Keluarga Multimedia #5: Review Aplikasi Hitung Waris Islam


Berawal dari status seorang teman yang membahas tentang warisan, saya jadi teringat cerita seorang kenalan saya. Sebut saja dia Mbak X. Suami Mbak X ini jatuh sakit lalu meninggal. Tinggalah Mbak X beserta anak laki-lakinya. Saat masih hidup, suami Mbak X bisa dibilang yang paling lumayan penghasilannya. Jadi keluarganya sering minta bantuan. Mbak X sendiri bekerja sebagai guru honor. Sejak suaminya meninggal tentu saja ia harus berjuang demi anaknya.


Yang jadi masalah adalah keluarga almarhum suaminya masih menuntut bagian dari gaji pensiun sang suami yang tidak seberapa. Kalau untuk ibu mertuanya insyaa Allah masih bisa diusahakan, namun untuk keluarga yang lain Mbak X tidak sanggup sampai pernah hampir depresi. 

Ada juga cerita lain yang masih seputar warisan. Tentang anak laki-laki tertua yang menguasai semua harta warisan orang tuanya. Adik-adiknya nyaris tidak mendapat bagian. Ada juga yang hampir mirip dengan cerita pertama. Saat si kakak meninggal, adik-adiknya menuntut sang istri untuk menjual rumah/tanah dan minta bagian meski rumah/tanah tersebut hasil usaha si kakak (bukan dari orang tua). Atau cerita orang yang meninggal dan tidak menikah (otomatis tidak punya keturunan), lalu ada kerabatnya yang merasa punya hak atas harta yang ditinggalkan.

Baca: Keluarga Multimedia #1 - Review Aplikasi iPusnas

Tarik nafas dulu sebentar… Rasanya seperti menulis cerita sinetron. Tapi ini benar-benar terjadi di dunia nyata. Mungkin karena saya anak tunggal ya, jadi sering nggak paham dengan orang-orang yang setelah dewasa bisa ‘rebutan’ warisan dengan kakaknya, adiknya, pamannya, tantenya, sepupunya, atau siapalah. Apalagi kalau yang rebutan saudara kandung. Bukannya malah enak ya punya kakak atau adik. Ya meski mungkin nggak 100% selalu rukun, tapi kan you have each other gitu lho (ini saya ngomong sama siapa yak? Ha ha).


Kalau mendengar ribut-ribut soal warisan, saya teringat salah satu topik pelajaran agama di SMA dan saat kuliah yaitu tentang hukum waris dalam Islam. Ini cuma sekedar ingat topiknya ya, detilnya mah lupa ya Allah hu hu. Harus buka-buka buku lagi nih. Tapi saya jadi tergelitik. Ada nggak ya aplikasi smartphone yang setidaknya bisa jadi acuan atau gambaran soal perhitungan warisan yang sesuai Islam. Kalau ada simulasi atau kalkulator perhitungannya, semoga jadi lebih mudah mempelajari teorinya.

Baca: Keluarga Multimedia #2 - Membuat Slide Presentasi dengan Canva.com

Sebelum membahas aplikasinya, kalau ada seseorang yang saya kenal di dunia nyata and membaca tulisan ini, please jangan berpikir duh saya ini orang tua masih hidup udah membahas soal warisan. Ini sih bener-bener murni pengen belajar lagi. Lagipula ya, soal umur juga rahasia Allah nggak ada jaminan pasti yang lebih tua yang akan dipanggil lebih dulu.


Dan meskipun topik warisan itu sensitif, tapi bukan berarti nggak perlu dipelajari. Soalnya terbukti drama-drama di dunia nyata yang kebetulan saya tau itu karena tidak adanya penerapan hukum waris secara Islam, sehingga malah mendzolimi pihak-pihak yang sebenarnya lebih berhak atas harta peninggalan almarhum/almarhumah. 

Selain itu kalau ada teman-teman yang punya aplikasi lain yang juga recommended feel free to share ya, misalnya di kolom komentar postingan ini. Karena saya baru bisa mereview satu aplikasi saja.

Baca: Keluarga Multimedia #3 - Review Aplikasi Catatan Keuangan

Spesifikasi Aplikasi Hitung Waris Islam 


Nama: Hitung Waris Islam
Pengembang: Strukturkode Studio (Jawa Barat)
Rilis: 5 September 2018
Versi: 4.0 (Update 2 Oktober 2018)
Ukuran: 2,1 MB

Fitur Aplikasi Hitung Waris Islam


Secara garis besar ada dua fitur dalam aplikasi ini. Yang pertama adalah Hitung dan yang kedua adalah Bab Waris. Bab Waris terbagi lagi menjadi 7 bagian/pembahasan, yaitu:
1. Pengertian harta waris.
2. Ayat-ayat Al-Quran tentang waris.
3. Ahli waris, atau siapa saja yang bisa mendapatkan harta waris berdasarkan ketentuan dalam agama Islam.
4. Al-Hujub atau penghalang hak waris.
5. Cara perhitungan harta warisan menurut Islam.
6. Ar-Radd 
7. Al-‘Aul


Untuk penjelasannya masing-masing poin sih sebaiknya dibaca langsung di aplikasinya ya he he. Khawatir tidak bisa menjelaskan dengan bahasa yang lebih singkat. Intinya sih di aplikasi ini juga ada ‘teori’ mengenai pembagian warisan dalam Islam.

Fitur lainnya dalah fitur ‘kalkulator’ untuk menghitung dan menentukan siapa yang berhak mendapatkan bagian. Kalau dulu pas SMA dan kuliah sampai berkerut-kerut kening mengerjakan soal tentang hukum waris, dengan fitur hitung ini jadi lebih mudah. Yah tapi bukan berarti nggak perlu mempelajari teorinya atau perhitungan secara manual ya.


Tapi saja ingin kasi jempol deh kepada pengembangnya karena sudah menciptakan aplikasi ini. Saya baca-baca review aplikasi ini di Google Play pun tanggapannya cukup baik. Dan untuk anak-anak sekolah yang sedang mempelajari bab tentang hukum waris secara Islam, aplikasi ini bisa mempermudah proses belajar. Sementara untuk orang-orang yang mungkin sedang memiliki masalah yang berhubungan dengan topik ini, aplikasi ini mungkin bisa jadi salah satu referensi. Tapi tetap disarankan berkonsultasi dengan ahli di bidang ini supaya masalahnya bisa diselesaikan dengan baik dan adil.

Baca: Keluarga Multimedia #4 - Review Aplikasi Chai's Play

Kalau buat saya pribadi, aplikasi ini cukup menuntaskan rasa penasaran jikalau mendengar (lagi) ada cerita-cerita seperti yang saya tulis di awal postingan ini. Dan sebagai pengingat juga sih untuk saya, mudah-mudahan materi ntah apapun bentuknya, darimana asalnya, semoga tidak membuat silau apalagi menjadi penyebab putusnya tali silaturahmi terutama dengan keluarga. Karena pada akhirnya memang bukan harta yang dibawa saat mati. Semua amalpun terputus kecuali sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, serta doa anak yang soleh.


Download Aplikasi Hitung Waris Islam




Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9