5 Keuntungan Memiliki Blog bagi UMKM


Dengan makin berkembangnya teknologi informasi, internet kini bisa diakses lebih banyak orang. Mau beli sesuatu, browsing dulu di internet. Untuk apa? Ya mencari penjual atau produsen suatu barang atau mencari testimoni dan review produk dan jasa. Karena itu pelaku usaha jaman now memang nggak boleh gaptek, harus bisa mengikuti perkembangan jaman.

Kalau yang saya perhatikan nih makin banyak teman-teman saya yang merupakan pelaku usaha termasuk UMKM yang belajar tentang internet dan digital marketing. Kenapa nggak sekalian belajar membuat blog ya? Karena blog juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung UMKM lho. Kenapa harus blog? Kan medsos lebih praktis? Tapi ada beberapa keunggulan blog jika dimanfaatkan untuk mengembangkan suatu usaha.

Manfaat Blog untuk UMKM

1. Konsumen Mencari Informasi Lewat Mesin Pencari (Search Engine) 


Seperti yang sudah saya tulis di atas, sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan mesin pencari alias search engine untuk mencari informasi tentang suatu produk ataupun jasa. Dengan adanya blog tentang usaha yang dimiliki, peluang menjaring konsumen baru jadi lebih besar. Misalnya saja seseorang yang tinggal di Bandar Lampung ingin memesan kue ulang tahun akan mencari informasi dengan kata kunci 'jual cake ulang tahun di Bandar Lampung' di mesin pencari.


2. Media Memamerkan Testimoni dan Review Positif


Punya banyak testimoni dan review positif tentang produk dan jasa yang ditawarkan? Bisa jadi bahan untuk mengisi konten blog lho. Karena banyak orang ingin mengetahui ulasan atau review dari orang yang pernah mencoba atau menggunakan produk dan jasa tertentu sebelum memutuskan ingin membeli produk atau memanfaatkan jasanya.

3. Membagikan Informasi yang Lebih Detil Tentang Produk dan Jasa yang Ditawarkan


Selain itu pemilik usaha juga bisa memanfaatkan blog untuk menulis informasi lebih detil tentang produk dan jasanya. Meski begitu blognya jangan melulu berisi informasi tentang produk dan jasa ya, pemilik usaha juga bisa membagikan tips dan trik atau info lain yang berkaitan dengan usahanya. Misalnya saja, jika usahanya adalah memproduksi dan menjual kue kering, pemilik usaha bisa menulis tips tentang cara menyimpan kue kering agar awet.


4. Lebih Profesional


Tidak bisa dipungkiri ya, usaha yang memiliki situs sendiri akan terlihat lebih profesional. UMKM juga nggak boleh kalah dong. Produk dan jasa yang ditawarkan juga sudah bersaing dengan pelaku usaha yang lebih besar. Blog bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan usaha yang dimiliki ke khalayak luas.

5. Meningkatkan Promosi dan Penjualan


Manfaat lain dari blog untuk pemilik UMKM adalah bisa meningkatkan promosi dan penjualan. Jika blog dikelola dengan baik dan kontennya rajin diperbarui, peluang calon pelanggan baru berkunjung ke blog tersebut akan semakin besar. 

Apa yang Harus Dilakukan?


Pertama-tama tentu saja pelaku usaha harus action membuat blognya. Nggak butuh waktu lama lho untuk membuat sebuah blog jika memanfaatkan platform seperti blogspot.com atau wordpress.com, setelah itu jangan lupa membeli domain berbayar atau top level domain dengan nama usahanya. Yang paling familier adalah domain berakhiran .com. Akan lebih bagus lagi jika buat website menggunakan wordpress.org dengan domain dan hosting berbayar.


Selain itu yang harus diperhatikan adalah memilih desain blog yang mobile friendly dan ringan. Maksudnya ringan apa nih? Maksudnya adalah mudah dan cepat dibuka dan bisa diakses dengan menggunakan smartphone (tampilan menyesuaikan dengan layar smartphone). 

Supaya blog yang dimiliki mendapatkan posisi yang baik yaitu di halaman pertama mesin pencari, sebaiknya pemilik usaha juga belajar tentang menulis artikel dan dasar SEO. Apa itu SEO? SEO adalah search engine optimization yang bisa membuat blog ditemukan di mesin pencari. Dan yang paling penting adalah rajin mengupdate dan membagikan konten blognya.

Membuat dan mengelola blog itu ribet? Sebenarnya tidak kok. Karena banyak ilmu tentang blogging yang bisa dicari di mesin pencari, buku, atau berbagai workshop online. Bagi pelaku usaha yang sudah memiliki blog namun belum membeli domain, atau ingin membuat website dan ingin membeli hosting serta domain bisa mengunjungi situs Niagahoster.


Niagahoster adalah penyedia layanan web hosting Indonesia. Keunggulan web hosting Indonesia adalah dengan server yang berlokasi di Indonesia akan berpengaruh terhadap website terutama jika target pengunjung website usaha adalah warganet di Indonesia. Keunggulan Niagahoster adalah jaminan harga termurah, server cepat dan andal, didukung dengan layanan CS 24 jam selama 7 hari seminggu, serta garansi 30 hari uang kembali. 

