Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Benjolan di Gusi Razqa

Benjolan di Gusi Razqa

Saat Razqa lahir ada sesuatu yang sebenarnya membuat saya deg-degan. Apa itu? Di gusinya ada tonjolan. Duh jadi khawatirkan kalau itu daging tumbuh atau apalah. Saya, suami, dan ibu saya sudah menanyakan ke dokter anak di rumah sakit bersalin tempat saya melahirkan. Tapi jawabannya kurang lebih hanya "Kalau nggak mengganggu proses menyusui nggak apa-apa, nanti sambil kita lihat lagi perkembangannya.". Ada semacam rasa kurang puas sih. Namanya juga khawatir ya takut si baby kenapa-napa. Tapi memang alhamdulillah Razqa bisa menyusu dengan baik.



Saya sempat mencaritahu ke teman yang punya kenalan dokter gigi dan kami disarankan memeriksakan Razqa ke dokter gigi yang spesialis bedah mulut. Aw aw, sempat mellow deh saya. Kalau ternyata itu daging tumbuh dan harus dipotong bagaimana ya? Kasihan banget Razqa. Karena saat itu belum bisa pergi ke dokter gigi spesialis bedah mulut, kami membawa Razqa ke dokter spesialis anak langganan Rayyaan. Ceritanya sih sekalian mau cek up juga.

Baca: Mencuci Baju Bayi, Yes or No?

Saat itu Razqa diberi salep yang harus dioleskan ke gusinya selama 10 hari. Salep itu memang untuk pemakaian oral jadi insyaa Allah aman namun jika tidak ada perubahan kami disarankan membawa Razqa ke dokter gigi. 10 hari berlalu dan gusinya tidak juga kempes. Namun beberapa waktu kemudian seperti ada sesuatu berwarna putih di balik benjolan tersebut. Mungkinkah itu gigi?


Ternyata benar! 9 Maret lalu giginya benar-benar nongol. Saya pernah membaca soal natal teeth ini, ada yang harus dicabut kalau goyang/tidak kokoh. Ternyata banyak juga cerita tentang bayi baru lahir yang sudah tumbuh gigi. Walau untuk kasus Razqa, giginya diumpetin dulu. Saat kami harus ke dokter spesialis anak lagi, beliau juga berkata kalau itu adalah natal teeth (atau tooth ya, kan cuma sebiji he he). Namun tidak menyarankan untuk mencabut giginya.

Baca: Baby Razqa 2 Bulan.

Saat teman dan keluarga tau Razqa sudah punya gigi, rata-rata reaksinya adalah bertanya "Sakit nggak kalau nenenin?" atau "Buru-buru amat sih, Dek? Mau makan apa?" He he. Hari pertama dan kedua setelah giginya tumbuh memang agak perih kalau menyusui si adek. Bahkan PD saya sempat berdarah. Tapi selanjutnya sih so far nggak ada masalah. Samalah seperti saat kakaknya dulu baru tumbuh gigi.

Baca: Akikah Baby Razqa.

Ada juga yang bertanya suplemen kalsium atau susu apa yang saya minum saat hamil. Sebenarnya saya malah nggak suka minum susu hamil. Kalau lagi kepingin baru minum susu bubuk untuk anak-anak (saya beli itu karena rasanya lebih pas di lidah he he) dan susu cair kalengan. Saat hamil Rayyaan malah lebih sering minum susu cair kalengannya dibanding saat hamil Razqa. Tapi gigi Rayyaan baru tumbuh saat usia kira-kira 7 bulan.


Sambil menunggu waktu kunjungan ke dokter gigi yang direkomendasikan teman, saya sempat bertanya lewat BBM tentang natal teeth ini ke teman yang juga seorang dokter gigi. Intinya sih kalau tidak menyebabkan gangguan proses menyusui, tidak membuat gusi dan lidahnya luka atau sariawan insyaa Allah tidak apa-apa. Jadi buat yang heran kok Razqa sudah punya gigi (Mamanyapun heran he he) ya beginilah cerita sebenarnya. Saat lahir ada benjolan di gusi Razqa yang ternyata isinya gigi kecil mungil. Gigi boleh sudah tumbuh tapi makannya tetap tunggu sampai usia 6 bulan ya, Deeek!

Comments

  1. Aku lagi hamil 18 minggu mbak dan lihat foto gigi Razqa sebesar ini jadi merinding kalau nyusui besok-besok. :D

    ReplyDelete
  2. Aku prnh dgr jg kalo gigi bayi tumbuh lbh cepet, itu krn suplemen kalsium yg dikonsumsi ibunya pas hamil. Aku malah sempet pgn ankku jg tumbuh cepet giginya, makanya rutin minum vitamin kalsium dulu :D.

    ReplyDelete
  3. ya Alloh...ternyata gigi ya. apa susu biasa itu yang bikin gigi sudah siap ya mbak? banyak kalsiumnya gitu?

    saya hamil ini ga doyan susu. susu apapun.

    ReplyDelete
  4. Wah udah ada giginya, dek Razqa. Yang penting nggak kenapa-napa ya, Mba. Moga sehat2 terus anak2 ya, Mba :)

    ReplyDelete
  5. Sama seperti baby saya..ada benjolan pas lahir...bentuknya pun sama...
    Semoga memang gigi natal...amiiiinnnn
    Soal kmrn ke dokter gigi juga sarannya sama..harus dibedah gitu klo g kempes...semoga nnti jadi higu natal untuk anak saya...amiiiinnn

    ReplyDelete
  6. Anak saya jg sama ada seperti benjolan di gusi.... sempet khawatir.... tp pas ke dokter anak bilang gpp selagi tdk mengganggu.... moga aja seperti razqa..... salam dari faeyza ya buat kaka razqa...

    ReplyDelete
  7. Aku baru 2 hari melahirkan bayiku juga ada benjolan kayak gitu,waktu tanya sama dokter anak jawabnya nanti kita liat kempes ga klo ga kempes kemungkinan itu tumor,aku saya sama suami jd kepikiran terus takut knpa" sama bayinya, minta doanya ya moms semoga benjolannya bukan penyakit serius😢🙏

    ReplyDelete
  8. Anak saya juga seperti ini,, kata Bidan yg bantu lahirin kelebihan kalsium, hehehe, ga saya bawa ke dokter tapi tiap mandi saya bacain sholawat sambil d pencet2 gusinya, alhamdulillah rata kembali gusinya, setelah 4 bulan baru keluar giginya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top