Thursday, September 21, 2017

Eman Segone, Olah Nasi Sisa Menjadi 4 Makanan Berikut Ini

Eman Segone, Olah Nasi Sisa Menjadi 4 Makanan Berikut Ini

Eman Segone jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘sayang nasinya’. Gerakan ini dicetuskan dalam event d’Youthizen di kota Yogyakarta. Dari tulisan Mak Siti Hairul Dayah di KEB saya pertama kali mengenal adanya gerakan yang berawal dari keprihatinan banyak dari kita yang masih menyisakan atau membuang makanan. Padahal masih banyak saudara-saudara kita di Indonesia yang sering kelaparan.

Thursday, September 14, 2017

5 Mainan Edukatif untuk Bayi 0-12 Bulan


Adik bayi meski masih imut-imut juga perlu mainan edukatif lho. Untuk apa? Ya untuk menstimulasi kecerdasannya. Mainan seperti apa ya yang cocok untuk bayi usia 0-12 bulan?

Wednesday, September 13, 2017

Ternyata Susu Hometown Dairy Nggak Seperti yang Saya Kira

Ternyata Susu Hometown Dairy Nggak Seperti yang Saya Kira

Suatu hari di Chandra Dept. Store Tanjung Karang, saya melihat lemari pendingin berisi deretan botol susu yang merknya baru bagi saya. Atau saya aja nih yang kudet? Soalnya memang sudah cukup lama nggak main ke sana ha ha. Di dekatnya ada mbak-mbak yang memegang nampan berisi gelas-gelas kecil. Tebak apa isinya? Sirup? Ya bukanlaaaah. Isinya susu cair putih. Terus terang awalnya saya nggak begitu tertarik. Yah paling susu UHT. Sudah sering minum, paling ya rasanya sama aja. Mlipir… Hi hi…

Susu Pasteurisasi dan Susu UHT, Apa Bedanya?

Susu Pasteurisasi dan Susu UHT, Apa Bedanya?
Pic: Pixabay

Karena bentuknya sama-sama cair, susu pasteurisasi dan susu UHT terlihat serupa tapi tak sama. Mau tau bedanya? Gampang banget! Baca aja keterangan di kemasannya, yang satu tulisannya susu pasteurisasi, yang satu susu UHT. Kelar he he he.

Yeeeee, itu sih anak kecil juga tau. Etapi biar gampang begini ada juga lho yang selip nggak cermat baca info. Contohnya saya #ups. Yang mau saya bahas di sini adalah perbedaan selain beda label. Misalnya dari segi nutrisi dan proses pengolahan. Oke deh, kita bahas singkat aja susu per susu, eh satu per satu.

Tuesday, September 12, 2017

Flash Blogging: Belajar Ngeblog Sambil Meningkatkan Kesadaran Mencegah Stunting Pada Anak


Hari Selasa 12 September ini biasanya kegiatan saya ya tak jauh-jauh dari urusan memasak dan bermain dengan Razqa sambil menunggu Rayyaan pulang sekolah. Namun pagi ini ada yang beda. Sejak beberapa hari lalu saya sudah minta izin dengan suami untuk mengikuti acara yang spesial banget. Acara apa tuuuh? 

Acara Flash Blogging yang diadakan Dinas Kominfo Provinsi Lampung dan Ditjen Informasi & Komunikasi Publik. Selain temanya yang menarik yaitu berhubungan dengan gizi anak, juga karena ada sesi tips ngeblognya. Dan tebak siapa pemateri untuk sesi ngeblog? The one and only Mbak Mira Sahid founder KEB (Kumpulan Emak Blogger). Waah, saya nggak mau dong melewatkan kesempatan emas ini. Bersama rekan-rekan Tapis Blogger langsung deh berangkat pagi-pagi ke Hotel Novotel Lampung.

Friday, September 8, 2017

Kulit Bayi Halus, Lembut, dan Sehat dengan Perawatan yang Tepat


“Babies are like little sun that, in a magical way, bring warmth, happiness and light into or lives.” – Kartini Diapari-Oengider.

Ingat nggak Mom saat pertama kali melihat dan menyentuh si kecil yang baru lahir? Terharu sekaligus gemas ya. Selain imut-imut, bayi kulitnya halus dan lembut membuat kita selalu ingin memeluk mereka. Sayapun merasa seperti itu saat Rayyaan dan Razqa lahir.

Sayangnya perubahan cuaca pernah membuat kulit Rayyaan kering dan kasar saat ia masih 10 bulan. Nggak hanya itu, Rayyaan juga pernah terkena ruam popok. Kulit di lipatan pahanya jadi merah dan terlihat sangat sensitif. Berkaca dari pengalaman, saya ingin lebih ekstra menjaga kulit anak-anak terutama Razqa yang masih bayi.

Monday, August 28, 2017

Merdeka Adalah Bebas Dari Hoax

Merdeka Adalah Bebas Dari Hoax
Pic: slate.com

"Tadi Pak A bilang ada garam yang mengandung pecahan kaca. Pak A itu baca infonya di internet. Bener nggak?" 

Begitu tanya Eyangkungnya anak-anak kurang lebih 2 minggu lalu. Teman-teman pernah mendengar berita serupa? Atau malah sekarang sedang membahas berita lain yang masih seputar makanan, yaitu nasi Padang yang diduga mengandung plastik. Atau tentang beras yang kalau ditetesi yodium berubah warna jadi ungu artinya mengandung pil KB. Berita-berita tersebut sama seperti berita garam dan pecahan kaca, semuanya berita bohong alias hoax!

Hoax sebenarnya bukan hal yang baru. Kalau dulu namanya belum sekeren sekarang peredarannya masih dalam bentuk selebaran, beralih ke SMS, dan sekarang lewat internet. Istilah boleh kedengaran lebih keren tapi tetap saja artinya berita bohong dan 72 tahun sudah Indonesia merdeka namun ternyata kita belum merdeka dari hoax. Topik hoax ini juga disinggung Mak Nur Rochma di web KEB dan saya tertarik membahasnya lebih dalam.

Thursday, August 24, 2017

Catatan MPASI 6 Bulan


Makanan padat yang pertama dicicip Razqa adalah alpukat and he loved it!!! Tapi nggak demikian untuk makanan menu tunggal lainnya hihi.

Yang Serba HOT dari Sambal Ranjau Shakyla


Makan nasi plus lauk dan sayur bakal lebih lahap kalau ada sambalnya. Betul atau betul banget? Saya termasuk yang lebih doyan makan kalau ada sambelnya. Tapi apa daya, males nguleknya luar biasa ahahaha.

Tuesday, August 15, 2017

Resep MPASI 6 Bulan, Menu Hari 17: Puree Alpukat Saus Jambu


Senengnya kalau nemu alpukat dan jambu biji merah di pasar atau supermarket. Soalnya dua buah ini kesukaan Mamanya juga. Razqa juga suka. Makanan padat pertama yang ia cicipi adalah alpukat and he loved it! Gimana kalau dicampur jambu ya?