Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh Nggak?

Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh Nggak?

"Kok diem aja sih?"
"Tadi abis sahur lupa sikat gigi." (sambil tutup mulut)
"Ya sikat gigi aja sekarang."
"Nggak mau ah, sikat gigi kan bikin batal puasa."

Eh apa iya begitu ya? Gimana kalau kasusnya lupa sikat gigi abis sahur trus berasa nggak nyaman karena sisa makanan? Apalagi klo aroma mulut jadi 'aduhai'? Sikat gigi saat puasa bikin batal nggak sih?



Kalau nggak pergi ke mana-mana sih biasanya saya nggak sikat gigi lagi (kecuali sikat gigi setelah sahur). Kalau perginya cuma antar jemput Rayyaan saya juga nggak sikat gigi. Paling berkumur supaya aroma mulut berkurang. Dulu saat masih aktif mengajar baru deh sikat gigi sebelum action.


Dan ternyata alhamdulillah sikat gigi saat puasa itu boleh dan tidak membuat puasa batal. Asaaaal tidak ada pasta atau sesuatu yang masuk dalam rongga tubuh atau perut. Untuk penjelasan lengkapnya bisa membaca Rumaysho - Sikat Gigi Saat Puasa, Batalkah? & Konsultasi Syariah - Sikat Gigi Saat Puasa.


Alhamdulillah asal sikat giginya hati-hati kita tidak perlu khawatir puasanya batal ya. Kalau merasa masih punya masalah dengan bau mulut selama bulan puasa, tenang aja. Di postingan selanjutnya saya akan membahas tentang cara mengurangi bau mulut tidak sedap saat berpuasa. Ditunggu ya!

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9