Wednesday, May 9, 2018

Menikmati Nasi Uduk dengan Cita Rasa Spesial dan Sambal yang Khas di Nasi Uduk Betawi Saleh


Jangan bosen ya kalau di blog ini lagi-lagi saya cerita tentang makanan. Ya gimana dong, di Bandar Lampung banyak sih makanan yang enak-enak. Sebulan keliling Bandar Lampung juga nggak bakal kelar cerita kulinerannya hi hi. Trus punya cerita kuliner apa kali ini?



Saya mau cerita tentang pengalaman pertama makan nasi uduk Betawi. Apa bedanya sih ya dengan nasi uduk yang banyak di jual di kota ini? Kok ada teman saya sampe kesengsem banget, kan jadi penasaran juga #kepokepo.


Akhirnya suatu malam saya ajaklah Papa dan anak-anak ke Nasi Uduk Betawi Saleh. Malam? Iya, tempat makan nasi uduk ini bukanya sore sampai malam hari. Nggak perlu heran kalau ada warung nasi uduk yang buka sore atau malam. Kebanyakan memang buka pada pagi hari ya saat orang-orang butuh sarapan.


Di Bandar Lampung sendiri cukup banyak kok tempat makan nasi uduk yang buka sore atau malam hari. Tapi baru kali ini saya menemukan yang pakai embel-embel nasi uduk Betawi.

Kira-kira jam 7 malam kamipun meluncur ke jalan Sultan Agung. Kebetulan jalan ini nggak terlalu jauh dari rumah Eyang. Buat warga Bandar Lampung, sebagai petunjuk, posisi tempat makan ini berada di Jalan Sultan Agung yang sesudah lampu merah ya. Kira-kira seputaran TK Pelangi (sederetan juga sih he he).


Di Nasi Uduk Betawi Saleh kita bisa memilih mau duduk di kursi atau lesehan. Malam itu kami memilih untuk duduk lesehan saja supaya Razqa bisa selonjoran. Setelah memilih tempat duduk tentu saja lanjut ke memesan makanan. Kami memilih nasi uduk dengan ayam semur dan ayam goreng serta es teh dan air mineral untuk minumannya.


Setelah pesanan kami datang, saya baru tau nih apa bedanya Nasi Uduk Betawi Saleh dengan nasi uduk yang banyak dijual di Bandar Lampung. Ada dua jenis sambal yang disajikan, yang pertama adalah sambal uduk biasa, dan kedua adalah sambal kacang. Rupanya nih, nasi uduk Betawi itu khasnya memang sambal kacang, bukan sambal seperti sambal goreng atau sambal tomat seperti yang ada di nasi uduk biasa. 

Hal lain yang beda adalah citarasa nasi uduk Betawi itu sendiri. Kalau nasi uduk biasa kan rasanya gurih karena santan dan tambahan sedikit garam. Tapi saat menyantap Nasi Uduk Betawi Saleh kita bisa merasakan ada citarasa rempah. Tidak terlalu kuat tapi cukup untuk menjadi keunikan yang membuat beda dengan nasi uduk lainnya.


Nasi uduk pakai rempah? Konon kabarnya nasi uduk Betawi memang menggunakan rempah seperti cengkeh, jahe, dan lengkuas. Tapi jangan tanya resepnya ya, pasti rahasia he he. Tanya ada menu apa aja dan berapa harganya sih boleeeh. 



Daftar Menu dan Harga Nasi Uduk Betawi Saleh

Nasi Uduk Rp 8.000,-
Nasi Putih Rp 5.000,-

Bebek Goreng Rp 25.000,-
Ayam Kampung Goreng Rp 20.000,-
Semur Daging Sapi Rp 18.000,-
Paru Goreng Rp 15.000,-
Babat Goreng Rp 15.000,-

Burung Puyuh Goreng Rp 15.000,-
Ayam Goreng Rp 10.000,-
Ayam Semur Rp 10.000,-
Ati Ampela Rp 9.000,-
Jengkol Sambel Rp 8.000,-
Jengkol Semur Rp 8.000,-

Telur Dadar Rp 7.000,-
Telur Bulat Sambel Rp 5.000,-
Telur Bulat Semur Rp 5.000,-
Tempe Goreng Rp 4.000,-
Tempe Semur Rp 4.000,-

Tahu Goreng Rp 4.000,-
Tahu Semur Rp 4.000,-
Orek Tempe Rp 5.000,-
Emping Rp 3.000,-
Pete Goreng 5.000,-

Jus Alpukat/Mangga/Naga Rp 10.000,-
Es Jeruk Nipis Rp 7.000,-
Es Jeruk Rp 7.000,-
Jeruk Nipis Hangat Rp 5.000,-
Kopi Hitam Rp 5.000,-
Es Teh Manis Rp 5.000,-
Es Susu Rp 7.000,-
Susu Hangat Rp 5.000,-
Bandrek Rp 8.000,-
Bandrek Susu Rp 10.000,-

Dalam seporsi nasi uduk selain nasi ada orek tempe, mie dan bihun goreng, emping, irisan timun, serta dua jenis sambal. Kita juga bisa memesan lauk lain. Menu lauknyapun variatif. Ada bebek, ayam, paru, babat, burung puyuh, telur, dan tentu saja tahu dan tempe. Ati ampela dan jengkolpun ada (hayo siapa yang sukaaa? he he) Nggak hanya digoreng tapi ada juga yang disemur dan disambal.


Alamat dan Jam Buka Nasi Uduk Betawi Saleh

Untuk yang ingin menikmati nasi uduk dengan cita rasa rempah spesial, bisa mampir ke Nasi Uduk Betawi Saleh di Jalan Sultan Agung, Jalur Dua, Way Halim, Bandar Lampung. Tempat ini buka mulai dari jam 3 sore sampai 12 malam tapi bisa juga tutup lebih awal kalau nasi uduknya sudah sold out. Kalau ingin memastikan masih buka atau nggak, bisa kontak ke WA 0853 5758 9988 dan follow IGnya di @nasiudukbe.   


1 comment:

  1. Wah udah ke sini aja, aku belum pernah ke sini mupeng deh ketemu ownernya hehe... pasti enak ya nasiuduk betawi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29