Cara Mengedit Video dengan VivaVideo Pro

Cara Mengedit Video dengan VivaVideo Pro

Sekarang saya lagi hobi ngisi feed Instagram dengan video-video singkat. Sebenarnya sudah lama mau nyobain tapi suka males karena kalau pakai aplikasi gratisan kan ada watermark nama aplikasinya ha ha. 

Ya namanya aja gratisan yaa. Tapi karena sudah tau cara membeli aplikasi android di Google Play tanpa kartu kredit, nggak masalah mau beli aplikasi berbayar apapun (yang penting ada dananya ha ha). 



Di aplikasi VivaVideo Pro Editor ini banyak tema video yang bisa kita pakai. Kalau di aplikasi versi gratisannya hanya beberapa tema saja yang bisa digunakan. Tapi meski bebas mau pakai tema manapun, kadang nggak selalu sesuai selera.


Apalagi kalau opening textnya nggak bisa diedit. Jadi ujung-ujungnya saya belajar edit dari awal deh, nggak pakai tema bawaan yang tinggal klik langsung beres semua. Meski begitu ternyata nggak terlalu ribet deh cara mengedit video dengan VivaVideo Pro ini.

Cara Mengedit Video dengan Aplikasi VivaVideo Pro


1. Yang pertama tentu aja kita harus instal aplikasi VivaVideo Pro dari Google Play. Saat saya beli harganya Rp 43.000. Menurut review pemakainya kalau semisal aplikasinya terhapus, ke depannya kita nggak perlu membayar lagi. Sepertinya karena di akun Google Play kita sudah ada rekaman pembelian aplikasi ini. 

2. Selanjutnya ya rekam videonyalaah ha ha. Klo nggak ada ya apa dong yang mau diedit??? Jangan bayangkan merekamnya harus non stop selama beberapa menit ya. Karena kan kita bisa menggabungkan beberapa video jadi satu. Oh iya, yang terbaik adalah merekam dengan posisi kamera landscape ya. 

3. Buka aplikasi VivaVideo Pro, klik 'Edit'.


4. Pilih video yang ingin kita edit, kita bisa pilih lebih dari satu video, klik 'Selanjutnya'.


5. Setelah itu klik 'Edit', karena masih pemula biasanya yang saya lakukan adalah:



a. Memilih efek transisi videonya (efek perubahan dari satu klip ke klip lain).


b. Membisukan audionya (karena kadang ada suara-suara yang nggak diinginkan, termasuk suara sendiri saat melakukan perekaman hi hi).


c. Memilih efek videonya (misalnya efek kembang api, ombak, salju, gelembung air, dsb).


d. Menambahkan teks (biasanya saya hanya menambahkan judul video di bagian awal dan nama blog di bagian akhir).


e. Mengubah kecepatan video (saya buat lebih singkat maksimal 1 menit supaya bisa diupload ke Instagram).


f. Menambahkan background musik (saya gunakan bawaan dari VivaVideo Pro karena biasanya musiknya sifatnya free dan tidak ada masalah hak cipta/royalty free jika diunggah ke internet).


6. Setelah mengedit videonya, jangan lupa klik 'Bagikan' dan 'Ekspor ke Galeri'.

7. Pilih ukuran video yang kita inginkan (biasanya saya pilih 480P).

8. Jangan tutup aplikasi sebelum proses selesai 100%.


9. Video yang kita edit bisa dilihat di galeri di folder VivaVideo.


Enaknya pakai VivaVideo Pro ini kita bebas menggunakan semua fiturnya dan tidak ada batasan panjang videonya. Saat saya masih pakai yang gratisan dulu sih kalau tidak salah maksimal videonya hanya 1 menit. Selain itu jadi ada watermark nama aplikasinya. 

Video yang sudah kita edit bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan misalnya diunggah ke Instagram, Facebook, atau Youtube. Kode video dari Youtube bisa juga digunakan untuk postingan di blog. Nggak untuk diupload ke internetpun pasti kita lebih seneng nonton videonya. 

Contohnya Rayyaan nih, dia seneng banget karena videonya saat main dengan robot jadi lebih keren he he. Bahkan saat mengedit videonya Rayyaan ikut kasi saran efek-efek mana yang dia mau. 

Wah bisa juga nih si kakak diajari cara mengedit video dengan VivaVideo Pro Editor, siapa tau bisa jadi youtuber ha ha. Tapi selalu ingat untuk membuat dan mengunggah konten-konten yang positif dan bermanfaat ya.

3 comments on "Cara Mengedit Video dengan VivaVideo Pro"
  1. Aku juga edit video pakai viva video pro, Mbk.

    ReplyDelete
  2. itu di potong biaya bulanan apa cukup sekali bayar aja yaaa

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9