Saturday, March 4, 2017

Mencuci Baju Bayi dengan Mesin Cuci, Yes or No?

Mencuci Baju Bayi dengan Mesin Cuci, Yes or No?
Pic: Pixabay.com

Waktu sedang mencuci baju Razqa dan Rayyaan tiba-tiba terpikir untuk menulis dengan topik ini. Tapi sebelumnya saya ingin tau dulu pendapat beberapa teman soal mencuci baju bayi dengan mesin.

Ada yang bilang yes ada yang bilang no. Nggak ada jawaban salah dan benar ya. Alasan dan kondisi orang kan berbeda-beda.


Ada yang bilang no karena menurutnya mencuci baju bayi lebih afdol kalau dikucek pakai tangan. Ada yang bilang no alias memilih mencuci dengan tangan kalau anak-anak sedang anteng main sendiri tapi menggunakan mesin cuci kalau anak-anak sedang pengen ngintilin ibunya he he.

Baca: Baby Razqa - 2 Bulan.

Tapi banyak juga yang bilang yes. Ada yang mencuci baju bayi dengan mesin kecuali ada baju dengan bahan tertentu yang tidak boleh dicuci dengan mesin. Dan banyak yang sependapat kalau mencuci dengan mesin bisa hemat tenaga dan hemat waktu.

Pic: Pixabay.com

Soalnya kerjaan ibu memang ga cuma ngurusi cucian aja hehe, apalagi kalau nggak ada ART di rumah. Tentunya nyucinya ga asal cemplung, tapi dipisah dengan baju anggota keluarga lain.

Bagaimana dengan saya? Kalau saya no, tapi itu dulu hahaha. Saat Rayyaan masih bayi sampai usia 1 tahun bajunya selalu saya cuci dengan tangan. Tapi tetap dikeringkan dengan mesin supaya lebih cepat kering.

Baca: Akikah Razqa Fayyaz Arrazan.

Kalau sekarang? Awalnya saya mencuci baju-baju Razqa dengan tangan, tapi saat ia mulai sering gumoh, cucian jadi numpuk deh. Kalau saya nyuci terus, kapan bisa main sama Rayyaan? Kasian kan. Apalagi saya sempat drop, mungkin faktor saat mau melahirkanpun HB dan tekanan darah saya rendah.

Jadi tak disangka-sangka ide mencuci baju Razqa dengan mesin cuci justru dicetuskan oleh ayah saya yang kritis soal urusan mencuci baju bayi.

Nyucinya pakai mesin aja deh daripada cucian bajunya numpuk. Nanti malah bajunya rusak/bau kalau nggak langsung dicuci apalagi yang ada bekas gumohnya.

Pic: Pixabay.com

Jadilah bajunya Razqa juga dicuci pakai mesin cuci dengan cara seperti ini:
1. Celup-celupkan dulu bajunya terutama yang terkena gumoh ke dalam ember besar berisi air bersih.
2. Isi mesin cuci dengan air bersih dan gunakan sabun cair khusus untuk mencuci baju bayi.
3. Putar mesin cuci selama 5 menit.
4. Bilas baju bayi sebanyak 6 kali.
5. Keringkan baju dengan mesin.

Sebelum digunakan mesinnya disiram-siram dulu dengan air bersih. Untuk baju atau celana yang terkena pup (misal ada sedikit pup yang bocor dari popok), langsung cuci saat itu juga.

Jadi apapun metode mencuci yang digunakan, baik dikucek tangankah atau pakai mesin cucikah yang terpenting baju bersih dan kesehatan ibu juga tetap harus terjaga.

Pic: Pixabay.com

7 comments:

  1. Nice info Mba, tfs ya.. saya lagi hamil nih biasanya sih nyuci pk tangan, keringkan pk mesindan jemur di rumah karena cepat kering.. mungkin nanti liat sikon ya karena baby is priority^^

    ReplyDelete
  2. Aku selalu pilih pake tangan nyucinya mba,,he he kecuali kalo ujan terus,,pake mesin biar cepet kering,,makasi tips2nya mba,,

    ReplyDelete
  3. Aku dulu nyuci pake mesin mbak, hanya yang gumoh ama kena pup tak pisahin, nyuci langsung berasa capeknya :)

    ReplyDelete
  4. Dulu kucuci tangan aja Mbak, tapi kukeringkan pake msin cuci.

    ReplyDelete
  5. Baju2 Naqib dulu dicuci ama tukang cuci dan cucinya pake tangan, tapi dikeringinnya pake mesin cuci. Klo ga dibantuin keteteran akuh

    ReplyDelete
  6. AKu yeeeessss, soalnya gak ada ART, kalau nyuci pakai tangan gak kuat hehe

    ReplyDelete
  7. Sepakat yang penting ibunya happy dan sehat. Mau nyuci pakai tangan atau mesin cuci ya, agar anak juga happy hehe

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29