Wednesday, March 1, 2017

Baby Razqa - 2 Bulan

Baby Razqa - 2 Bulan

Rabu, 22 Februari 2017 ini Razqa berusia 2 bulan. Wah tak terasa dua bulan sudah suasana rumah lebih semarak dengan tangisan bayi. Razqa punya cerita apa ya?

Akikahan dan cukur rambut 

Alhamdulillah akikahan Razqa sudah diselenggarakan pada tanggal 5 Februari lalu (Akikah Razqa Fayyaz Arrazan) dan dua hari kemudian rambutnyapun dicukur habis he he. Nggak butuh waktu lama untuk menggunduli rambut si adik, cukup bawa ke Salon Bocah saja lalu dalam waktu 10-15 menit kepala Razqa sudah gundul. Suka kangen sih sama rambutnya dulu, bisa disisir dengan macam-macam gaya ha ha ha.

Mulai mengoceh, lebih banyak tersenyum, dan matanya mulai lebih fokus

Penglihatan bayi baru lahir masih buram dan jarak pandangnya juga baru sekitar 20-30 cm. Seiring waktu matanya akan mulai fokus saat melihat sesuatu. Senang deh saat Razqa memandang saya lalu tersenyum dan mengoceh. Bikin geregetan. Saya juga terus menstimulasi penglihatannya dengan mainan rattle, baca ceritanya di www.letsplayandlearn.net ya. Blog itu sekarang juga ada cerita permainan untuk Razqa. 

Imunisasi BCG

Setelah Hepatitis B dan Polio (saat masih di rumah sakit), imunisasi selanjutnya yang diterima Razqa adalah BCG, tepatnya pada tanggal 11 Februari lalu. BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guerin yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC). Bayi dan balita adalah yang paling rentan menderita TB berat, karena itu imunisasi BCG diberikan sedini mungkin (lihat Jadwal Imunisasi 2016, Rekomendasi Satgas Imunisasi IDAI). 

Kalau kakaknya dulu imunisasi BCGnya di dokter, si adik imunisasinya di bidan. Bedanya apa? Harganya beda ahahaha, mau ngirit ya si Mama. Tapi insyaa Allah manfaatnya sama. Vaksin di bidan kan di subsidi oleh pemerintah jadi harganya lebih murah. How much? Rp 25.000 saja. Untuk imunisasi lainpun saya dan suami berencana membawa Razqa ke bidan lagi. Lumayan kan selisih harganya dengan vaksin di dokter, uangnya bisa disimpan untuk insyaa Allah memberikan imunisasi tambahan di luar jadwal/program pemerintah.

Baca: Baby Razqa - 1 Bulan.

Sempat galau pasca imunisasi.

Imunisasi DPT-Hib-Polio

DPT adalah singkatan dari Difteri-Pertusis-Tetanus:
Difteri adalah radang tenggorokan yang sangat berbahaya bagi anak. 
Pertusis adalah penyakit batuk rejan atau batuk 100 hari dan bisa menyebabkan anak kesulitan bernafas. 
Tetanus adalah penyakit kejang otot seluruh tubuh dengan mulut terkancing tidak bisa terbuka.

Ada 2 jenis vaksin DPT yaitu DTaP dan DTwP. Vaksin DTaP jarang menimbulkan panas dan harganya jauh lebih mahal karena proses pembuatannya jauh lebih rumit.

Baca: Buku Kontroversi Imunisasi (Bunga Rampai Kedokteran Islam).

Vaksin Hib (Haemophilus influenza tipe b) fungsinya adalah untuk mencegah radang selaput otak dan vaksin polio untuk mencegah poliomelitis yakni penyakit radang yang menyerang syaraf dan dapat menyebabkan lumpuh kedua kaki.

I'm a happy baby!

Setelah diimunisasi pagi harinya, siang hari Razqa memang agak rewel. Maunya digendong-gendong atau nempel Mamanya saja. Alhamdulillah kakaknya sabar melihat Mama lebih banyak meladeni adiknya. Suhu badan Razqa based on termometer digital 37,5. Sempat saya beri paracetamol yang diteteskan. Selain itu ia saya susui lebih banyak. Untunglah nggak gumoh atau muntah seperti kalau ia terlalu banyak minum ASI dalam jangka waktu singkat. Malamnya anteng dan tidurnya nyenyak. Pagi harinya sudah ceria lagi. Sehat terus ya adek bayi kesayangannya Kakak Rayyaan.


2 comments:

  1. Lucunya Mbak. cepetnya mendadak udah 2 bulan. MAsih inget cerita waktu lairan Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Walah udh 2 bulan aja si dedek. Kalo aku imunisasi dasar itu yg penting, pelengkapnya sih sambil lalu aja, Alhamdulillah Naqib sehat sampai skrg

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29