Monday, October 3, 2016

Cara Membuat Jadwal Share Postingan Blog atau Promosi Jualan di Medsos dengan Hootsuite

Cara Membuat Jadwal Share Postingan atau Promos Jualan di Medsos dengan Hootsuite

HPL adiknya Rayyaan insyaa Allah dua bulanan lagi. Tiba-tiba saya jadi teringat masa-masa trimester pertama dulu. Sama seperti di kehamilan pertama, saat itu saya juga mengalami morning sickness yang membuat saya nyaris vakum ngeblog selama kurang lebih satu setengah bulan. Bagaimana saat nanti menjelang dan pasca persalinan ya? Fokus utama tentu pada persiapan kelahiran dan sesudahnya mengurus si bayi. Tapi saya ingin supaya postingan di blog  tetap eksis di medsos hi hi. 

Saya jadi ingat suatu aplikasi online yang bisa digunakan untuk membuat jadwal share postingan blog atau promosi jualan di medsos, yaitu Hootsuite. Dulu saya cukup aktif menggunakan aplikasi ini untuk mempromosikan jualan saya yang berupa permainan edukasi. Saya juga pernah menggunakannya untuk membagikan link postingan blog. Duh kenapa coba nggak dimanfaatkan lagi? Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya ya. 



1. Buka www.hootsuite.com lalu klik 'SIGN UP' di kanan atas.


2. Baca keterangan tentang akun Hootsuite yang 'FREE' alias gratis. Dengan akun gratisan ini kita bisa membuat jadwal postingan ke 3 profil medsos.


3. Lihat bagian kanan atas, pilih 'PLANS' dan klik 'FREE'.


4. Klik 'GET STARTED - FREE'.


5. Pilih mendaftar dengan email.


6. Isi formulir ini.


7. Setelah selesai mendaftar, masuklah ke 'DASHBOARD' Hootsuite. Seperti ini nih contoh isinya.


8. Sekarang kita tambahkan profil medsos ke dashboard akun Hootsuite kita. Ingat ya, untuk yang gratisan kita hanya bisa menambahkan 3 profil medsos saja. Sebelumnya saya sudah menambahkan 2 profil medsos yaitu:
- Twitter.
- Profil Facebook pribadi.

Sekarang saya ingin menambahkan 1 profil medsos lagi. Lihat bagian kiri atas, klik tanda panah ke bawah, dan pilih 'ADD SOCIAL NETWORK'.



9. Karena saya ingin menambahkan salah satu fan page saya ke dashboard akun Hootsuite, saya pilih 'CONNECT WITH FACEBOOK'.


10. Untuk Facebook, yang bisa kita tambahkan adalah: 1) Profil pribadi, 2) Grup yang kita buat atau kita menjadi adminnya, dan 3) Fan page yang kita kelola. Nah masing-masing itu dihitung 1 profil ya. Jadi kalau ketiganya sudah kita tambahkan ke Hootsuite, ya sudah habis deh jatah gratisannya. Kita tidak bisa lagi menambahkan profil medsos lainnya seperti Twitter atau Instagram.


11. Tuh lihat, di dashboard akun Hootsuite saya sudah ada 3 profil medsos: Twitter, Profil Facebook, dan Fan Page Dapur Imut


12. Sekarang untuk membuat postingan terjadwal, pilih profil medsos yang diinginkan. Bisa pilih salah satu saja atau pilih ketiganya sekaligus. Lalu isi kolom yang disediakan dengan link postingan blog dan kata-kata pengantarnya. Yang saya pilih adalah postingan berjudul 7 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun Nyaman dan Ceria Bersama Anak. Jangan lupa klik gambar kalender untuk mengatur tanggal dan jam yang diinginkan. Misalnya tanggal 10 Oktober 2016, jam 12:30 PM. Lalu klik 'SCHEDULE'.


13. Tuh postingan kita tadi sudah masuk jadwal ya. Kalau isi dan waktu penerbitannya ingin diedit juga bisa lho. Klik gambar pensil di bawah postingan terjadwal.


14. Seperti ini nih tampilan untuk mengeditnya.


15. Itu kan kalau untuk membuat jadwal share postingan di blog ya. Lalu bagaimana kalau ingin membuat jadwal promosi jualan di medsos? Caranya sama saja kok seperti langkah 12, cuma ya tinggal dibedakan saja isinya. Kita bisa menambahkan link album Facebook yang berisi produk yang kita jual. Kita juga bisa menambahkan link toko online kita. Selain itu kita juga bisa menambahkan gambar atau video ke status promosi.


16. Contohnya seperti ini nih. Upload foto produk yang dijual disertai kata-kata promosinya. Jangan lupa klik gambar kalender untuk membuat jadwal statusnya.


Mudah kan caranya? Kita bisa membuat jadwal share postingan blog atau promosi jualan di medsos dengan Hootsuite misalnya sekaligus untuk seminggu atau sebulan. Jadi nggak perlu khawatir lagi lupa promosi link blog atau produk jualan di medsos. Semisal kita sedang istirahat bobo cantik asal sudah membuat jadwal di Hootsuite jadi aman deh. Semoga bermanfaat ya.

21 comments:

  1. nah, ini bagus banget, udah nyari-nyari yang bisa kaya gini :) jadi ga ribet posting satu2 sama nunggu jam posting link di sosial media :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung bikin jadwal posting di jam rame visitor :D

      Delete
  2. Mau nyoba ah. Thanks Mbak. Enak juga kalo bisa di otomatisin gini :D

    ReplyDelete
  3. Mama Rayyaan keren. Aku mah waktu hamil, bobo aja terus. Boro-boro ngeblog. Hihi... Btw, aku gaptek sama hootsuite ini. Mau nyoba ah. Tampak mudah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal bisa tetep share postingan lama nih Mbaaa he he.

      Delete
  4. aku pernah daftar hootsute, tapi lupa password sekarang. Pengen daftar lagi ah. makasi sharingnya mbak ;))

    ReplyDelete
  5. Aduh asik nemu yang lebih oke. Aku sekarang pakai buffer, so far sih gak masalah cuma akunnya terbatas dan tampilannga gak sekece hootsuite. lol.

    ReplyDelete
  6. Makasih mak udah share. Aku pakai hootsuite lewat hp tp sayangnya tiap share nunggu 5 menit sekali. Hehe

    ReplyDelete
  7. Pengen praktik ah.. ^^. Saat ini aku masih pake tweetdeck kalo bikin twit terjadwal ^^. Makasih mba Heni..

    ReplyDelete
  8. Wah nambah lagi nih ilmu aku. Inget banget waktu hamil Raya blog terbengkalai hihihi... Coba waktu itu dah kenal hotsuite, TFS mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nih, pengen nabung postingan juga. Trus bikin jadwal sharing insyaa Allah.

      Delete
  9. TFS mbak, udah lama mau nyoba, belum sempet2 :)

    ReplyDelete
  10. Makasi infonya bunda Heni.

    ta bookmark dulu buat keperluan ntar

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29