Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com & Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi .net/.com

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com& Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi .net/.com
Credit pic: Pixabay

Alhamdulillah sejak memutuskan untuk lebih konsisten ngeblog kurang lebih 1,5 tahun lalu kini saya sudah memiliki 4 blog dengan tema yang berbeda. Kok bisa sih sampai punya 4 blog? Pada dasarnya saya ngeblog karena hobi. Saya kenal ngeblog sejak kuliah namun sayangnya tidak konsisten. Salut deh melihat ketekunan dan kekonsistenan teman-teman blogger dalam merawat blognya selama bertahun-tahun. 

Selain karena hobi, saya juga menjadikan blog sebagai media berekspresi. Sifat dasar saya cenderung introvert. Suara saya pelan dan beberapa teman berkata saya cenderung kalem ehm ehm. Tapi kalau sudah menulis di blog ternyata banyak juga kata-kata yang bisa saya curahkan he he. Bisa dibilang menulis blog juga menjadi media terapi bagi saya. Kalau sedang bad mood setelah menulis blog rasanya jadi lega meski yang saya tulis bukan berupa curhatan hati saya saat itu. 

Saya ngeblog juga sebagai gaya hidup? Hmm bisa dibilang begitu juga sih. Kalau punya hobi jalan-jalan, membaca, memasak, berwisata kuliner, membuat prakarya atau hobi yang lain, rasanya lebih oke kalau dituangkan dalam blog juga. Selain sebagai dokumentasi pribadi, insyaa Allah apa yang kita tulis di blog juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Misalnya saat ada orang googling tentang tempat wisata di daerah tertentu atau resep masakan tertentu, eh nyangkutnya di blog kita. Nah, ngeblog juga bisa jadi cara untuk berbagi informasi deh. Kalau tulisan di blog kita bermanfaat bagi orang lain, harapannya bisa jadi amal jariyah juga. Aamiin...

Salah satu blog berTop Level Domain milik saya.

Keempat blog saya semuanya sudah menggunakan TLD alias Top Level Domain. Dua blog menggunakan Dotcom dan dua blog lainnya menggunakan Dotnet. Apa alasannya saya menggunakan TLD? Kan ngeblog juga boleh yang gratisan seperti di Blogspot (Blogger) tanpa harus punya domain sendiri? Memang sih, tapi bagi saya ada beberapa keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com:

Lebih familier dan harga terjangkau

Keunggulan pertama yang tidak perlu diragukan lagi adalah Top Level Domain .net dan .com - terutama .com lebih familier di telinga netizen di Indonesia. Selain itu untuk mendapatkan domain .net atau .com kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, hanya sekitar Rp 100.000 saja untuk satu domain. Itu biaya per bulankah? Bukan lho, tapi Rp 100.000 per tahun. Jadi tidak memberatkan kantong kan? Apalagi jika sedang ada harga promo untuk pembelian Top Level Domain .com dan .net.

Ngeblog jadi lebih konsisten

Semenjak menggunakan TLD .net dan .com, saya bisa lebih menjaga kekonsistenan dalam ngeblog. Cita-cita saya kan ingin melihat arsip postingan yang rutin terisi dari bulan ke bulan sampai insyaa Allah tahun ke tahun he he. Beneran lho saya ini mupeng sekali kalau melihat blog teman ada yang usianya sudah tahunan dengan ratusan bahkan ribuan postingan. Nah dengan menggunakan TLD kan ngeblognya jadi lebih semangat. Sayang kan kalau blognya sudah TLD tapi jarang diisi he he.

Terlihat lebih profesional dan bisa meningkatkan branding

Kalau punya domain apalagi dengan nama sendiri plus embel-embel .net atau .com itu rasanya lebih profesional dan lebih keren he he. Suatu hari ada seorang teman yang sampai bertanya "Eh kok bisa sih punya situs dengan nama sendiri?" Ya beli domain dong he he. Karena terlihat lebih profesional dan berperan dalam meningkatkan branding bagi saya pribadi jadi punya tanggung jawab moral untuk menuliskan hal-hal yang ada unsur manfaatnya. Jangan menulis hal-hal yang sifatnya bohong atau tidak benar, apalagi sampai membuat konten yang menyesatkan, mengandung unsur kekerasan atau pornografi. 

Alamat blog jadi lebih singkat dan mudah diingat

Coba bandingkan alamat www.henipuspita.blogspot.co.id dengan www.henipuspita.net, mana yang lebih mudah diingat? Ya jelas yang kedua ya. Soalnya jumlah karakternya lebih sedikit. Alamat yang lebih mudah diingat ini juga bukan hanya untuk pembaca lho tapi juga untuk pemilik blognya. Soalnya saya pernah lupa alamat blog sendiri sebelum blog tersebut saya upgrade ke domain TLD he he. Duh kalau pemiliknya saja lupa apalagi pembacanya ha ha.

Peluang mendapatkan penawaran kerja sama lebih besar lebih besar

Dari hobi ngeblog bisa mendapat penghasilan? Why not? Kan ada istilah Do what you love and you'll never work a day in your life. Sebagian besar info penawaran kerja sama untuk blogger yang saya ketahui mensyaratkan blog yang dimiliki harus sudah Top Level Domain seperti .net atau .com. Alhamdulillah saya pernah mendapat penawaran dari beberapa brand untuk bekerja sama dengan imbalan berupa uang, voucher, atau produk.