By the way, saya juga menggunakan layanan Niagahoster lho untuk membeli domain blog terbaru saya. Waah punya blog baru lagi? Iya insyaa Allah. Blognya juga berhubungan dengan usaha nih termasuk UMKM terutama yang ada di Lampung. Blog http://www.fotoproduklampung.com ini nantinya akan diisi dengan foto-foto produk dari berbagai usaha yang ada di Lampung plus profil usahanya juga. Doakan ya semoga blog ini bisa bermanfaat dan berkontribusi untuk perkembangan usaha yang ada di Lampung.

26 comments on "5 Keuntungan Memiliki Blog bagi UMKM"
  1. Yup betul, sekarang ini mau tau tentang apapun ya langsung searching2 mbah google untuk dapetin informasinya. Jadi memang penting banget bagi umkm untuk punya blog disamping sosmed juga ya.

    ReplyDelete
  2. banyak banget keuntungan blog itu yaa, Mba. Tak hanya untuk personal (perorangan) saja tapi juga untuk usaha seperti umkm :)

    ReplyDelete
  3. Halo mba Heni. Mnurutku memang pentinh banget deh kalau UMKM harus punya blog. Soalnya biar promosinya juga jadi tepat sasaran. Apalagi skarangg bikin blog juga mudah ya dan apalagi ada domain penyedia hosting terbaik :)

    ReplyDelete
  4. Betul bangeeet ya mba..jaman sekarang semuanya di search lewat Google. Jadi memang sudah waktunya para pelaku UMKM memanfaatkannya secara maksimal

    ReplyDelete
  5. Sekarang mah peluang maju bagi UMKM semakin besar ya denga adanya internet, nah apalagi ditambah ngeblog, bisa makin melejit bisnisnya

    ReplyDelete
  6. iya kau juga heran sama yang mau buka usaha tapi gak mau optimasi blog nya , hanya cukup sampai media sosial aja padahal akan lebih profesional loh kliatannya kalo ada blog yang bisa di share tentang penjelasan produk kita

    ReplyDelete
  7. Setuju, sekarang ini semua serba online. Kalau pun jualannya masih offline, website bisa jadi semacam pamer etalase gitu. Jadi kan pembeli tinggal lihat2

    ReplyDelete
  8. Sukses dengan blog barunya mba dan UMKM aku dulu juga ada langganan OS yg pakai blog jadi keterangan batang lebih panjang

    ReplyDelete
  9. sebenernya kalau untuk perusahaan atau umkm lebih pas nyebutnya website atau blog ya? karna menurut aku kalau buat promosi dengan hard selling gitu kayaknya lebih pas disebut website tapi ya website sama blog mirip mirip juga sih ya hihi

    ReplyDelete
  10. Setuju. Sekarang butuh apa2 carinya lewat gugel, jadi kalau umkm belum punya website atau websitenya nggak keurus, biasanya kita males mau belanja/pakai jasanya :)

    ReplyDelete
  11. Setuju mba.. saya yakin, dgn blog yg terkelola dg baik bisa menjadi nilai tambah bagi UmKM..

    ReplyDelete
  12. Untuk optimasi dan branding sebaiknya memang punya blog ya, mba.

    Dan harus mendedikasikan atau punya staf yang bisa mengeksekusi kiat-kiat agar branding bisa tercapai maksimal dan optimal.

    ReplyDelete
  13. punya blog buat pebisnis itu jadi modal ya Mbak sekarang, secara yaahh bisnis lebih banyak transaksinya via online.
    pemasaran pun bisa dilakukan secara online, salah satunya ya melalui website/blog :)

    ReplyDelete
  14. Terinspirasi bava artikel ini utk bikin blog lagi buat satu usaha bermodal kecil tp dgn mindset yg oke bisa berpeluang jd jutawan lho. Knp gak dicoba, ya, satu blog utk usaha.

    ReplyDelete
  15. Benar banget mba. Sebuah blog bisa berarti banget untuk mendukung nilai suatu produk. Apalagi bagi umkm. Apalagi dengan mudahnya mengakses google sekarang apa2 orang nanya google

    ReplyDelete
  16. Iya banget ni. Aku mau beli apa2 jg browsing dulu....

    ReplyDelete
  17. Memang enak kalau domain hosting sedang promo.
    Nanti aku sebarkan ke teman yang juga owner UMKM

    ReplyDelete
  18. Banyak ya keuntungan memiliki blog pribaddi. Kalau aku untuk ajang curhat

    ReplyDelete
  19. Keknya emang penting bagi dunia usaha untuk punya blog ya. bisa sebagai media untuk memasarkan usahanya :)

    ReplyDelete
  20. Wainii yg pentinf diketahui buat UMKM, blog adalah iklan gratis di dunia maya ya mba.

    ReplyDelete
  21. sekarang ini sudah banyak UKM yang sadar akan pentingnya sebuah blog atau web untuk membantu pemasaran produknya juga ya jadi gak hanya di offline aja

    ReplyDelete
  22. Setuju banget nih. Setiap bisnis mestinya pake web pribadi ya biar semakin dikenal.

    ReplyDelete
  23. Yes..jaman sekarang sudah digital jadi kita harus ikut cemplung biar nggak ketinggalan

    ReplyDelete
  24. Sepakat Mbak. UKM sekarang harus melek website biar lebih profesional dan untuk marketingnya juga

    ReplyDelete
  25. Penting banget buat nunjang promo dll. Aku ngelola ia buku murah juga merasa blog ini semacam etalase

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9