek ini saya perlu sejumlah alat dan bahan. Misalnya miniatur hewan, water beads, cat, dan lain-lain.

Proyek sainsnya anak-anak.

Sebagian bahan sih ada di rumah, tapi sebagian bahan lagi harus saya beli. Beli di mana? Beli di Tokopedia dong. Soalnya saya udah coba ke beberapa toko mainan, ternyata nggak ada mainan yang saya butuhkan buat bikin proyek sains bareng anak-anak. Ada yang mau belanja alat dan bahan untuk kegiatan anak atau belanja kebutuhan Ramadan Ekstra di Tokopedia? Saya punya tipsnya nih:

1. Rajin membandingkan harga di beberapa toko yang menjual produk sejenis.

Di Tokopedia banyak toko yang recommended, tapi namanya emak-emak ya pasti mau nyari produk yang oke dan harganya paling bersahabat he he. Di Tokopedia kita bisa membandingkan harga berbagai produk dengan lebih mudah. Ada fitur sortir untuk melihat produk berdasarkan promo, ulasan, atau harga tertinggi dan terendah.


Selain itu ada fitur filter juga yang bisa dimanfaatkan untuk mencari produk yang kisaran harganya sesuai budget kita. Untuk menghemat pengeluaran belanja online, pilih produk dengan spesifikasi yang pas dan harga yang tepat.

2. Pilih produk kreasi lokal atau buatan dalam negeri.

Saat belanja online nggak harus selalu pilih produk bermerk dengan harga yang fantastis. Saya malah seneng banget kalau beli suatu produk eh nemu tulisan Made in Indonesia di labelnya. Di Tokopedia koleksi produknya bervariasi, nggak hanya produk dari brand terkenal di dunia namun produk kreasi kreator lokal juga ada. Kualitasnya bersaing dan harganya lebih miring.

3. Beli dari toko online terdekat.

Kalau belanja online kadang ongkos kirimnya ada yang bikin nyesek ya? He he. Itu biasanya karena pengiriman produk dari tempat yang jauuuuh. Biar lebih hemat ongkir, lagi-lagi manfaatkan fitur filter untuk mencari lokasi online shop terdekat.

Baca: 7 Keuntungan Berjualan Online di Tokopedia.

4. Gunakan opsi pembayaran yang tepat.

Di Tokopedia ada beberapa pilihan untuk pembayaran pesanan. Nggak hanya opsi transfer bank saja, tapi kita juga bisa menggunakan toko cash atau saldo Tokopedia, cicilan, kartu kredit, hingga membayar lewat mini market.


5. Pilih jasa pengiriman yang paling efisien.

Online shop di Tokopedia kini memberikan opsi pengiriman yang makin variatif. Nggak hanya lewat kurir ekspedisi saja, tapi juga memanfaatkan jasa transportasi online sehingga waktu pengiriman lebih efisien.


6. Manfaatkan promo dan diskon.

Kalau belanja pasti happy banget pas ada promo and diskon, iya kaaan? He he. Sama, saya juga gituh. Pas ada promo free ongkir wuih langsung deh manfaatin buat beli barang-barang keperluan yang jadi incaran tapi nggak dijual di kota saya. Selain itu saya juga sering menukar poin Tokopedia buat dapat macam-macam voucher.


Kalau di bulan Ramadan ini, bakal ada promo apa ya? Denger-denger nih tanggal 25 Mei 2018 nanti bakal ada kejutan dari Tokopedia yang bisa bikin Ramadan Ekstra jadi lebih Ekstra! Kira-kira apa ya kejutan Ramadan Ekstra? Promo ongkir? Dapat cashback? Flash sale? Aaah can't wait. Yuk ceki-ceki aplikasi Tokopedianya. 

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29