Selain bisa untuk menambah uang belanja, membeli mainan dan buku untuk anak serta perlengkapan bayi, saya juga bisa membelikan hadiah untuk suami yang mendukung hobi ngeblog saya. Ngeblog ternyata bisa jadi peluang mendapatkan penghasilan bagi stay-at-home Mom seperti saya. Oh iya, blog yang sudah TLD kalau dirawat baik-baik (rutin diisi, membagikan kontennya ke medsos, rajin blogwalking, serta trafficnya bagus) juga punya peluang lebih lho dalam mendapatkan penawaran kerja sama.

Sebagian benda yang dibeli dengan hasil ngeblog dengan blog Top Level Domain.

Oh iya, ini dia blog yang saya miliki:
1. www.henipuspita.net dengan tema lifestyle blog.
2. www.ourhappyproject.com dengan tema keluarga.


Mau punya blog juga? Saya pernah menulis tutorial tentang cara membuat blog di blogspot (Blogger) untuk pemula. Untuk mengubah blog ke Top Level Domain bisa juga cek ke tempat saya bisa membeli domain yaitu di Beli Domain Indonesia .ID Berkualitas & Terakreditasi | IDwebhost

Comments

  1. Yang pasti blognya makin keren dan keceh :)

    ReplyDelete
  2. mantep nih, moga tambah semangat...
    sukses.
    thank

    ReplyDelete
  3. Blognya banyak banget Mbak. Semuanya dikerjakan dengan profesional. Aku suka yang blog Let's Play and Learn. Aku pernah tulis di blog aku. ;)

    ReplyDelete
  4. Keren banget Mbak Heni, ternyata saya kalah jauh banget. Saya hanya punya 3 blog dengan TLD tapi yang agak keurus hanya 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih Mbak Susi juga keren banget tho, sering menang lomba :)

      Delete
  5. blognya kece... artikelnya keren... terima kasih bisa menambah info buat saya

    ReplyDelete
  6. wah keren ada step by stepnya. empat blognya juga keren semua.
    moga sukses buat lombanya yaa

    ReplyDelete
  7. woww... 4 blog dgn TLD semua. keren euy :)

    ReplyDelete
  8. Sejak pakai TLD dotcom, aku semakin semangat serius ngeblognya, mbak. Apalagi sejak mulai 'dipinang" agensi dan mendapat undangan, semakin termotivasi.

    ReplyDelete
  9. 4 dan tdl semua trus update terus? Kerennnn

    ReplyDelete
  10. konsisten, fokus, terus diurus, terlihat jadi pro ya mbak. Kalau saya baru tahu 2 blognya aja, tapi yang familiar buat saya letsplayandlearn itu lho

    ReplyDelete
  11. Setuju banget, memang setelah menggunakan TDl, penawaran kerjasama jauh lebih banyak :)

    ReplyDelete
  12. Wahhh keren banget nih mbak heni bisa ngelola 4 blog. Saya aja 1 blog masih kerepotan hihihi

    ReplyDelete
  13. Mb Heni keren sekali bisa konsisten dengan 4 blog nya salute! Saya juga merasakan sejak menggunakan TLD jadi lebih semangat nulis blog dan beberapa kali mendapat tawaran kerjasama alhamdulillah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng ya kalau dapat email tawaran kerjasama :)

      Delete
  14. mantaf deh mba blognya...memang lebih pede kalo sudah dotcom, saya juga sebelum pakai domain dan setelah pakai domain jadi dotcom lebih rajin ngeblognya...walaupun ngeluarin buat beli domainya,
    semangat deh mba nulisnya...ganbatte...

    ReplyDelete
  15. Waaah, keren mbak. Semuanya TLD blognya. Makin produktif dong yaaa^^

    ReplyDelete
  16. Wah keren ya mba. Mengelola 4 blog dengan tema yang berbeda. Top level domain bikin saya makin semangat ngeblog juga

    ReplyDelete
  17. 4 blog kak? Dengan tema berbeda?
    Woow! Luar biasa..

    Saya harus contoh semangatnya :)

    ReplyDelete
  18. Wuih keren punya 4 blog, saya satu aja ngap2an updatenya
    Moga makin sukses mba

    ReplyDelete
  19. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    ReplyDelete
  20. Pokoknya kalau blog udah ganti baju tuh sudah punya nilai sendiri ^^

    ReplyDelete
  21. saaya jadi kepingin memiliki domain sendiri .... pasti keren dech keliatannya

    ReplyDelete
  22. Saya ganti domain TLD di tawarin kerjasama iklan Pok*r
    hmmm ... Sungguh terlalu

    ReplyDelete
  23. Nice artikel mba Heni.. :)
    Blog saya belum TLD mba, ada kalanya pengen punya domain sendiri.. :D
    Saya ingin tanya mba, biasanya di postingan blog kan biasanya orang menambahkan link ke postingan yang lain yang sejenis dengan cara manual..
    Misal udah ganti domain dengan TLD apa kita harus ganti link tersebut dengan manual lagi? atau otomatis terganti..

    ReplyDelete
  24. Thanks for sharing, very useful information. You can visit to my website. HOTMAIL SIGN IN

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top