5 Aplikasi Editor Foto dan Desain Grafis di Android yang Mendukung Aktivitas Ngeblog


5 Aplikasi Editor Foto dan Desain Grafis di Android yang Mendukung Aktivitas Ngeblog. Selain laptop perangkat yang sangat menunjang untuk kegiatan ngeblog adalah handphone. Nggak jarang saya membuat draft tulisan menggunakan handphone. Untuk koneksi internet di laptop juga saya mengandalkan tethering dari handphone. Nggak hanya itu, handphone juga bermanfaat untuk memotret, mengedit foto, dan membuat desain grafis yang akan diupload ke blog.


Seperti saat ini nih, saya sedang menjalankan proyek sains sederhana untuk anak. Untuk mengedit foto saya memilih menggunakan aplikasi foto editor di handphone android saya. Begitupula untuk foto-foto yang saya upload untuk mengikuti tema harian @UploadKompakan di IG, atau untuk foto-foto produk kuliner. Meski saya menggunakan kamera DSLR untuk memotret, urusan edit foto saya tetap menggunakan beberapa aplikasi editor di handphone. Ini 5 Aplikasi Editor Foto dan Desain Grafis di Android yang Mendukung Aktivitas Ngeblog:

1. Snapseed

Untuk yang hobi jepret-jepret dengan handphone pasti tau deh aplikasi ini. Snapseed memang seperti aplikasi wajib. Penggunaanyapun mudah. Biasanya saya menggunakan aplikasi ini untuk mengatur kecerahan, saturasi, dan kontras warna foto. Kelebihan aplikasi ini adalah setiap fitur ada levelnya, mulai dari 0 sampai 100 atau -100 sampai +100.


Saat mengedit foto produk, ini memudahkan saya untuk menggunakan rumus yang sama untuk beberapa foto supaya tone hasil akhirnya senada. Selain itu di aplikasi Snapseed ada beberapa filter yang langsung bisa kita pakai meski jumlahnya tidak banyak. Kekurangan aplikasi ini menurut saya adalah jenis font yang terbatas untuk keperluan menambahkan watermark.


2. Line Camera

Aplikasi ini lebih sering saya gunakan untuk mengedit foto-foto di blog www.letsplayandlearn.net. Soalnya biar lebih lucu he he. Selain fitur-fitur untuk mengedit kecerahan, saturasi, dan sebagainya, di aplikasi ini ada fitur untuk menambahkan berbagai bingkai dan stiker yang lucu.


Sebagian bingkai dan stiker bisa diunduh gratis namun ada juga yang berbayar. Selain itu di Line Camera banyak filter yang bisa kita manfaatkan. Kita juga bisa menambahkan teks pada foto dan asyiknya ada cukup banyak pilihan jenis huruf yang bisa kita unduh dan pakai.


3. PicsArt Photo Studio

Bagi saya Picsart seperti aplikasi mini Photoshop di handphone he he. Selain fitur-fitur standar seperti untuk mengedit kecerahan dan lain-lain, kita juga bisa membuat kolase, menambahkan bingkai, stiker, tulisan, hingga gambar.


Kalau bosan dengan font bawaan Picsart, kita juga bisa menambahkan font lain. (Baca Cara Menambahkan Font Pada PicsArt) Pemanfaatan Picsart untuk kegiatan ngeblog juga pernah saya tulis di Menambahkan Judul Postingan Pada Gambar dengan PicsArt. Oh iya, aplikasi ini juga bermanfaat jika kita harus mengedit file dalam bentuk PNG, misalnya saja saat saya harus menambahkan foto di logo ini.



4. Phonto

Aplikasi editor foto ini sebenarnya spesifik untuk menambahkan teks. Sebelum mengupload foto ke blog atau medsos biasanya saya menambahkan watermark lebih dulu. Meski di aplikasi lain ada opsi untuk menambahkan teks, saya lebih suka menggunakan Phonto.


Mengapa? Karena di Phonto kita bisa mengatur ukuran hurufnya sesuai kebutuhan, mulai dari size 0 sampai 250. Jadi kita bisa menggunakan watermark dengan ukuran yang seragam untuk setiap foto.


Selain itu, ada banyak pilihan font yang bisa digunakan. Kalau masih kurang juga, kita bisa menambahkan sendiri font sesuai selera. (Baca 2 Cara Menambahkan Font Pada Aplikasi Phonto). Namun kekurangan aplikasi ini adalah untuk beberapa jenis font khususnya yang tipe brush, beberapa huruf seperti terpotong ujungnya. 

5. Canva

Lihat gambar pertama di postingan ini? Gambar itu saya buat dengan menggunakan aplikasi Canva. Canva menyediakan ribuan template desain gratis untuk membuat kolase foto, poster, flyer, kartu ucapan, postingan medsos, dan lain-lain.


Saya menggunakan aplikasi ini untuk membuat postingan untuk Tantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang dan Proyek RBI 2 (Baca Science Projects with Rayyaan and Razqa) supaya keliatan lebih kece (buat saya sih he he, maklum tipe visual banget).


Meski templatenya gratis namun tidak semua gambar dan clipart di template tersebut gratis juga. Tapi nggak perlu khawatir, kita bisa mengunduh gambar dari situs-situs penyedia gambar gratis atau gunakan saja foto hasil jepretan sendiri.




8 comments on "5 Aplikasi Editor Foto dan Desain Grafis di Android yang Mendukung Aktivitas Ngeblog"
  1. Terima kasih tipsnya mbak. Sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  2. Kalau saya masih pakai snapseed dan canva kalau mau bikin gambar buat postingan di blog

    ReplyDelete
  3. Banyak ya mba aplikasi untuk menunjang passion, tp hp saya udh protess krbanyakan aplikasi. hikz.

    ReplyDelete
  4. ini semua aplikasi ada di smartphone ku, tapi yang sering dipakai snapseed doang ekekeke

    ReplyDelete
  5. Terimakasih rekomendasi nya kak, membantu sekali untuk blogger pemula seperti saya

    ReplyDelete
  6. Aku belum coba yang snapseed nih.. pdhl byk blogger yg pake ini hehe kudet. Canva aku suka tapi lama setiap aku ediynya hihi.. Tks ya informasinya, mau aku coba2 dlu 😊

    ReplyDelete
  7. belum coba picsart pengen nyobain jadinya hehehe makasi infonya mba yg phonto jg belum pernah hehe

    ReplyDelete
  8. wah infonya bermanfaat sekali nih Mbak.. aku kadang suka bingung harus ngedit foto pake apa biar lebih oke.. terima kasih yaa 😊🙏

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9